BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

IPO SMGA Oversubscribed 23,52 kali dari Nilai Emisi

Martina Priyanti30 Januari 2024
Tags:
IPO SMGA Oversubscribed 23,52 kali dari Nilai Emisi
Ilustrasi perusahaan yang melakukan IPO dan mengalami oversubscribed. (Shutterstock)

Dana hasil dari Penawaran Umum Perdana Saham akan digunakan untuk modal kerja

Bareksa.com - Pada hari ini, Selasa 30 Januari 2024, PT Sumber Mineral Global Abadi Tbk (SMGA) secara resmi melaksanakan Pencatatan Saham Perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia dengan kode perdagangan saham (Ticker Code), SMGA. Dengan dimulainya perdagangan tersebut, perseroan menjadi Emiten ke-9 yang mencatatkan sahamnya di Bursa tahun 2024.

Dalam siaran pers Selasa (30/1/2024) disebutkan perseroan menawarkan sebanyak 1.750.000.000 lembar saham baru, atau sebanyak 20% dari seluruh total modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp20 per lembar saham. Saham baru tersebut ditawarkan dengan harga penawaran sebesar Rp105 per lembar saham, sehingga jumlah keseluruhan dana IPO yang terkumpul sebesar Rp183,75 miliar.

Dana hasil dari Penawaran Umum Perdana Saham yang diterima Perseroan tersebut, setelah dikurangi biaya-biaya emisi seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka pengadaan nikel dan batubara sesuai kegiatan bisnis yang dijalankan Perseroan sebagai pembayaran atas pembelian nikel dan batubara dari supplier Perseroan.

Dalam keterangannya, Direktur Utama Perseroan, Julius Edy Wibowo mengatakan bahwa Grup Perseroan telah berpengalaman lebih dari 15 tahun pada industri energi pada umumnya dan perdagangan komoditas hasil pertambangan pada khususnya sejak tahun 2008. Perseroan mencatatkan dan menawarkan sahamnya untuk bertransformasi serta melanjutkan pertumbuhannya, sehingga dapat meningkatkan revenue dan profitability Perseroan dengan menciptakan pertumbuhan dan sinergi yang berkelanjutan serta memiliki tata kelola yang lebih baik dan profesional dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Julius juga menyampaikan bahwa selain fokus dalam pengembangan kegiatan perdagangan nikel dan batubara untuk pasar domestik Indonesia, Perseroan turut pula mengembangkan produksi batu gamping pada kuartal I tahun 2024, sehubungan dengan tingginya permintaan batu gamping dan Perseroan melihat terdapat opportunity yang baik di wilayah Morowali Utara, di mana pada wilayah tersebut terdapat banyak smelter yang membutuhkan supply batu gamping. Sehingga, ia melanjutkan bahwa Perseroan memutuskan untuk mengakuisisi dan melakukan pengembangan atas tambang batu gamping pada wilayah tersebut untuk dapat di supply ke beberapa smelter terdekat.

Adapun pihak yang bertindak selaku Penjamin Pelaksana Emisi dalam IPO Perseroan ini adalah PT Victoria Sekuritas Indonesia. Direktur PT Victoria Sekuritas Indonesia, R.A. Wisnu Widodo, menyatakan keyakinannya terhadap pertumbuhan dan prospek usaha Perseroan ke depan di bidang Perdagangan Nikel dan Batubara. Nikel memiliki potensi untuk bertumbuh, terlebih sektor baterai telah menyebabkan meningkatnya permintaan nikel di seluruh dunia.

Indonesia sebagai negara yang memiliki cadangan nikel dan sekaligus sebagai produsen nikel terbesar di dunia, memiliki posisi yang diuntungkan dalam perkembangan tren industri kendaraan listrik. Selain itu, Indonesia sebagai produsen batubara ketiga terbesar di dunia masih memiliki prospek yang kuat, disaat tingginya kebutuhan global akan batu bara, dan faktor pasokan gas alam yang terbatas serta harga gas yang tinggi menyebabkan beberapa negara dan perusahaan berbasis industri tetap menggunakan batubara yang relatif lebih murah.

Selama masa penawaran umum yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 24 Januari 2024 sampai dengan 26 Januari 2024, Perseroan telah memperoleh sambutan yang luar biasa dan positif dari investor Pasar Modal dimana pada Masa Penawaran IPO SMGA ini telah terjadi oversubscribed sebanyak 23,52x dari total saham IPO SMGA atau oversubscribed sebanyak 156,77x dari porsi pooling.

Investasi Saham di Sini
(IQPlus/02933653/mp)

***

Promo Terbaru di Bareksa

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua