Berita / SBN / Artikel

Kini Bisa Dibeli di Bareksa, Ini Keuntungan dan Risiko Surat Utang Negara Online

Mulai hari ini, 14 Mei 2018, masa pemesanan SUN secara online telah dibuka hingga tanggal 25 Mei 2018
Bareksa • 14 May 2018
cover

Ilustrasi wanita sedang memikirkan ide dan tujuan keuangan untuk berinvestasi di reksa dana, saham, obligasi, surat utang negara.

Bareksa.com – Masyarakat kini dimudahkan untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dalam membiayai anggaran, dengan hadirnya Surat Utang Negara (SUN) bagi investor ritel individu yang dijual secara online (e-SBN). Mulai hari ini, 14 Mei 2018, masa pemesanan SUN secara online telah dibuka hingga tanggal 25 Mei 2018.

Produk yang ditawarkan pemerintah melalui Bareksa kepada masyarakat Indonesia adalah turunan dari SUN, yakni Savings Bond Ritel atau SBR dengan seri SBR003 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. 

Produk investasi ini menawarkan keuntungan yang masih lebih baik jika dibandingkan dengan hanya menabung di deposito bank. (Baca Juga : Beli Surat Utang Negara di Bareksa Lebih Untung daripada Deposito Bank)

Nah, sebelum membelinya, ada baiknya Anda mengenali lebih dalam tentang keuntungan dan risiko dari produk SBR003 ini.

Keuntungan SBR003

Berikut kelebihan atau benefit yang akan diperoleh Anda sebagai investor :

1. Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-undang

2. Kupon dibayar setiap bulan

3. Kupon mengikuti perkembangan suku bunga BI, jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo dua tahun (Baca Juga : Beli SUN di Bareksa Tawarkan Kupon Tidak Akan Turun Tapi Bisa Naik, Kok Bisa?)

4. Early redemption atau pencairan sebelum jatuh tempo tanpa dikenakan biaya (redemption cost) oleh Pemerintah

5. Dapat dijaminkan kepada pihak lain

Risiko SBR003

1. Risiko Likuiditas

SBR tidak likuid karena tidak diperdagangkan. Namun, terdapat fasilitas pencairan awal atau early redemption pada periode 6 – 14 Mei 2019 dengan minimal kepemilikan Rp2 juta dan maksimal 50 persen dari total kepemilikan

2. Tidak diperdagangkan di Pasar Sekunder

Instrumen ini tidak bisa diperjualbelikan di pasar sekunder sehingga tidak ada potensi capital gain. Sebab, investor individu hanya boleh melakukan pembelian pada masa penawaran 14 – 25 Mei 2018, setelah itu tidak akan ada lagi masa penawaran dari pemerintah.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini 

(hm)