BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

BEI Gandeng Bursa Malaysia dan SET Teken MoU Bentuk Ekosistem ESG di ASEAN

Abdul Malik19 September 2023
Tags:
BEI Gandeng Bursa Malaysia dan SET Teken MoU Bentuk Ekosistem ESG di ASEAN
Ilustrasi investasi di pasar modal yang berfokus pada prinsip ESG (Environmental, Social and Governance). (Shutterstock)

Ketiga bursa akan menjajaki berbagai inisiatif, termasuk mengidentifikasi komponen-komponen penting infrastruktur ESG

Bareksa.com - Bursa Malaysia Berhad (Bursa Malaysia) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Stock Exchange of Thailand (SET) di acara sidelines dari the 36th ASEAN Exchanges CEOs Meeting1. MoU ini menandakan komitmen kolektif dari ketiga bursa untuk menjajaki pembentukan ekosistem terkait lingkungan, sosial dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG) antar kawasan yang mendorong penciptaan nilai bisnis sekaligus mendorong pembangunan berkelanjutan di seluruh ASEAN.

MoU ini menandai tonggak penting dalam meningkatkan kerja sama regional dan memajukan keberlanjutan di ASEAN. Hal ini juga menandakan komitmen untuk menghijaukan rantai pasokan, sekaligus pengakuan atas potensi untuk mengoptimalkan keterhubungan dan komparabilitas data ESG di kawasan ini. Dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya, Bursa Malaysia, BEI dan SET bertujuan untuk secara kolaboratif memacu penerapan praktik-praktik ESG yang baik, serta mendorong pertumbuhan yang bertanggung jawab di pasar masing-masing, sekaligus menawarkan peluang lintas batas terkait investasi ESG di ketiga pasar tersebut.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesamaan dalam ekosistem ESG di ASEAN untuk memfasilitasi perdagangan lintas batas, memperluas peluang bisnis, serta memajukan pembiayaan berkelanjutan bagi perusahaan-perusahaan dari berbagai ukuran dan rantai pasokan mereka di kawasan.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Reksadana di Sini

Sebagai bagian dari ruang lingkup kolaborasi yang dituangkan dalam MoU, ketiga bursa akan menjajaki berbagai inisiatif, termasuk namun tidak terbatas pada:

- Mengidentifikasi komponen-komponen penting infrastruktur ESG untuk mendukung perusahaan dalam mengupayakan dekarbonisasi dan keberlanjutan di seluruh rantai pasokan mereka
- Membangun lingkungan "sandbox" yang dirancang untuk memfasilitasi perdagangan dan menciptakan peluang bisnis baru bagi perusahaan dan rantai pasokan mereka, termasuk usaha kecil dan menengah
- Memanfaatkan keahlian dalam praktik ESG melalui lokakarya, sesi pelatihan, dan program berbagi pengetahuan untuk mendukung peningkatan ekosistem ESG.

MoU tersebut ditandatangani oleh Datuk Muhamad Umar Swift, Chief Executive Officer Bursa Malaysia; Iman Rachman, Direktur Utama BEI; dan Pakorn Peetathawatchai, Presiden SET. Upacara penandatanganan disaksikan oleh Wong Chiun Chiek, Director Bursa Intelligence untuk Bursa Malaysia; Jeffrey Hendrik, Direktur Pengembangan BEI; dan Soraphol Tulayasathien, Head of Corporate Strategy and Sustainable Market Development for SET.

Datuk Muhamad Umar Swift menyatakan senang meresmikan kerja sama dengan SET dan BEI. "Melalui kemitraan ini, kami bertujuan untuk meningkatkan kerja sama lintas batas dan memanfaatkan peluang untuk menyelaraskan langkah-langkah ESG dan infrastruktur ESG yang mendorong praktik bisnis berkelanjutan di ASEAN. MoU ini menjadi landasan bagi kolaborasi serupa dengan bursa-bursa lain yang berkepentingan di Asia dan menjadi landasan yang kuat untuk melibatkan mitra-mitra dari negara-negara Utara," kata dia.

Beli Reksadana di Sini

Iman Rachman menyatakan antusiasmenya terhadap kemitraan ini. "MoU ini mencerminkan visi kita bersama untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi pasar modal kita. Kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci dalam mendorong perubahan positif di kawasan ini. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Bursa Malaysia dan SET dalam mengembangkan solusi inovatif yang bermanfaat bagi para pemangku kepentingan, dan berkontribusi pada pengembangan perusahaan yang tangguh dan bertanggung jawab," dia mengungkapkan.

Pakorn Peetathawatchai menyatakan SET berkomitmen untuk mempromosikan praktik ESG di pasar modal Thailand. "Kolaborasi dengan Bursa Malaysia dan BEI memungkinkan Kami untuk bersama-sama menciptakan ekosistem ESG yang saling terhubung, mendukung integrasi pasar ASEAN sebagai asset-class untuk menarik investor internasional, serta memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan, memungkinkan untuk memanfaatkan kekuatan satu sama lain demi menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi pasar kita," ujarnya. \

Penandatanganan MoU ini merupakan kelanjutan dari komitmen baru-baru ini di antara ASEAN Exchanges untuk menstandardisasi 10 metrik tata kelola di setiap bursa efek ASEAN untuk diterapkan sebagai panduan prinsip-prinsip keterbukaan informasi di antara masingmasing perusahaan tercatat.

Beli Reksadana di Sini

(IQPlus/26148547/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Saham adalah instrumen investasi yang memiliki risiko kerugian. Artikel ini bertujuan untuk berbagi informasi seputar pasar dengan analisa untuk meminimalisir risiko. Setiap keputusan transaksi beli jual saham ada di tangan investor.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua