BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Poppy Bunga Beberkan Keuntungan Beli Surat Utang Negara SBR003

15 Mei 2018
Tags:
Poppy Bunga Beberkan Keuntungan Beli Surat Utang Negara SBR003
Aktris Indonesia, Poppy Bunga (ketiga dari kiri), dalam acara pembukaan masa penawaran savings bond ritel (SBR) seri SBR003, di Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Dengan membeli surat utang negara SBR003 secara online, Poppy Bunga mengaku bisa berpartisipasi membangun negara

Bareksa.com – Pemerintah Republik Indonesia baru saja resmi membuka penawaran savings bond retail (SBR) seri SBR003. Surat utang ritel pemerintah terbaru itu khusus dijual melalui sistem online sehingga memudahkan masyarakat untuk berinvestasi di surat utang negara.

Aktris Indonesia, Poppy Bunga mengaku sangat tertarik berinvestasi SBR003. Wanita kelahiran bulan Oktober 27 tahun lalu itu juga sudah mulai berinvestasi di SBR003 melalui Bareksa.com.

Menurut Poppy, dengan berinvestasi SBR003, dirinya tidak hanya memperoleh keuntungan dari kupon yang diberikan. Dengan membeli SBR003 dia juga bisa ikut berpartisipasi membangunan negara, karena uang yang diperoleh negara dari penerbitan SBR003 digunakan untuk membangun infrastruktur.

Promo Terbaru di Bareksa

Berikut adalah wawancara Bareksa.com dengan Poppy Bunga.

Sebelumnya Anda berinvestasi di instrumen apa saja?

Sebelumnya suami saya suka beli surat utang negara, tetapi lewat bank. Itu sekitar tahun 2011, sampai sekarang masih jalan sih. Saya juga berinvestasi di saham.

Mengapa Anda mulai tertarik berinvestasi di surat utang negara?

Saya tertarik berinvestasi di surat utang negara karena aman, terjamin, saling menguntungkan, dan utamanya ikut membantu negara untuk bisa membangun. Banyak masyarakat Indonesia yang kurang beruntung. Jika ada orang-orang seperti kita yang ikut berinvestasi di surat utang negara, kita bisa ikut membantu masyarakat Indonesia lain sehingga bisa lebih baik lagi.

Kapan pertama kali mengenal surat utang negara?

Pertama kali tahu surat utang negara dari suami. Sekarang saya baru memulai investasi surat utang negara melalui Bareksa.com

SBR003 dijual secara online, apa itu memudahkan masyarakat?

Sangat memudahkan, dulu itu kan ribet kalau mau beli surat utang negara, harus ke bank dan menunggu dalam jangka waktu tertentu. Itu pun kalau dapat penjatahannya. Nilai pembeliannya juga biasanya harus besar. Kalau beli SBR di Bareksa ini minimal kan Rp1 juta. Pertama kali saya tahu, wah, kalo begini sih uang-uang belanja aku yang nggak perlu bisa aku alihkan ke SBR.

Apakah bakal menarik minat anak muda berinvestasi juga?

Sangat mungkin menarik minat anak muda karena caranya sangat mudah. Nominal berinvestasinya juga tidak besar, sangat memungkinkan untuk kantong-kantong anak remaja. Istilahnya, sebenarnya mereka bisa beli surat utang negara setiap bulan.

Anak muda sekarang juga sangat dekat dengan gadget. Kalau ikut membeli surat utang negara dengan sistem seperti ini, kita bisa update terus uang kita lewat aplikasinya. Setiap bulan kuponnya bisa masuk secara otomatis, ini sangat positif. Teman-teman sebaya saya pasti mau ikut investasi dengan model seperti ini.

Menurut Anda, apa keuntungan membeli SBR003?

Keuntungannya adalah mudah, aman, menguntungkan, bisa ikut berpartisipasi membangun negara dan mencegah hoax juga. Banyak orang yang bilang, kalau perusahaan seperti ini tidak menjamin, nanti jangan-jangan uangnya tidak masuk ke negara tetapi malah dialokasikan ke tempat lain kemudian tiba-tiba uang kita hilang. Kalau dengan ini kan tidak ada hoax lagi karena sudah dijamin oleh undang-undang.

Apakah ini bisa mengalihkan dana masyarakat juga dari investasi bodong?

Sangat bisa mengalihkan dana investasi orang-orang dari investasi bodong, karena investasi ini jelas dilindungi undang-undang. Selain itu, keuntungannya juga lebih tinggi dari deposito. Suamiku itu deposito di bank maksimal dapat bunga 6 persen (setahun). Kalo di sini kita bisa dapat 6,8 persen, jadi lebih tinggi dibandingkan instrumen lain. Jadi kenapa tidak berinvestasi di SBR003.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,44

Down- 0,08%
Up3,34%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,97

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,31%
Up43,84%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,79

Down- 0,93%
Up3,15%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,26%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,9

Down- 0,36%
Up1,69%
Up0,01%
Up2,70%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,47

Up0,49%
-
Up0,03%
---
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua