BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Tinggal 3 Hari Lagi, Pemesanan SUN Online Sudah 80 Persen Target Pemerintah

Bareksa22 Mei 2018
Tags:
Tinggal 3 Hari Lagi, Pemesanan SUN Online Sudah 80 Persen Target Pemerintah
Aktris Indonesia, Poppy Bunga (ketiga dari kiri), dalam acara pembukaan masa penawaran savings bond ritel (SBR) seri SBR003, di Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Kementerian Keuangan optimistis SBR003 yang dipesan lewat online ini bisa tembus Rp1 triliun atau sesuai target

Bareksa.com – Animo masyarakat untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli Surat Utang Negara (SUN) bagi investor ritel individu tampaknya sangat besar. Hal ini terlihat dari sudah tercapainya 80 persen target penerbitan instrumen utang yang dijual secara online (e-SBN) berjenis Savings Bond Retail dengan seri SBR003 di pekan kedua periode pemesanan ini.

Periode pemesanan SBR003 ialah 14 -25 Mei 2018. Artinya tinggal tiga hari lagi, periode pemesanan SBR003 resmi ditutup.

Berdasarkan data pemesanan SUN online di Bareksa yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, sisa kuota nasional hanya tinggal Rp217 miliar per tanggal 22 Mei 2018, dari total target yang ditawarkan Rp1 triliun. Artinya, hampir 80 persen dari target penerbitan SBR003 ini sudah dipesan oleh masyarakat.

Promo Terbaru di Bareksa

"So far bagus yah dari sisi order tadi di atas sekitar Rp800 miliar," kata Direktur Surat Utang Negara Loto Srinaita Ginting di Kementerian Keuangan, Jakarta, seperti dikutip dari Detik Finance.

Loto menyebutkan bahwa permintaan untuk SUN secara online datang dari berbagai wilayah di Indonesia meski Ibukota masih mendomminasi. "DKI memang selalu besar, tapi dari sisi partisipasi wilayah semuanya sudah ada," tambahnya.

Loto mengungkapkan, pihak Kementerian Keuangan optimistis SBR003 yang dipesan lewat online ini bisa tembus Rp1 triliun atau sesuai target. "Dengan perkembangan hari ini sudah Rp800 miliar, kemungkinan target Rp1 triliun bisa terlampaui," katanya.

Bahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan jumlah penerbitan. Sebelumnya, Loto juga menyebutkan apabila permintaan terhadap SBR003 tinggi, pemerintah bakal melakukan upsize maksimal hingga sebesar Rp5 triliun.

Sebagai informasi, minimum pemesanan surat utang pemerintah ini untuk satu orang investor adalah sebesar Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta. Kemudian maksimum pemesanan Rp3 miliar untuk satu investor individu.

Bunga atau kupon yang diberikan 6,8 persen per tahun dengan jangka waktu 2 tahun. Pembayaran kupon akan dilakukan pada tanggal 20 setiap bulannya. Pembayaran kupon pertama kali dilakukan pada 20 Juni 2018. (hm)

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua