BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Top 5 Produk Reksadana Pendapatan Tetap Juara Dana Kelolaan Februari 2023

Abdul Malik15 Maret 2023
Tags:
Top 5 Produk Reksadana Pendapatan Tetap Juara Dana Kelolaan Februari 2023
Ilustrasi kinerja reksadana pendapatan tetap terbaik yang digambarkan dengan bintang lima dan seorang investor memegang handphone. (Shutterstock)

Syailendra Pendapatan Tetap Premium kembali jadi produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan tumbuh tertinggi

Bareksa.com - Reksadana pendapatan tetap bisa Kamu pertimbangkan jika sedang mencari produk investasi untuk tujuan jangka menengah. Sebab, reksadana jenis ini memiliki risiko fluktuasi cukup moderat dengan potensi imbal hasil optimal, terlebih di tengah gejolak pasar modal saat ini.

Melansir laman Schroder Indonesia, reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang berinvestasi minimum 80% di instrumen pendapatan tetap. Instrumen itu antara lain surat utang (obligasi) dan sukuk yang jatuh temponya lebih dari satu tahun.

Reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang. Meski begitu, reksadana ini memberikan potensi imbal hasil investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan deposito.

Promo Terbaru di Bareksa

Makanya tidak heran kalau reksadana pendapatan tetap sesuai buat investor yang memiliki profil risiko konservatif – moderat untuk tujuan jangka menengah 1 - 3 tahun. Reksadana pendapatan tetap juga sering dijadikan sebagai pilihan investasi oleh investor dengan profil risiko yang lebih tinggi sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham mengalami ketidakpastian.

Lantas kira-kira produk reksadana pendapatan tetap apa saja yang mencatatkan dana kelolaan terbesar pada Februari 2023? Perlu diingat, besarnya dana kelolaan atau asset under management (AUM) tidak selalu berkorelasi dengan kinerja produk reksadana bersangkutan.

Investasi di Reksadana Sekarang, Klik di Sini

5 Reksadana Pendapatan Tetap Juara Dana Kelolaan Februari 2023

Bareksa mencatat 5 dari 20 produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada Februari 2023, masih ditempati produk-produk yang sama seperti bulan sebelumnya. Berikut daftarnya :

1. Danamas Stabil

Danamas Stabil, reksadana pendapatan tetap kelolaan Sinarmas Asset Management kembali mengisi posisi puncak daftar reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar. Danamas Stabil mencatatkan dana kelolaan Rp16,57 triliun pada Februari 2023.

2. Sucorinvest Stable Fund

Posisi kedua produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar juga masih diisi Sucorinvest Stable Fund dari Sucor Asset Management. Dana kelolaan Sucorinvest Stable Fund tercatat Rp10,51 triliun.

3. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A juga tercatat bertahan menempati peringkat ketiga, dengan dana kelolaan Rp5,64 triliun pada bulan lalu.

4. BNP Paribas Obligasi Kejora

Posisi keempat juga masih ditempati oleh BNP Paribas Obligasi Kejora dengan dana kelolaan Rp4,82 triliun.

5. Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A

Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A juga tercatat bertahan mengisi posisi kelima produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar. Dana kelolaan produk yang dikelola Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) ini pada Februari 2023 tercatat Rp4,22 triliun.

Investasi di Reksadana Sekarang, Klik di Sini

Top 20 Reksadana Pendapatan Tetap Dana Kelolaan Terbesar Februari 2023

Illustration

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report February 2023

Investasi di Reksadana Sekarang, Klik di Sini

​Syailendra Pendapatan Tetap Premium Kembali Tumbuh Tertinggi

Sementara itu, produk reksadana pendapatan tetap yang dana kelolaannya berhasil tumbuh tertinggi pada Februari 2023 kembali dibukukan Syailendra Pendapatan Tetap Premium. Dana kelolaan Syailendra Pendapatan Tetap Premium tumbuh 156% sepanjang 2 bulan pertama di 2023 dan naik 50% secara bulanan pada bulan lalu.

Syailendra Pendapatan Tetap Premium tercatat berhasil naik empat peringkat dibandingkan bulan sebelumya, jadi di posisi keenam dalam daftar produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar Februari 2023. Dana kelolaan Syailendra Pendapatan Tetap Premium tercatat Rp4,21 triliun.

Di sisi lain dari daftar 20 produk reksadana pendapatan tetap terbesar dengan dana kelolaan terbesar tersebut, ada di antaranya yang tersedia di super app Bareksa. Produk tersebut antara lain yaitu Sucorinvest Sharia Sukuk Fund, Sucorinvest Stable Fund, Syailendra Pendapatan Tetap Premium, Manulife Pendapatan Bulanan II, Manulife Obligasi Negara Indonesia, Schroder Dana Mantap Plus II, Mandiri Investa Dana Utama dan Batavia Dana Obligasi Ultima.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report February 2023. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

Investasi di Reksadana Sekarang, Klik di Sini

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,97

Up0,14%
Up3,53%
Up0,02%
Up5,80%
Up18,28%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,1

Up0,58%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,30%
Up17,22%
Up43,04%

STAR Stable Income Fund

1.917,09

Up0,55%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,32%
Up30,69%
Up60,37%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,73

Down- 0,48%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,37%
Up18,74%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,26

Down- 0,27%
Up1,73%
Up0,01%
Up2,63%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua