BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Top 5 Reksadana Pendapatan Tetap Juara Dana Kelolaan Desember 2022

Hanum Kusuma Dewi16 Januari 2023
Tags:
Top 5 Reksadana Pendapatan Tetap Juara Dana Kelolaan Desember 2022
Ilustrasi pengelolaan reksadana pendapatan tetap. (Shutterstock)

Sucorinvest Sharia Sukuk Fund yang juga tersedia di Bareksa, kembali tumbuh paling besar secara bulanan dan tahunan

Bareksa.com - Bagi kamu yang sedang mencari produk investasi untuk tujuan investasi jangka menengah, bisa mempertimbangkan reksadana pendapatan tetap. Tapi, produk reksadana pendapatan tetap apa saja yang bisa dipilih?

Adapun reksadana pendapatan tetap, seperti dilansir laman resmi Schroder Indonesia, adalah reksadana yang berinvestasi minimum 80% di instrumen pendapatan tetap. Instrumen dimaksud antara lain surat utang obligasi dan sukuk yang jatuh temponya lebih dari satu tahun.

Reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang. Meski begitu, reksadana ini memberikan potensi hasil investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan deposito.

Promo Terbaru di Bareksa

Makanya, reksadana pendapatan tetap disebut-sebut sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko konservatif – moderat untuk tujuan jangka menengah sekitar 1 tahun hingga 3 tahun. Reksadana ini juga sering dijadikan sebagai pilihan investasi oleh investor dengan profil risiko yang lebih tinggi sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham mengalami ketidakpastian.

Bagi investor pemula, perlu mengetahui bahwa dalam memilih reksadana, nilai dana kelolaan atau asset under management (AUM) bisa jadi satu pertimbangan. Alasannya, dana kelolaan mencerminkan kepercayaan investor pada produk reksadana tersebut. Tapi perlu juga diketahui kalau, AUM besar tidak selalu berkorelasi dengan kinerja reksadana.

Baca juga Kelolaan Reksadana Pendapatan Tetap Rp144,88 T, Ini Top 5 Manajer Investasi Desember 2022

5 Reksadana Pendapatan Tetap Terbesar

Produk reksadana apa saja yang mencatatkan dana kelolaan terbesar? Berikut daftar produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada Desember 2022 :

1. Danamas Stabil

Danamas Stabil dari Sinarmas Asset Management tercatat bertahan menempati posisi puncak daftar reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada Desember 2022. Danamas Stabil mencatatkan dana kelolaan Rp16,26 triliun pada Desember 2022, tumbuh 56% sepanjang tahun berjalan/YTD dan 2% secara bulanan/MOM.

2. Sucorinvest Stable Fund

Reksadana kelolaan Sucr Asset Management ini tercatat juga bertahan mengisi posisi kedua produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada bulan lalu. Dana kelolaan Sucorinvest Stable Fund tercatat Rp13,78 triliun pada bulan lalu, tumbuh 81% sepanjang tahun berjalan/YTD.

3. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Reksadana kelolaan Eastspring Investments Indonesia inni bertahan menempati peringkat jadi posisi ketiga, dengan dana kelolaan Rp5,62 triliun pada Desember 2022. Pada bulan lalu, Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A tumbuh 1% secara bulanan.

4. BNP Paribas Obligasi Kejora

BNP Paribas Obligasi Kejora berhasil naik satu peringkat jadi menempati posisi ke-4 reksadana fixed income fund dengan kelolaan terbesar pada Desember 2022, yaitu Rp4,57 triliun. Kelolaan BNP Paribas Obligasi Kejora naik 132% secara YTD dan 5% secara MOM.

5. Manulife Pendapatan Bulanan II

Sementara Manulife Pendapatan Bulanan II turun satu peringkat jadi menempati posisi kelima sebagai produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar. Dana kelolaan produk yang dikelola Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) ini per akhir Desember 2022, tercatat Rp4,19 triliun.

Daftar Top 20 Reksadana Pendapatan Tetap Kelolaan Terbesar Desember 2022

Illustration


Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report Desember 2022

Di sisi lain produk reksadana pendapatan tetap yang berhasil tumbuh tertinggi baik secara YTD dan MOM pada bulan lalu, kembali berhasil diisi Sucorinvest Sharia Sukuk Fund.

Perlu diketahui bahwa dari daftar top 20 produk reksadana pendapatan tetap terbesar nasional, ada 8 produk yang tersedia di Bareksa. Produk tersebut yaitu: Sucorinvest Sharia Sukuk Fund, Sucorinvest Stable Fund, Syailendra Pendapatan Tetap Premium, Manulife Pendapatan Bulanan II, Manulife Obligasi Negara Indonesia, Schroder Dana Mantap Plus II, Mandiri Investa Dana Utama, dan Batavia Dana Obligasi Ultima.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report December 2022. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

Segera Investasi di Reksadana Sekarang, Klik di Sini

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.749,24

Up0,53%
Up3,45%
Up0,01%
Up7,66%
Up17,60%
Up43,73%

I-Hajj Syariah Fund

4.756,82

Up0,49%
Up2,75%
Up0,01%
Up6,48%
Up22,09%
Up40,55%

STAR Stable Income Fund

1.900,35

Up0,48%
Up2,81%
Up0,01%
Up6,45%
Up30,08%
Up61,96%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.755,31

Up0,53%
Up2,15%
Up0,01%
Up5,53%
Up20,17%
Up50,06%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,22

Up0,38%
Up1,53%
Up0,01%
Up2,50%
Down- 3,31%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua