BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Telkom Indonesia (TLKM) Perluas Jaringan di Manokwari dan Resmikan Data Center di Tanjung Karang

Abdul Malik25 Agustus 2023
Tags:
Telkom Indonesia (TLKM) Perluas Jaringan di Manokwari dan Resmikan Data Center di Tanjung Karang
Logo PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). (Shutterstock)

Telkom telah membangun data center di 23 lokasi yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia

Bareksa.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tahun ini mengalokasikan Rp820 juta untuk memperluas jaringan pita lebar berbasis fiber optik atau fiber to the home (FTTH) IndiHome di Kabupaten Manokwari, Papua Tengah. "Tahun ini kami perluas jaringan ke dua daerah di pinggiran Manokwari, yaitu ke daerah Distrik Masni dan Kelurahan Anday, Distrik Manokwari Selatan," kata Kepala Kantor Daerah Telkom Manokwari George RM Mandibondibo, di Manokwari, Kamis (24/8).

George menjelaskan, Telkom mengalokasikan Rp500 juta untuk pembangunan jaringan ke Distrik Masni. Anggaran tersebut untuk pemasangan 500 tiang baru dan kabel fiber optik sepanjang 11 km dari STO (Sentral Telepon Otomat) Telkom Manokwari menuju Masni. "Anggaran untuk ke Masni memang cukup besar karena medan yang cukup sulit karena melewati daerah pegunungan," ujarnya.

Sedangkan ke Kelurahan Anday, George mengatakan, Telkom menganggarkan Rp320 juta untuk pemasangan 250 tiang baru dan kabel fiber optik sepanjang 15 km. Ditargetkan akhir tahun pembangunan jaringan baru tersebut sudah bisa selesai. "Okupansi jaringan fiber optik di Manokwari sudah 84%. Artinya secara kapasitas jaringan sudah padat. Mau tidak mau harus perluasan jaringan. Apalagi banyak daerah pinggiran Manokwari yang belum terjangkau," kata George.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Reksadana di Sini

Resmikan Data Center di Tanjung Karang

Sebagai upaya percepatan terwujudnya ekosistem digital Indonesia, Telkom juga mengakselerasi ekspansi layanan data center di Sumatera dengan meresmikan neuCentrIX Tanjung Karang beberapa waktu lalu. Peresmian turut dihadiri oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono didampingi EVP Telkom Regional I Area Sumatra Djatmiko, dan EVP Divisi Wholesale Service Telkom Muhammad Rofik.

Dalam sambutannya, EVP Telkom Regional I Area Sumatra Djatmiko menyampaikan 30% dari rack neuCentrIX Tanjung Karang telah terisi dari kapasitas total. Hal ini menunjukan respon positif dari ekosistem digital area Lampung sekitarnya terhadap kehadiran neuCentrIX kelima di Pulau Sumatra tersebut.

"NeuCentrIX Tanjung Karang telah dibangun dengan menerapkan kriteria 3S (Simple, Standard, dan Secure). Untuk itu kami meminta dukungan dan kerja sama seluruh stakeholder neuCentrIX ini agar disiplin menjaga kualitas 3S," ujar Djatmiko.

Beli Reksadana di Sini

Pada kesempatan yang sama, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono memaparkan bahwa Telkom Indonesia telah bertransformasi melalui kehadiran neuCentrIX yang membawa value netral. "Setiap pelaku industri digital baik dari dalam dan luar negeri kita bukakan pintu dan fasilitas untuk bergabung bersama neuCentrIX dimanapun berada,. ujar Bogi.

Bogi mengajak kepada seluruh pelaku industri digital untuk bersama survive di tengah kehadiran OTT (Over The Top) dengan semangat tumbuh bersama melalui data center netral yang didukung dengan infrastruktur konektivitas ke content, internet exchange,CDN (Content Delivery Network) hingga tercapai kemandirian digital.

Dengan adanya neuCentrIX Tanjung Karang, diharapkan dapat Telkom dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas telekomunikasi dan eksosistem IT di wilayah Lampung. Telkom telah membangun data center di 23 lokasi yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia. Sebelumnya, Telkom juga meresmikan komersialisasi neuCentrIX Palembang dan hingga saat ini telah berdiri 5 data center wilayah Sumatra yaitu di kota Medan, Batam, Pekanbaru, dan Palembang.

Beli Reksadana di Sini

(IQPlus/23627101/23542490/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Saham adalah instrumen investasi yang memiliki risiko kerugian. Artikel ini bertujuan untuk berbagi informasi seputar pasar dengan analisa untuk meminimalisir risiko. Setiap keputusan transaksi beli jual saham ada di tangan investor.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,44

Down- 0,03%
Up3,58%
Up0,02%
Up5,41%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,01

Up0,58%
Up3,44%
Up0,02%
Up6,85%
Up17,33%
Up43,60%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,85

Down- 0,85%
Up3,36%
Up0,01%
Up3,90%
Up18,29%
Up46,71%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,77

Down- 0,44%
Up1,58%
Up0,01%
Up2,66%
Down- 2,22%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,97

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua