BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

MAMI: Potensi Sektor Saham dan Strategi Investasi Optimal di Reksadana dengan Risiko Terkendali

Hanum Kusuma Dewi19 Juni 2023
Tags:
MAMI: Potensi Sektor Saham dan Strategi Investasi Optimal di Reksadana dengan Risiko Terkendali
Ilustrasi prediksi pasar saham di 2023 yang berpotensi naik dan mendorong kinerja investasi reksadana saham. (Shutterstock)

Sektor yang berpotensi termasuk keuangan, bahan baku, telekomunikasi dan kebutuhan konsumen

Bareksa.com - Sebagian besar pasar percaya bahwa situasi pasar keuangan akan berangsur menjadi lebih positif menjelang akhir tahun. Berikut ulasan khususnya mengenai pasar saham serta potensinya yang bisa menjadi bagian pertimbangan investor dalam menentukan strategi investasi, termasuk di reksadana.

Berikut penjelasan dari Caroline Rusli, CFA – Senior Portfolio Manager, Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) dalam ulasan pasar saham - Seeking Alpha Edisi Juni 2023 dari Manulife Aset Manajemen Indonesia, Minggu (18/6/2023).

Latar Belakang Pasar Global pada Paruh Kedua 2023

Promo Terbaru di Bareksa

"Kami memiliki pandangan bahwa volatilitas pasar akan cenderung tinggi selama paruh pertama dan beralih menjadi lebih positif menjelang akhir tahun terutama ketika The Fed sudah mencapai puncak suku bunganya," kata Caroline.

Setidaknya ada beberapa tema utama global yang akan cukup menonjol di paruh kedua yaitu:

  • Mayoritas bank sentral dunia telah mencapai puncak suku bunga. Menurutnya, seiring dengan meredanya inflasi global ke depannya perhatian akan beralih menjadi kapan bank sentral dapat mulai memangkas suku bunga guna mendorong perekonomian.
  • Periode pemangkasan diperkirakan akan berbeda-beda di tiap negara, bergantung pada dinamika kondisi ekonomi dan mandat bank sentral di masing-masing negara.
  • Tekanan pada ekonomi Amerika Serikat semakin terasa. Caroline menjelaskan bahwa ada beberapa indikator ekonomi menunjukkan tekanan di berbagai sektor, bahkan indeks keyakinan dunia usaha sudah di posisi lebih rendah dari periode pandemi.
  • Konsensus memperkirakan akan terjadi resesi di paruh kedua, namun resesi yang terjadi diperkirakan ringan karena masih tertopang oleh konsumsi masyarakat dan sektor tenaga kerja yang relatif kuat.

Suku bunga bukan satu-satunya alat yang digunakan The Fed dalam memitigasi volatilitas pasar. Menurut Caroline, meningkatnya volatilitas di sektor keuangan tidak serta merta membuat The Fed untuk menurunkan suku bunga, mereka memiliki ‘alat’ lain untuk memitigasi kondisi di luar risiko sistemik apalagi melihat inflasi di sektor jasa yang masih cukup persisten.

Perbedaan pertumbuhan ekonomi Asia dengan negara maju akan semakin mencolok. Caroline menjelaskan bahwa pulihnya aktivitas domestik dan meningkatnya perdagangan intra-Asia menjadi bantalan bagi ekonomi Asia di tengah melambatnya permintaan dari kawasan negara maju. Inflasi Asia yang lebih rendah memberi ruang kebijakan bank sentral untuk menopang ekonomi.

Pasar Domestik Paruh Kedua 2023

Di sisi lain Caroline menjelaskan mengenai pasar domestik di paruh kedua tahun 2023, yang menurutnya di tengah kondisi global yang masih tidak menentu, Indonesia menawarkan stabilitas dan kondisi perekonomian yang terjaga baik.

Ia menyampaikan bahwa outlook pasar keuangan Indonesia diharapkan akan menjadi semakin positif didukung oleh beberapa tema utama di paruh kedua yaitu:

  • Terbukanya ruang penyesuaian suku bunga. Setelah selama paruh pertama kebijakan moneter cenderung berfokus pada stabilitas, di paruh kedua peluang penyesuaian kebijakan yang lebih akomodatif terbuka seiring dengan suku bunga The Fed memuncak, inflasi mereda, selisih suku bunga riil tinggi dan nilai tukar Rupiah yang kuat. ​
    Perkembangan inflasi domestik dari kegiatan yang berkaitan dengan pemilu, serta perkembangan inflasi AS menjadi faktor yang mempengaruhi lintasan kebijakan moneter BI.
  • Potensi defisit fiskal dan pembiayaan pemerintah yang lebih baik. Didukung pendapatan yang kuat, surplus anggaran Indonesia sepanjang empat bulan pertama di tahun ini melebar ke rekor tertinggi sebesar 1,1% dari PDB. Perkiraan defisit anggaran tahun ini yang lebih rendah berpotensi mengurangi penerbitan obligasi.
  • Kerentanan eksternal yang relatif lebih rendah. Disiplin fiskal dan pasar domestik yang besar mengurangi kerentanan Indonesia terhadap perubahan eksternal. Deglobalisasi dan polarisasi dunia menguntungkan negara dengan situasi geopolitik yang relatif stabil seperti Indonesia. Meningkatnya perhatian pada aspek lingkungan, sosial dan tata kelola menguntungkan Indonesia sebagai bagian dari rantai pasokan energi terbarukan.

Outlook Pasar Saham Indonesia

Sayangnya, pandangan yang lebih positif terhadap ekonomi Indonesia belum tercermin pada kinerja pasar saham di tahun ini karena kurangnya apresiasi dari investor domestik. Menurut Caroline terhadap outlook pasar saham Indonesia, kondisi inilah yang menyebabkan pergerakan pasar saham menjadi ‘lesu’.

Malah, ia melanjutkan kalau investor asing justru memiliki optimisme yang lebih baik pada pasar saham Indonesia terlihat dari arus masuk yang cukup konsisten bahkan ketika terjadi guncangan di pasar keuangan global.

"Di paruh kedua kami mengharapkan sentimen pasar akan beralih menjadi lebih positif didukung oleh faktor seperti profitabilitas perusahaan yang baik ±67% dari perusahaan yang merilis kinerja keuangan kuartal pertama berhasil memenuhi dan mengalahkan ekspektasi konsensus sehingga membuka peluang kenaikan earnings di tahun ini, valuasi pasar saham yang relatif rendah dan meningkatnya aktivitas domestik terkait belanja pemilu menjelang akhir tahun," papar Caroline.

Strategi Investasi dan Sektor Unggulan

Lalu strategi investasi apa yang diterapkan guna mengkapitalisasi kondisi fundamental Indonesia yang baik?

Dengan latar belakang kondisi makro yang kuat dan penyelenggaraan pemilu di tahun 2024, MAMI memiliki pandangan yang positif terhadap beberapa sektor:

  • Financials (Keuangan). Terutama pada bank besar di mana pertumbuhan profitabilitasnya masih kuat didukung oleh kondisi likuiditas yang terus membaik (menekan cost of fund) dan pertumbuhan kredit yang sehat. Masalah yang terjadi pada perbankan di Amerika Serikat dan Eropa turut meningkatkan daya tarik sektor perbankan Indonesia yang menawarkan fundamental baik, pergeseran arus investasi ini menjadi salah satu penyebab dari all time high beberapa emiten bank besar Indonesia.
  • Communication services (Telekomunikasi). Sektor ini berpotensi diuntungkan dari aliran dana kampanye lewat meningkatnya belanja masyarakat akan pulsa.
  • Consumer staples (Kebutuhan Konsumen). MAMI menantikan katalis yang lebih positif di sektor ini ketika belanja pemerintah dan aliran dana kampanye mulai terdistribusi secara masif. Laporan keuangan kuartal pertama menunjukkan kinerja yang cukup berbeda antara perusahaan yang menargetkan konsumen menengah ke atas dan menengah ke bawah. Perusahaan yang menargetkan menengah ke atas kinerja penjualan dan profitnya menguat, sedangkan yang menengah ke bawah terlihat trading down ke barang yang lebih rendah harganya, sehingga penjualan dan profit cenderung lebih melemah.
  • Materials (Bahan Baku). Yang menjadi bagian dari rantai pasokan Energi Baru dan Terbarukan dengan preferensi eksposur pada emiten yang lebih banyak mendapatkan kontribusi pendapatan dari upstream dibandingkan downstream, karena situasi oversupply smelter yang akan terus bertambah dalam beberapa tahun ini.

"Di samping itu kami juga terus mencermati likuiditas dan volatilitas untuk memastikan pengelolaan investasi memberikan hasil optimal dengan risiko yang terkendali," kata Caroline.

​​Beli Reksadana Sekarang, Klik di Sini​

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.770,88

Up0,60%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,21%
Up44,78%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,39

Up0,21%
Up3,42%
Up0,02%
Up5,59%
Up18,30%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,76

Down- 0,87%
Up2,76%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,27%
Up46,70%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,68

Up0,01%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,07%
Down- 2,20%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,51

Up0,52%
Up3,55%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua