BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Menabung Syariah Penuh Manfaat melalui Reksa Dana I-Hajj: Bisa Umrah Sekeluarga sekaligus Beramal

Hanum Kusuma Dewi25 Oktober 2023
Tags:
Menabung Syariah Penuh Manfaat melalui Reksa Dana I-Hajj: Bisa Umrah Sekeluarga sekaligus Beramal
Ilustrasi keluarga beranggotakan 4 orang yang berhasil berangkat umrah ke Tanah Suci menggunakan biaya dari hasil tabungan umrah dengan investasi Reksa Dana I-Hajj Syariah. (Shutterstock)

Reksa Dana I-Hajj mencatat imbal hasil 6,89% setahun terakhir per 18 Oktober 2023

Bareksa.com - Banyak yang menganggap bahwa umrah adalah ibadah bagi orang mampu saja. Akan tetapi, kamu bisa memampukan diri dengan menabung reksa dana secara rutin agar bisa berangkat ke Tanah Suci. Untuk biaya umrah, pilihlah reksa dana syariah yang sesuai dengan prinsip ajaran Islam, seperti I-Hajj Syariah Fund.

Apa itu Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund?

Reksa dana I-Hajj Syariah Fund adalah reksa dana syariah yang dikelola oleh Insight Investments Management. Reksa dana ini bertujuan untuk mendapatkan pengembalian investasi yang relatif stabil dan diharapkan meningkat dalam jangka panjang melalui investasi yang sesuai dengan prinsip syariah.

Promo Terbaru di Bareksa

Tujuan tersebut sejalan dengan strategi investasi Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund yang berfokus kepada surat utang syariah (Sukuk) berdurasi pendek - menengah (2-3 Tahun) yang diterbitkan oleh korporasi dengan kondisi fundamental yang baik dan memiliki rating minimum A-.

Menurut data Bareksa, I-Hajj Syariah Fund mencatatkan imbal hasil (return) sebesar 6,89% setahun terakhir (per 18 Oktober 2023). Imbal hasil reksa dana itu sudah bersih tidak dipotong pajak lagi.

Reksa dana ini bisa menjadi alternatif deposito syariah yang menurut data OJK per Juni 2023, dengan indikasi bagi hasil (nisbah) hanya 3,9% per tahun. Apalagi, deposito dikenakan pajak 20% sehingga imbal hasil bersihnya menjadi hanya 3,51%.

Simulasi Reksa Dana

Lantas, kalau mau pergi umrah, berapa biaya yang perlu disiapkan? Menurut Kementerian Agama, rata-rata biaya umrah 2023 di Indonesia adalah Rp24 juta hingga Rp28 juta per orang. Nah, kalau kamu berniat pergi umrah bersama keluarga dengan anggota 4 orang, maka kamu perlu menyiapkan setidaknya Rp112 juta.

Bagaimana cara menyiapkan biaya umrah ini? Kamu bisa menabung di reksa dana dengan cara top up rutin per bulan. Mari gunakan simulasi investasi reksa dana di Bareksa, yang dijalankan berdasarkan data historis.

Grafik Simulasi Investasi Reksa Dana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Misalnya, dua tahun lalu, kamu punya modal awal Rp5 juta dan bisa menyisihkan Rp5 juta per bulan untuk rutin membeli I-Hajj Syariah Fund. Berdasarkan simulasi Bareksa, dalam waktu 2 tahun (Oktober 2021-Oktober 2023), kamu bisa mengumpulkan Rp125 juta. Selanjutnya, karena ada pertumbuhan imbal hasil, total investasi dan return yang kamu dapat bisa mencapai Rp134,3 juta.

Nah, total hasil investasi ini bisa kamu belikan paket umrah untuk 4 orang, plus ada lebihnya yang bisa kamu pakai untuk uang jajan di sana. Sehingga, impian untuk umrah sekeluarga pun bisa terwujud.

Apalagi, bila kamu berinvestasi di I-Hajj Syariah Fund, kamu juga turut memberangkatkan haji atau umrah untuk orang yang tidak mampu. Sebab, I-Hajj Syariah Fund memiliki program infaq yang memberangkatkan jamaah Haji atau Umrah bagi orang yang kurang mampu secara ekonomi.

Hingga saat ini, Reksa Dana I-Hajj telah memberangkatkan haji dan umrah lebih dari 700 orang yang kurang mampu secara ekonomi. Program ini merupakan wujud kepedulian I-Hajj Syariah Fund terhadap sesama umat Muslim.

Mengapa Investasi Syariah di I-Hajj Syariah Fund ?

Reksa Dana ini mengikuti prinsip-prinsip syariah Pasar Modal sehingga aman terhindar dari unsur riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maysir (judi).

Riba adalah pengambilan tambahan dari harta orang lain tanpa adanya imbalan yang dibenarkan syariat. Gharar adalah ketidakjelasan atau ketidakpastian dalam suatu akad. Maysir adalah transaksi yang mengandung unsur judi. Di samping itu, fitur Dana Infaq I-Hajj diharapkan dapat membawa berkah bagi investor.

Kepercayaan investor pada produk Reksa Dana I-Hajj Syariah cukup besar, tercermin dari nilai dana kelolaannya. Per September 2023, total dana kelolaan Reksa Dana I-Hajj Syariah telah mencapai Rp2,01 triliun.

Selain itu reksa dana ini juga memiliki rekam jejak yang cukup panjang dan telah melalui berbagai krisis ekonomi dan market crash dengan performa yang baik sejak tanggal peluncurannya pada 17 Januari 2005.

Baca juga Investasi Syariah Juga Tangguh Saat Krisis? Coba Reksa Dana Pendapatan Tetap Insight I-Hajj

I-Hajj Syariah Fund sudah tersedia di super app Bareksa, termasuk di fitur Bareksa Umrah, dan bisa dibeli dengan modal mulai Rp100.000.

Beli I-Hajj Syariah Fund

(ADV | hm)

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,48

Up1,07%
Up4,31%
Up0,04%
Up5,21%
Up18,40%
-

Capital Fixed Income Fund

1.782,09

Up0,63%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,87%
Up16,25%
Up43,60%

STAR Stable Income Fund

1.932,78

Up0,58%
Up3,01%
Up0,03%
Up6,02%
Up28,65%
Up60,28%

I-Hajj Syariah Fund

4.840,99

Up0,63%
Up3,13%
Up0,03%
Up6,14%
Up21,94%
Up40,57%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.143,25

Up0,43%
Up2,80%
Up0,03%
Up4,97%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua