BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Investasi Syariah Juga Tangguh Saat Krisis? Coba Reksa Dana Pendapatan Tetap Insight I-Hajj

Hanum Kusuma Dewi21 September 2023
Tags:
Investasi Syariah Juga Tangguh Saat Krisis? Coba Reksa Dana Pendapatan Tetap Insight I-Hajj
Ilustrasi investor syariah dengan profil risiko moderat memeriksa smartphone untuk melakukan investasi Reksa Dana Insight Haji (I-Hajj). (Shutterstock)

Reksa Dana Insight I-Hajj Syariah Fund tersedia di super app Bareksa dan fitur Bareksa Umroh serta bisa dibeli dengan modal minimal Rp100.000

Bareksa.com - Bagi sebagian orang, dasar pemilihan investasi harus memenuhi prinsip-prinsip tertentu yang sesuai dengan kaidah kebaikan. Reksa Dana syariah adalah solusi untuk berinvestasi dengan cara yang sesuai dengan ajaran Islam, plus mendapatkan keuntungan yang menarik. Contohnya adalah dengan Reksa Dana Insight I-Hajj Syariah Fund (I-Hajj Syariah Fund) dari Insight Investments Management (Insight IM) yang secara historis bisa bertahan di tengah krisis pasar keuangan.

Diluncurkan pada tahun 2005, I-Hajj Syariah Fund telah terbukti memberikan performa yang baik secara konsisten dan telah melewati berbagai periode krisis. Makanya, berinvestasi pada reksa dana ini bisa menjadi satu metode diversifikasi yang baik.

Menurut data Insight IM, jual besar-besaran (sell-off) pada Pasar Saham (IHSG) dan Pasar Obligasi terjadi hampir setiap tahun di 10 tahun terakhir (2007 – 2016). Pada beberapa tahun di periode tersebut, terjadi koreksi pasar lebih dari 20%.

Promo Terbaru di Bareksa

Nah, Koreksi Pasar sering terjadi begitu cepat. Akibatnya, cukup sering terjadi investor yang telat untuk mengubah alokasi asetnya (menjadi lower-risk assets). Beberapa contoh krisis keuangan yang pernah terjadi dan berdampak pada pasar:

• Tahun 2008: Global Financial Crisis, -56% kurang dari 5 bulan.

• Tahun 2011: Euro Crisis, -22% kurang dari 2 bulan.

• Tahun 2013: The Fed QE Tapering, -24% kurang dari 2 bulan.

• Tahun 2015: China Stock Market Crash, -23% kurang dari 6 bulan.

Risiko pasar tersebut dapat diminimalisasi dengan berinvestasi pada I-Hajj Syariah Fund. Telah terbukti bahwa performa I-Hajj Syariah Fund lebih baik dibandingkan indeks konvensional dan Syariah pada periode krisis.

Sebagai contoh, dalam krisis pandemi Covid-19, pasar saham telah tertekan cukup dalam sementara I-Hajj Syariah Fund masih tetap stabil. Hal ini juga terlihat dalam waktu setahun terakhir.

Dalam setahun terakhir, (per 18 September 2023), I-Hajj Syariah Fund membukukan pertumbuhan imbal hasil (return) sebesar 7,02%. Performa Reksa Dana ini mengalahkan indeks Reksa Dana syariah lainnya, yaitu Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah Bareksa yang hanya naik 2,20%.

Di sini lain, Indeks Reksa Dana Saham Syariah dan Indeks Reksa Dana Campuran Syariah dalam setahun terakhir justru turun, dengan kinerja masing-masing minus 7,94% dan minus 1,04%.

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Bagaimana pengelolaan Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund?

Menurut prospektusnya, tujuan reksa dana adalah untuk memberikan imbal hasil maksimal melalui alokasi portofolio I-Hajj Syariah Fund, yang terdiri dari Surat Utang Syariah sesuai dengan persyaratan Efek Syariah.

Adapun kebijakan investasi I-Hajj Syariah Fund adalah dengan mengalokasikan portofolio pada sukuk 40% sampai 100% dari Nilai Aktiva Bersih (NAB). Sementara itu, alokasi pasar uang syariah minimal 0% sampai dengan 60% dari NAB.

Untuk mencapai tujuannya, I-Hajj Syariah Fund berfokus kepada perusahaan dengan kredibilitas tinggi yang memberikan imbal hasil menarik, bersamaan dengan melakukan diversifikasi sektor guna meminimalisasi risiko investasi.

Manajer Investasi memilih untuk berinvestasi pada Sukuk dengan durasi jangka pendek (2-3 tahun), yang memiliki imbal hasil lebih stabil, terukur dan cenderung tidak sensitif terhadap fluktuasi suku bunga.

Dalam mengelola Reksa Dana, fund manager percaya bahwa pasar obligasi tidak efisien. Oleh karena itu, menurut pandangan Insight, cara terbaik untuk memanfaatkan ketidakefisienan itu adalah melalui pendekatan sector-by-sector dan research-oriented.

