BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Saudi Imbau Umroh Pakai Agen Berlisensi, Ini 7 Reksadana Syariah Untuk Tabungan ke Tanah Suci

Hanum Kusuma Dewi18 Agustus 2023
Tags:
Saudi Imbau Umroh Pakai Agen Berlisensi, Ini 7 Reksadana Syariah Untuk Tabungan ke Tanah Suci
Ilustrasi sepasang suami istri yang bersiap berangkat umroh dari hasil menabung di reksadana syariah di BareksaUmroh. (Shutterstock)

Tabungan Umroh di Bareksa Umroh fleksibel karena tidak mengikat pada pembelian paket

Bareksa.com - Bisa menjalankan haji kecil atau ibadah umroh, menjadi impian seluruh umat Islam seluruh dunia selain ibadah haji. Selain perlu persiapan mental dan fisik, juga dibutuhkan modal dan serta memilih penyelenggara umroh. Nah, ulasan berikut semoga bisa membantu kamu yang ingin mewujudkan ibadah umroh.

Pemerintah Arab Saudi, seperti dilansir Republika, menyarankan umat Muslim yang berencana umroh, untuk tidak berurusan dengan agen yang tidak berlisensi atau tidak berizin. Tapi sebaliknya, "berurusan dengan perusahaan berlisensi menjamin hak Anda," kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi, berbicara kepada calon jamaah, seperti dilansir Gulf News, Rabu (16/8/2023).

Untuk memastikan perusahaan penyelenggara umroh terdaftar atau tidak, Arab Saudi menyarankan untuk masuk ke situs webnya dan memeriksa daftar agen berlisensi di negara asal mereka melalui tautan https://eservices.haj.gov.sa. Disebutkan bahwa Arab Saudi mengharapkan sekitar 10 juta Muslim dari luar negeri untuk melakukan umroh selama musim ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Musim umroh sendiri telah dimulai beberapa pekan yang lalu, bertepatan dengan dimulainya tahun baru Hijriah Islam. Seperti dilansir Republika, umat Muslim yang tidak mampu secara fisik atau finansial untuk menunaikan ibadah haji, pergi ke Arab Saudi untuk melakukan umroh di Masjidil Haram, tempat suci umat Islam di Makkah.

Fasilitas Umroh

Terkait penyelenggaraan umroh, dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi telah meluncurkan sejumlah fasilitas bagi Muslim luar negeri untuk datang ke negara itu untuk melakukan umroh. Umat Islam yang memegang berbagai jenis visa masuk seperti visa pribadi, kunjungan dan turis diizinkan untuk melakukan umroh dan mengunjungi Al Rawda Al Sharifa, di mana makam Nabi Muhammad SAW terletak di Masjid Nabawi di Madinah setelah memesan e -janji temu.

Saat bersamaan, Otoritas Saudi telah memperpanjang visa umroh dari 30 hari menjadi 90 hari serta, mengizinkan pemegangnya untuk memasuki kerajaan melalui semua outlet darat, udara dan laut dan berangkat dari bandara manapun.

Mulai Tabungan Umroh, Klik di Sini

Reksadana Syariah Pilihan

Untuk kamu yang berniat menjalankan ibadah umroh, Bareksa menyediakan fitur Bareksa Umroh. Tabungan Umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah. Tersedia reksadana yang hanya berinvestasi di efek keuangan sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, namun tetap terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melalui fitur Bareksa Umroh, kamu sebagai investor bisa tentukan sendiri besaran nominal Tabungan Umroh per bulan selain paket umroh yang dikehendaki. Adapun reksadana yang tersedia untuk nabung umroh adalah reksadana pasar uang syariah dan reksadana pendapatan tetap syariah.

Saat ini, ada tujuh produk reksadana syariah yang bisa kamu pilih sebagai Tabungan Umroh di Bareksa Umroh, yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Sucorinvest Sharia Money Market Fund, Trimegah Kas Syariah, Bahana Likuid Syariah Kelas G, Trimegah Dana Tetap Syariah, dan Capital Sharia Fixed Income (CSFI).

Illustration

Sumber: Bareksa

Setahun terakhir (per 15/8/2023), keenam reksadana syariah tersebut mencatatkan imbal hasil hingga 7,32%. Perlu dicatat, imbal hasil reksadana syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu, besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Keunggulan Bareksa Umroh

Tapi mengapa nabung dan berangkat umroh dengan Bareksa Umroh? Dengan Bareksa Umroh, kamu bisa mengapai mimpi untuk pergi umroh tanpa utang dan cara yang 100% halal. Berikut sejumlah keunggulan menabung reksadana syariah di Bareksa Umroh untuk Tabungan Umroh.

Pasti Aman

Uang tabungan kamu akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa.

Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke Tanah Air.

Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

Fleksibel & Potensi Imbal Hasil

Top up tabungan tidak mengikat, kamu bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabunganmu berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Bagaimana, makin mantap berangkat ke Tanah Suci? Pastikan jenis dan produk investasi untuk Tabungan Umroh sesuai dengan profil risikomu ya.

Mulai Nabung Umroh dengan Reksadana Syariah

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,56

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,42%
Up18,15%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,33

Up0,60%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,27%
Up43,79%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,67

Down- 0,86%
Up3,27%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,25%
Up46,68%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,85

Down- 0,43%
Up1,59%
Up0,01%
Up2,67%
Down- 2,39%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,13

Up0,54%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua