BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Demand Besar, Pemerintah Upsize Kuota Surat Utang Online SBR003 Jadi Rp2 Triliun

Bareksa23 Mei 2018
Tags:
Demand Besar, Pemerintah Upsize Kuota Surat Utang Online SBR003 Jadi Rp2 Triliun
Pekerja membawa uang rupiah di cash center Bank Mandiri, Jakarta. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Periode pemesanan SBR003 ialah 14 -25 Mei 2018. Artinya tinggal dua hari lagi, periode pemesanan SBR003 resmi ditutup

Bareksa.com – Animo masyarakat untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli Surat Utang Negara (SUN) bagi investor ritel individu tampaknya sangat besar. Pemerintah pun menaikkan kuota penerbitan SUN berjenis Saving Bond Retail seri SBR003 yang dijual online menjadi dua kali lipat target awal.

Direktur Surat Utang Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Kementerian Keuangan, Loto Srinaita Ginting mengkonfirmasi bahwa peningkatan kuota nasional itu seiring dengan besarnya permintaan dari masyarakat terhadap SUN yang pertama kali dijual secara online ini.

Sebelumnya, pemerintah memang menargetkan dana sebesar Rp1 triliun dari penjualan SBR093 dengan kemungkinan upsize maksimal hingga sebesar Rp5 triliun bila permintaan tinggi. Kemarin, 22 Mei 2018, atau tiga hari sebelum masa pemesanan berakhir, nilai order untuk surat utang bertenor dua tahun ini sudah mencapai Rp800 miliar, atau 80 persen dari target awal.

Promo Terbaru di Bareksa

SBR003 bisa dipesan dalam periode 14 -25 Mei 2018 melalui sembilan mitra distribusi (midis) secara online, termasuk Bareksa. Artinya tinggal dua hari lagi, periode pemesanan SBR003 resmi ditutup.

Sebagai informasi, minimum pemesanan surat utang pemerintah ini untuk satu orang investor adalah sebesar Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta. Kemudian maksimum pemesanan Rp3 miliar untuk satu investor individu.

Bunga atau kupon yang diberikan adalah floating with floor atau mengambang dengan nilai minimal 6,8 persen per tahun dengan jangka waktu 2 tahun. Pembayaran kupon akan dilakukan pada tanggal 20 setiap bulannya. Pembayaran kupon pertama kali dilakukan pada 20 Juni 2018. (hm)

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua