BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

Kelolaan Reksadana Syariah Nasional jadi Rp43,01 Triliun, Ini Manajer Investasi Terbesar

Martina Priyanti14 Desember 2023
Tags:
Kelolaan Reksadana Syariah Nasional jadi Rp43,01 Triliun, Ini Manajer Investasi Terbesar
Ilustrasi manajer investasi sedang mengelola portofolio reksadana dengan koin dalam toples dan pohon yang tumbuh. (Shutterstock)

Syailendra dan Trimegah AM tercatat sebagai manajer investasi dengan pertumbuhan dana kelolaan syariah terbesar

Bareksa.com - Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report November 2023 menyebutkan dana kelolaan reksadana syariah kembali tumbuh positif sepanjang tahun berjalan/YTD dan juga tahunan/YOY, yakni masing-masing naik 5% dan 3%. Hanya saja, secara bulanan/MOM dana kelolaan reksadana syariah pada bulan lalu tumbuh 0%.

Dana kelolaan reksadana syariah pada November 2023 tercatat Rp43,01 triliun. Pertumbuhan positif dana kelolaan reksadana syariah pada bulan lalu seiring dengan unit penyertaannya yang tercatat 32,41 miliar unit, pada November 2023.

Unit penyertaan reksadana syariah tumbuh positif secara sepanjang tahun berjalan/YTD dan juga tahunan/YOY yakni masing-masing naik 11% dan 10%. Tapi, secara bulanan/MOM dana kelolaan reksadana syariah pada bulan lalu tumbuh 0%.

Besaran dana kelolaan bisa menjadi indikator besarnya kepercayaan investor dalam menempatkan dananya di suatu produk reksadana, serta pertumbuhan dari kinerja aset di dalamnya. Adapun unit penyertaan mencerminkan seberapa banyak reksadana tersebut dibeli atau diminati oleh investor.

Investasi Reksadana di Sini
Top 3 Manajer Investasi

Berikut ini manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar pada November 2023.

1. Sucor Asset Management

Sucorinvest atau Sucor AM kembali tercatat mengisi posisi puncak manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar, dengan kelolaannya pada bulan lalu Rp5,62 triliun. Pada November 2023, Sucor AM menguasai 13% pangsa pasar reksadana syariah per akhir bulan lalu.

Dana kelolaan reksadana syariah Sucor AM tumbuh 16% secara tahunan/YOY.

2. BNP Paribas Asset Management

Posisi kedua manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar November 2023, juga kembali ditempati BNP AM. Dana kelolaan reksadana syariah BNP AM pada bulan lalu sebesar Rp5,10 triliun, dengan pangsa pasar dikuasai 12%.

Dana kelolaan reksadana syariah BNP Paribas Asset Management tumbuh 6% secara bulanan/MOM.

Investasi Reksadana di Sini
3. Bahana TCW Investment Management

Bahana TCW Investment Management juga kembali tercatat mengisi ketiga manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar pada bulan lalu. Dana kelolaan reksadana syariah Bahana TCW tercatat Rp3,96 triliun, pada bulan lalu dan pangsa pasar 9%.

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Reksadana di Sini
Manajer Investasi Tumbuh Tertinggi


Sementara itu dari sisi pertumbuhan dana kelolaan reksadana syariah terbesar secara bulanan/MOM, Syailendra tercatat yang tumbuh paling tinggi yakni mencapai 18%. Pada bulan lalu, Syailendra menempati posisi ke-12 atau berhasil naik satu peringkat dibandingkan bulan sebelumnya, dalam daftar manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar November 2023.

Tercatat, selain secara bulanan/MOM, dana kelolaan reksadana syariah Syailendra juga tumbuh baik sepanjang tahun berjalan/YTD dan secara tahunan/YOY yakni masing-masing naik 58% dan 91%.

Di sisi sepanjang tahun berjalan/YTD dan juga tahunan/YOY, tercatat ada Trimegah AM yang tumbuh paling tinggi dana kelolaan reksadana syariahnya yakni mencapai masing-masing 132% dan 129%.

Top 20 Manajer Investasi Dana Kelolaan Reksadana Syariah Terbesar November 2023

Illustration

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report November 2023


Investasi Reksadana di Sini

Perlu dicatat, laporan industri reksadana ini tidak memasukkan reksadana penyertaan terbatas, private equity fund, Kontrak Penyertaan Dana (KPD) atau Discretionary Fund, DIRE, dan KIK EBA. Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

​Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report November 2023. Untuk berlangganan laporan ini silahkan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

Investasi Reksadana di Sini

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,44

Down- 0,03%
Up3,58%
Up0,02%
Up5,41%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,01

Up0,58%
Up3,44%
Up0,02%
Up6,85%
Up17,33%
Up43,60%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,85

Down- 0,85%
Up3,36%
Up0,01%
Up3,90%
Up18,29%
Up46,71%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,77

Down- 0,44%
Up1,58%
Up0,01%
Up2,66%
Down- 2,22%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,97

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua