BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Hari ini Pukul 10.00 WIB Terakhir Pemesanan Sukuk ST002, Ayo Beli Sekarang Juga

Bareksa22 November 2018
Tags:
 Hari ini Pukul 10.00 WIB Terakhir Pemesanan Sukuk ST002, Ayo Beli Sekarang Juga
Ilustrasi investasi reksa dana syariah. (123RF Stock Photo)

Sukuk Tabungan ST002 ini sangat terjangkau karena dapat dibeli dengan modal cukup Rp1 juta saja

Bareksa.com – Pukul 10.00 WIB, hari ini, 22 November 2018 adalah batas terakhir investor bisa melakukan pemesanan Sukuk Tabungan Seri 002 (ST002) secara online. Sukuk ST002 merupakan salah satu instrumen investasi bagi masyarakat ritel Indonesia yang berdasarkan prinsip syariah.

Instrumen investasi ini sekaligus dapat bermanfaat membantu negara karena dananya akan digunakan untuk pembangunan negara. Bagi investor, Sukuk Tabungan ST002 ini sangat terjangkau karena dapat dibeli dengan modal cukup Rp1 juta saja dan hanya dalam masa penawaran 1-22 November 2018.

Dengan tenor 2 tahun saja, Sukuk Tabungan ST002 memberikan imbal hasil menarik bila dibandingkan dengan instrumen sejenis yang diterbitkan dalam waktu dekat ini. Namun, perlu diingat, dengan prinsip syariah, sistem pemberian imbalan ini seperti layaknya uang sewa (ujrah), sehingga bebas dari bunga atau unsur riba.

Promo Terbaru di Bareksa

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan, telah mengumumkan nilai imbal hasil Sukuk Tabungan ST002 sebesar minimal 8,3 persen per tahun. Skema imbalan adalah floating with floor atau mengambang dengan nilai minimal.

Sebelumnya, pemerintah telah merilis surat utang SBR003, SBR004, dan ORI015 untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan negara. Semua produk tersebut dikhususkan untuk investor ritel, dengan tenor jangka menengah.

Jika melihat berdasarkan waktu penerbitan, penerbitan Sukuk Tabungan ST002 terbilang merupakan yang paling atraktif. Sebab ST002 dirilis di tengah keadaan suku bunga yang sedang dalam tren naik dengan tenor hanya dua tahun ditambah sifat kupon yang mengambang (floating).

(Baca Juga : Imbalan Sukuk Tabungan ST002 Floating with Floor 8,3 Persen, Apa Artinya?)

Illustration

Saat imbal hasil ST002 ditetapkan pada 30 Oktober lalu, suku bunga acuan Bank Indonesia di level 5,75 persen atau level suku bunga tertinggi dibanding waktu penerbitan SBR003, SBR004, dan ORI015. Nilai imbal hasil ST002 merupakan yang tertinggi dibandingkan kupon atau imbal hasil obligasi pemerintah atau sukuk sebelumnya.

Apalagi, sepanjang tahun ini pemerintah sudah empat kali menerbitkan instrumen Surat Berharga Negara (SBN) ritel dengan tingkat kupon yang menarik dan upaya sosialisasi yang gencar, sehingga investor kini mulai menaruh perhatian terhadap instrumen surat utang negara.

Karena investasi ini dikhususkan untuk investor ritel, modal awal untuk membeli sukuk sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp1 juta. Nilai pembelian ST002 ini juga bisa dilakukan dengan kelipatan Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar per investor.

Berikut jadwal lengkap penerbitan Sukuk Tabungan ST002 yang dapat berguna bagi masyarakat investor.

Illustration

Sebagai tambahan informasi, ST002 adalah instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, tetapi terdapat fasilitas early redemption. Early redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST002 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo.

Sukuk tabungan (ST) adalah produk investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Perusahaan Penerbit Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dengan demikian, sukuk tabungan termasuk instrumen investasi yang aman secara hukum agama Islam karena bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan aman secara hukum negara karena dijamin oleh Undang-Undang (UU).

Tertarik untuk berinvestasi di Sukuk Tabungan ST002?

ST002 bisa dibeli dengan modal minimal Rp1 juta saja. ST002 bisa dibeli melalui Bareksa.com pada masa pemesanan 1-22 November 2018. Kemudian, setelmen akan terjadi pada 29 November 2018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Gunakan akun Bareksa Anda untuk login dan membeli ST002 melalui tautan ini.

Anda yang belum punya akun bisa mendaftar terlebih dahulu di tautan ini.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya. (Baca Juga : Belum Jadi Nasabah Bareksa? Ini 6 Langkah Mudah Daftar untuk Beli Sukuk ST002)

(hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua