BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

3 Keuntungan Surat Utang Negara Online Dibanding Deposito

Bareksa15 Mei 2018
Tags:
3 Keuntungan Surat Utang Negara Online Dibanding Deposito
Ilustrasi perbandingan benefit antara Deposito dan SUN

Dari segi keamanan berinvestasi, SUN tentu lebih aman karena 100 persen dijamin Negara

Bareksa.com - Masyarakat kini dimudahkan untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dalam membiayai anggaran, dengan hadirnya Surat Utang Negara (SUN) bagi investor ritel individu yang dijual secara online (e-SBN) berjenis Saving Bond Retail dengan seri SBR003. Surat utang ritel ini untuk pertama kalinya dijual secara online dan melibatkan Bareksa sebagai salah satu mitra distribusi (Midis) Kementerian Keuangan.

Produk investasi ini menawarkan keuntungan yang masih lebih baik jika dibandingkan dengan hanya menabung di deposito bank. Setidaknya ada tiga keuntungan bagi masyarakat yang membeli SUN ketimbang menyimpan dana di deposito bank.

Tabel Perbandingan Keuntungan SUN dan Deposito

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Pertama, setiap surat utang tentu memberikan imbal hasil. Dalam surat utang, imbal hasil itu disebut kupon dan penerbit surat utang yang menentukan besaran kupon. Pemerintah pun sudah mematok kupon SBR003 ini sebesar 6,8 persen per tahun.

Sejak 2017, tingkat deposito rupiah dengan jangka waktu satu bulan tidak pernah mencetak keuntungan melebihi 6,8 persen. Bahkan tingkat imbal hasilnya (return) sejak setahun terakhir cenderung turun seiring turunnya tingkat suku bunga.

Untuk investor pemula atau investor konservatif, tawaran berinvestasi pada SUN cukup menggiurkan. Karena setiap bulan ada kupon yang dibayar ditambah jaminan uang kembali setelah jatuh tempo.

Selain imbal hasil yang lebih tinggi, keuntungan lain membeli SUN adalah pajaknya yang lebih kecil dari deposito, yakni hanya 15 persen, sedangkan pajak deposito dipatok 20 persen. Pajak imbal hasil ini dipotong dari setiap pembayaran kupon oleh pemerintah selaku penerbit.

Terakhir, nilai uang yang dijamin di deposito pun lebih kecil, maksimal cuma Rp2 miliar oleh LPS. Hal ini berbeda dengan SUN yang 100 persen dijamin oleh negara.

Kalau kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, dengan membeli SUN, masyarakat secara tidak langsung berpartisipasi dalam pembangunan yang manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

Adapun, minimum pemesanan untuk surat utang pemerintah ini sebesar Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta. Kemudian maksimum pemesanan Rp3 miliar. Bunga atau kupon yang diberikan 6,8 persen per tahun dengan jangka waktu 2 tahun.

Pembayaran kupon akan dilakukan pada tanggal 20 setiap bulannya. Pembayaran kupon pertama kali dilakukan pada 20 Juni 2018.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

(hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua