Top 5 Reksadana Pendapatan Tetap Juara Dana Kelolaan Agustus 2022

Posisi pertama produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan terbesar masih ditempati Sucorinvest Stable Fund
Hanum Kusuma Dewi • 14 Sep 2022
cover

Ilustrasi top 5 produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan terbesar. (Shutterstock) (shutterstock)

Bareksa.com - Smart Investor sedang mencari produk investasi untuk tujuan jangka menengah? Jika iya, reksadana pendapatan tetap dapat dipertimbangkan. 

Melansir laman resmi Schroder Indonesia, reksadana pendapatan tetap adalahreksadana yang berinvestasi minimum 80 persen di instrumen pendapatan tetap. Instrumen dimaksud antara lain surat utang obligasi, sukuk yang jatuh temponya lebih dari satu tahun.

Reksadana pendapatan tetap memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang. Walau demikian, reksadana ini memberikan potensi hasil investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan deposito.

Makanya tak heran kalau reksadana pendapatan tetap disebut-sebut sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko konservatif – moderat untuk tujuan jangka menengah sekitar 1 tahun hingga 3 tahun. Reksadana ini juga sering dijadikan sebagai pilihan investasi oleh investor dengan profil risiko yang lebih tinggi sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham mengalami ketidakpastian.

Dalam memilih reksadana, nilai dana kelolaan atau asset under management (AUM) bisa jadi satu pertimbangan, karena mencerminkan kepercayaan investor pada produk reksadana tersebut. Namun, AUM besar tidak selalu berkorelasi dengan kinerja reksadana. 

Baca juga Kelolaan Fixed Income Fund Capai Rp158,25 Triliun, Ini 5 Manajer Investasi Jawara Agustus 2022

5 Reksadana Pendapatan Tetap Dana Kelolaan Terbesar

Lalu, produk reksadana apa saja yang mencatatkan dana kelolaan terbesar? Berikut daftar produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada Agustus 2022 :

1. Sucorinvest Stable Fund

Posisi puncak produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar masih ditempati Sucorinvest Stable Fund. Dana kelolaan Sucorinvest Stable Fund, produk reksadana kelolaan Sucor Asset Management ini tercatat Rp15,78 triliun pada bulan lalu, meroket 107% sepanjang tahun berjalan/YTD dan 11% secara bulanan/MOM.

2. Danamas Stabil

Danamas Stabil dari Sinarmas Asset Management juga tercatat bertahan pada posisi ke-2 dalam daftar reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada bulan lalu. Danamas Stabil mencatatkan dana kelolaan Rp13,78 triliun pada Agustus 2022, tumbuh 32% sepanjang tahun berjalan dan 8% secara bulanan.

3. Manulife Pendapatan Bulanan II

Sementara Manulife Pendapatan Bulanan II, bertahan di posisi 3 pada Agustus 2022 sebagai produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar. Dana kelolaan Manulife Pendapatan Bulanan II akhir bulan lalu tercatat Rp9,69 triliun, tumbuh 13% sepanjang tahun berjalan dan naik 9% secara bulanan.

4. Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara

Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara berhasil naik satu peringkat jadi menempati posisi 4 dengan kelolaan terbesar, yaitu Rp5,54 triliun, tumbuh 3% secara bulanan.

5. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Selanjutnya ada reksadana pendapatan tetap Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A yang turun satu peringkat jadi posisi ke-5, dengan dana kelolaan Rp5,41 triliun pada Agustus 2022. Pada bulan lalu, Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A tumbuh paling besar baik sepanjang tahun berjalan 7860%.

Daftar Top 20 Reksadana Pendapatan Tetap Kelolaan Terbesar Agustus 2022

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report August 2022

Perlu diketahui bahwa dari daftar top 20 produk reksadana pendapatan tetap terbesar nasional, 6 di antaranya tersedia di Bareksa, yaitu Sucorinvest Stable Fund, Manulife Pendapatan Bulanan II, Manulife Obligasi Negara Indonesia, Schroder Dana Mantap Plus II, Mandiri Investa Dana Utama dan Batavia Dana Obligasi Ultima.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report August 2022. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

Baca juga Promo Top Investment: Beli Reksadana Berhadiah iPhone hingga Voucher Rp1 Juta

(Martina Priyanti/Tim Data/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.