BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kuota ST004 Tersisa Rp1,05 Triliun, Ayo Pesan Sebelum Kehabisan!

Bareksa13 Mei 2019
Tags:
Kuota ST004 Tersisa Rp1,05 Triliun, Ayo Pesan Sebelum Kehabisan!

Dalam satu pekan masa penawaran, penjualan ST004 telah mencapai Rp942 miliar

Bareksa.com – Masa penawaran sukuk tabungan ST004 telah berlangsung lebih dari satu minggu. Artinya, masyarakat yang berminat pada instrumen investasi syariah ini masih punya waktu sekitar satu minggu selanjutnya atau hingga 21 Mei 2019 untuk melakukan pemesanan.

Hari demi hari sejak pembukaan masa penawaran pada 3 Mei 2019, kuota penjualan ST004 semakin berkurang. Masyarakat mulai berbondong-bondong memborong instrumen investasi dengan imbalan 7,95 persen ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Bareksa, per hari ini (Senin, 13 Mei 2019) nilai penjualan ST004 telah mencapai Rp942 miliar. Artinya, kuota penjualan hanya tersisa Rp1,05 triliun dari target indikatif Rp2 triliun.

Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai instrumen ini. Maka sebaiknya lihat kembali pokok-pokok ketentuan dan persyaratan ST004 seperti berikut ini;

Bentuk dan karakteristik ST004 adalah tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan (non-tradable), tidak dapat dilikuidasi/dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption.

Anda yang merasa berinvestasi itu mahal, maka itu tidak berlaku pada ST004. Pemerintah menetapkan minimum pemesanan Rp1 juta saja dengan maksimum pemesanan Rp3 miliar.

Seperti diketahui, tingkat imbalan/kupon ST004 sebesar 7,95 persen per tahun. Namun Anda perlu mengetahui, jenis imbalan/kupon ST004 adalah mengambang dengan Imbalan/kupon minimal (floating with floor) dengan tingkat imbalan acuan BI 7-Day (Reverse) Repo Rate.

Anda juga perlu tahu beberapa hal mengenai tingkat imbalan/kupon ST004 berikut ini :

a. Tingkat imbalan/kupon untuk periode pertama (28 Mei – 10 Agustus 2019) sebesar 7,95 persen.
b. Tingkat imbalan berasal dari tingkat imbalan acuan yang berlaku pada saat penetapan imbalan/kupon yaitu 6 persen ditambah spread tetap 195 bps (1,95 persen).
c. Tingkat imbalan/kupon berikutnya akan disesuaikan setiap 3 bulan pada tanggal penyesuaian imbalan sampai dengan Jatuh Tempo.
d. Penyesuaian tingkat imbalan/kupon didasarkan pada tingkat imbalan acuan ditambah spread tetap 195 bps (1,95 persen).
e. Tingkat imbalan/kupon 7,95 persen berlaku sebagai tingkat imbalan/kupon minimal (floor) dan imbalan tingkat /kupon minimal tidak berubah sampai dengan Jatuh Tempo.

Bagi Anda yang sudah membeli ST004, pemerintah menetapkan tanggal pembayaran imbalan/kupon setiap tanggal 10 setiap bulannya. Dalam hal tanggal pembayaran imbalan/kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran imbalan/kupon dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi imbalan/kupon.

Hari kerja adalah hari dimana operasional sistem pembayaran diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua