BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

Kelolaan Reksadana Syariah Februari 2024 Naik Jadi Rp43,89 Triliun

Martina Priyanti12 Maret 2024
Tags:
Kelolaan Reksadana Syariah Februari 2024 Naik Jadi Rp43,89 Triliun
Ilustrasi perempuan investor yang berinvestasi di produk investasi syariah seperti reksadana syariah. (Shutterstock)

Batavia PAM, Syailendra, dan Trimegah AM tercatat sebagai MI dengan pertumbuhan dana kelolaan syariah terbesar

Bareksa.com - Pertumbuhan positif kembali terjadi pada reksadana syariah baik dari sisi dana kelolaan maupun unit penyertaan, pada Februari 2024. Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report February 2024 menyebutkan dana kelolaan reksadana syariah pada bulan lalu tercatat Rp43,89 triliun. Dana kelolaan reksadana syariah tumbuh positif secara bulanan/MOM, sepanjang tahun berjalan/YTD, dan juga tahunan/YOY, yakni masing-masing naik 1%, 2%, dan 1%.

Pertumbuhan positif dana kelolaan reksadana syariah seiring dengan unit penyertaannya yang tercatat menjadi 33,48 miliar unit, pada Februari 2024. Unit penyertaan reksadana syariah tumbuh positif secara bulanan/MOM, sepanjang tahun berjalan/YTD, dan juga tahunan/YOY yakni masing-masing naik 1%, 3%, dan 5%.

Bagi Kamu yang merupakan investor pemula, perlu mengetahui bahwa besaran dana kelolaan bisa menjadi indikator besarnya kepercayaan investor dalam menempatkan dananya di suatu produk reksadana, serta pertumbuhan dari kinerja aset di dalamnya. Adapun unit penyertaan mencerminkan seberapa banyak reksadana tersebut dibeli atau diminati oleh investor.

​Top 3 Manajer Investasi


Kinerja reksadana syariah nasional yang tumbuh positif pada bulan lalu, ditopang oleh tumbuh baiknya kinerja mayoritas dalam daftar 20 manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar Februari 2024.
Berikut ini manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar pada bulan lalu.

1. Sucor Asset Management
Posisi puncak manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar masih ditempati Sucorinvest atau Sucor AM, dengan kelolaannya pada bulan lalu Rp6,33 triliun. Pada bulan lalu, Sucor AM menguasai 14% pangsa pasar reksadana syariah.

Kelolaan reksadana syariah Sucor AM tumbuh baik secara bulanan/MOM dan sepanjang tahun berjalan/YTD, yakni masing-masing naik 1% dan 2%.

2. BNP Paribas Asset Management


Posisi kedua manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar bulan lalu juga kembali ditempati BNP AM. Dana kelolaan reksadana syariah BNP AM pada bulan lalu, sebesar Rp4,18 triliun, dengan pangsa pasar dikuasai 10%.

3. Manulife AM

Kemudian posisi ketiga masih diisi Manulife AM, dengan kelolaannya Rp3,98 triliun, pada bulan lalu dan pangsa pasar 9%. Dana kelolaan Manulife AM naik 4% secara sepanjang tahun berjalan/YTD.

Manajer Investasi Tumbuh Tertinggi

Di sisi lain dari sisi pertumbuhan dana kelolaan reksadana syariah terbesar secara bulanan/MOM tercatat ada Batavia PAM yang kelolaannya naik 25% MOM. Selain Batavia PAM, manajer investasi yang kelolaan reksadana syariahnya tumbuh positif paling besar antara lain PNM IM (16%) dan BNI AM (11%).

Sedangkan sepanjang tahun berjalan/YTD kembali tercatat ada Syailendra yang kelolaannya tumbuh paling tinggi yakni mencapai 19%. Selain itu ada juga Batavia (19%) dan Majoris AM (12%).

Sementara secara tahunan/YOY, Trimegah AM kembali tercatat yang tumbuh paling tinggi dana kelolaan reksadana syariahnya, pada Februari bahkan tumbuh hingga 157% YOY. Selain itu, ada juga Bahana TCW (73%) dan Insight (42%)

Top 20 Manajer Investasi Dana Kelolaan Reksadana Syariah Terbesar Februari 2024

Illustration

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report February 2024

Investasi Reksadana di Sini

Promo Terbaru di Bareksa

Perlu dicatat, laporan industri reksadana ini tidak memasukkan reksadana penyertaan terbatas, private equity fund, Kontrak Penyertaan Dana (KPD) atau Discretionary Fund, DIRE, dan KIK EBA. Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

​Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report February 2024. Untuk berlangganan laporan ini silahkan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

Investasi Reksadana di Sini

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua