BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kupon ORI016 Dibandingkan Acuan, Apakah Menarik?

Bareksa01 Oktober 2019
Tags:
Kupon ORI016 Dibandingkan Acuan, Apakah Menarik?
Ilustrasi tangan investor sedang memegang pensil menulis menghitung keuntungan investasi, laba bersih, untung rugi, pendapatan penjualan, utang perusahaan dengan uang kertas rupiah di atas tumpukan laporan keuangan dan kalkulator.

Yield wajar obligasi pemerintah tenor 3 tahun adalah 6,5183 persen per 30 September 2019

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan kupon Obligasi Negara Ritel Seri ORI016 sebesar 6,8 persen per tahun. Keuntungan yang dibayarkan pada investor ini bisa dibilang menarik bila dibandingkan dengan acuannya.

"Menindaklanjuti penetapan tingkat kupon Obligasi Negara Ritel seri ORI016 oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan, kami informasikan kepada Bapak/Ibu bahwa kupon ORI016 sebesar 6,80 persen per tahun dan berlaku tetap sampai dengan jatuh tempo," tulis dalam pesan singkat Kementerian Keuangan kepada mitra distribusi 30 September 2019.

ORI adalah instrumen surat utang yang 100 persen dijamin oleh negara dan masuk dalam Surat Berharga Negara (SBN). ORI memiliki jangka waktu tiga tahun tetapi bisa dijual sebelum jatuh tempo 15 Oktober 2022 dan diperdagangkan di pasar sekunder (tradable).

Promo Terbaru di Bareksa

Berdasarkan karakteristik tersebut, kita bisa membandingkan kupon ORI016 ini dengan imbal hasil (yield) acuan (benchmark), yaitu indeks obligasi pemerintah dengan tenor 3 tahun. Menurut data Indonesia Bond Index Pricing Agency (IBPA), yield wajar obligasi pemerintah tenor 3 tahun adalah 6,5183 persen per tanggal 30 September 2019.

Tabel Yield Wajar Obligasi Pemerintah

Illustration

Sumber: IBPA

Dari tabel tersebut bisa terlihat bahwa kupon tetap ORI016 sebesar 6,8 persen, lebih tinggi dibandingkan acuan. Ini merupakan daya tarik bagi investor pribadi atau ritel seperti kita.

Perlu diketahui, untuk pertama kalinya, ORI diperdagangkan secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Masa penawaran ORI016 adalah pada 2-24 Oktober 2019.

ORI adalah satu jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan oleh pemerintah dalam rangka mencari pembiayaan anggaran. Bila kita membeli ORI, maka kita ikut membantu pembangunan negara.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN di seri berikutnya? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN seri berikutnya.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua