Reksadana Mengatasi 3 Keterbatasan Masyarakat dalam Investasi

Ibaratnya kita hanya tinggal duduk manis, dan biarkan uang bekerja untuk kita dengan menghasilkan return lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito
Abdul Malik • 18 Jan 2022
cover

Ilustrasi investor sedang menggunakan aplikasi Bareksa di smartphone untuk melakukan transaksi reksadana secara online. (Bareksa)

Bareksa.com - Di tengah peningkatan literasi keuangan masyarakat akan investasi yang terus berkembang, banyak sekali opsi yang dapat dipilih. Salah satu yang cukup populer adalah reksadana yang terkenal ramah untuk investor pemula.

Para investor, terlebih mereka yang merasa minim pengetahuan akan investasi merasakan bahwa investasi reksadana ini mudah dilakukan karena dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI).

Jika digambarkan, investasi reksadana itu ibaratnya kita hanya tinggal duduk manis, dan biarkan uang bekerja untuk kita dan menghasilkan return atau imbal hasil lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito. Lebih dari sekadar mudah, pada dasarnya investasi reksadana mampu mengatasi 3 keterbatasan yang dimiliki kebanyakan investor.

1.  Waktu

Di era globalisasi teknologi yang menuntut semuanya serba cepat, membuat banyak investor mungkin tidak punya cukup waktu untuk mendalami pengetahuan dirinya akan produk investasi.

Oleh sebab itu, reksadana bisa menjadi jawaban akan keterbatasan waktu yang dimiliki investor. Dengan berinvestasi reksadana, investor tidak perlu repot-repot untuk menyisihkan waktu banyak dalam mengelola investasinya.

2.  Dana

Saat ini, investasi reksadana menjadi pilihan banyak orang salah satunya dikarenakan modal awal yang diperlukan tergolong sangat rendah jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Bayangkan saja, hanya dengan Rp100.000 saja kita sudah bisa merasakan manfaat dari investasi reksadana, sehingga siapa pun tentu sudah bisa memulai investasi produk ini.

3.  Informasi

Pekerjaan yang menyibukkan sehari-hari mungkin membuat sebagian investor tidak memiliki akses informasi yang lengkap akan produk investasi. Namun dengan berinvestasi reksadana, hal tersebut bisa teratasi mengingat dana kita dikelola oleh pihak profesional yang memang pekerjaan sehari-harinya memantau perkembangan ekonomi dan pasar keuangan global maupun domestik.

Saat ini, untuk membeli reksadana sangat mudah. Anda bisa membelinya di beberapa pilihan tempat, salah satunya APERD atau Agen Penjual Reksadana, seperti Bareksa.

Bareksa adalah marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Reksadana dari Otoritas Jasa Keuangan sejak 2016.

Marketplace Bareksa menjual produk reksadana terlengkap dari manajer investasi yang terpercaya di Indonesia dan menguasai pangsa pasar jumlah investor reksadana di Indonesia.

Selain menjual produk reksadana,Bareksa juga merupakan salah satu mitra distribusi yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Bareksa juga menyediakan transaksi jual beli emas secara online.

Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umum, Bareksa menyediakan berbagai layanan informasi seperti: data market, konten, riset, analisis, berita, dan lainnya. Bareksa kini telah tersedia dalam aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.