Kemudian, portfolio obligasi dapat dikelola dengan baik melalui pengintegrasian tiga metode: top down macro analysis, bottom-up sector analysis, dan quantitative insights untuk mengarahkan strategi alokasi. Terakhir, Manajer Investasi mengedepankan pandangan jangka panjang untuk investasi.

Beli I-Hajj Syariah Fund

Isi Portofolio

Insight IM sebagai manajer investasi menganalisis sektor-sektor dan aset yang berkualitas baik. Alokasi sektor ini tercermin dalam portofolio reksa dana, yang saat ini mayoritas berinvestasi di sektor pulp and paper.

Illustration

Sumber: Insight IM

Secara lebih rinci, aset terbesar (top holdings) dalam Reksa Dana Insight I-Hajj Syariah Fund per 31 Agustus 2023 adalah seperti berikut:

  • PT Elnusa Tbk (SIELSA01CN1)
  • PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industri (SMLPPI01B)
  • PT Oki Pulp & Paper Mills (SMOPPM01B)
  • PT Oki Pulp & Paper Mills (SMOPPM01C)
  • PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (SMPTPP01ACN1)
  • PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Tbk (SMPNMP01BCN2)
  • PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (SMINKP02BCN2)
  • PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (SMINKP03ACN1)
  • PT Sampoerna Agro Tbk (SISGRO01BCN2)
  • PT Timah Tbk (SITINS01CN2)

Mengapa Investasi Syariah di Reksa Dana Insight I-Hajj Syariah Fund?

Di samping kinerjanya yang stabil dan secara historis dapat bertahan melewati krisis, Reksa Dana ini juga mengikuti prinsip-prinsip syariah. Sebagai bahan pertimbangan utama, investasi di Reksa Dana syariah aman dari unsur riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maysir (judi).

Pengertian riba adalah pengambilan tambahan dari harta orang lain tanpa adanya imbalan yang dibenarkan syariat. Sementara, gharar adalah ketidakjelasan atau ketidakpastian dalam suatu akad. Maysir adalah transaksi yang mengandung unsur judi.

Selanjutnya, investasi di reksa dana syariah ini juga menanamkan kebaikan pada sesama. Sebab, I-Hajj Syariah Fund memiliki program infaq yang memberangkatkan jamaah Haji atau Umrah bagi orang yang kurang mampu secara ekonomi. Program ini merupakan wujud kepedulian I-Hajj Syariah Fund terhadap sesama umat Muslim.

Kepercayaan investor pada produk reksa dana pendapatan tetap syariah ini cukup besar yang tercermin dari nilai dana kelolaannya. Per Agustus 2023, dana kelolaan Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund sudah mencapai Rp1,9 triliun, sekitar 18 tahun sejak peluncurannya.

Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund sudah tersedia di super app Bareksa, termasuk di fitur Bareksa Umroh, dan bisa dibeli dengan modal mulai Rp100.000.

Beli I-Hajj Syariah Fund

Promo Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund

Buat Smart Investor yang membeli Reksa Dana Insight Investments Management, termasuk I-Hajj Syariah Fund, di Bareksa berkesempatan mendapatkan hadiah voucher reksa dana senilai Rp50.000. Hadiah hanya untuk 250 investor tercepat saja.

Tertarik? Caranya mudah, cukup beli Reksa Dana Insight Investments Management di Bareksa senilai minimal Rp1 juta menggunakan kode promo 1STIHAJJ .

Baca juga syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo Insight IM di Bareksa

1. Periode promo tanggal 21 September 2023 pukul 09.00 WIB - 20 Oktober 2023 pukul 23.59 WIB

2. Promo berlaku KHUSUS untuk pembelian produk Reksa Dana INSIGHT AM apa saja dengan memilih kode promo: 1STIHAJJ

3. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

5. Investor dengan pembelian tercepat melakukan transaksi berhak memenangkan hadiah sesuai dengan kuota yang akan dibagikan selambatnya 20 hari kerja setelah pengumuman pemenang

6. Reksadana yang telah dibeli menggunakan kode promo tidak akan dihitung dalam penilaian program promosi apabila dijual sebelum batas waktu pengumuman pemenang

7. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 25 Januari 2024 melalui media sosial dan email Bareksa.

8. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

9. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo beli Reksa Dana Insight I-Hajj Syariah Fund di Bareksa dan raih hadiahnya!

Beli Reksadana Insight IM


(ADV | hm)

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,36

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,74%
Up17,31%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.326,18

Up0,93%
Up4,25%
Up0,03%
Up5,89%
Up18,89%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,85

Up0,48%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,39%
Up64,87%

I-Hajj Syariah Fund

4.822,06

Up0,51%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,14%
Up21,89%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,38

Up0,49%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,93%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua