Smart Investor, Yuk Pahami 5 Poin Penting dalam Fund Fact Sheet Reksadana

Fund fact sheet adalah laporan produk reksadana yang diterbitkan manajer investasi terkait kinerja produk reksadana, informasi portofolio dan jumlah dana kelolaannya
Abdul Malik • 17 Sep 2021
cover

Ilustrasi perempuan investor yang sedang membaca fund fact sheet untuk memantau kinerja investasinya di reksadana. (Shutterstock)

Bareksa.com - Sebagian investor mungkin menganggap reksadana adalah suatu kegiatan investasi yang mudah.

Mengapa? Karena dengan hanya dengan rebahan saja kita berpotensi mendulang cuan jika tepat dalam memilih produknya, karena telah dikelola oleh pihak yang profesional di bidangnya.

Banyaknya produk reksadana yang ditawarkan ke publik, tentu membuat investor khususnya yang masih awam kebingungan untuk memilih produk mana yang tepat untuk dirinya. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyeleksinya adalah dengan membaca fund fact sheet reksadana

Secara garis besar, fund fact sheet atau lembar fakta reksadana adalah laporan produk reksadana yang diterbitkan manajer investasi terkait kinerja produk reksadana, informasi portofolio dan jumlah dana kelolaannya. Banyaknya informasi dalam selembar laporan ini memaksa kamu untuk memahaminya agar tepat memilih produk reksadana

Secara umum, fund fact sheet hanya berisi 1 halaman yang berisi ringkasan terkait :

• Profil singkat dan perkembangan aset yang dikelola oleh manajer investasi

• Tujuan dan kebijakan (alokasi aset) reksadana

• Garis besar komposisi portofolio pada akhir periode pelaporan

• Kepatuhan manajer investasi terhadap kebijakan investasi

• Penempatan terbesar (5 top holding) oleh reksadana

• Perkembangan kinerja historis portofolio reksadana

• Perbandingan kinejra reksadana dengan benchmark (tolok ukur).

• Informasi dana kelolaan reksadana, NAB/UP, dan biaya-biaya

Terlihat cukup padat ya. Tapi, memahami fund fact sheet memang sangat penting untuk para investor reksadana. Sebab, fund fact sheet reksadana bisa disebut sebagai buku petunjuk atau manual book.

Jangan meremehkan petunjuk ini karena berkaitan dengan dana yang akan kita investasikan. Pastikan produk reksadana yang kita pilih sesuai dengan tujuan keuangan dan tujuan investasi kita.

Biasanya, fund fact sheet merupakan bagian dari laporan reksadana meliputi kinerja dan operasional. Kamu bisa mengaksesnya lewat situs resmi manajer investasi, atau jika melalui Bareksa bisa diakses melalui bagian ini.

Contoh fund fact sheet di suatu produk reksadana di Bareksa

Sumber: Bareksa

Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang, mengetahui cara baca fund fact sheet akan membantu kamu mengenal produk yang akan kamu beli. Aktivitas ini sangat disarankan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar investasi kamu tidak seperti membeli kucing dalam karung

Hal utama yang perlu kamu pastikan saat membuka fund fact sheet adalah kesesuaiannya dengan tujuan investasi kamu. Pastikan juga bahwa risikonya bisa mengakomodasi profil risiko kamu.

Contoh fund fact sheet reksadana

Sumber : fund fact sheet reksadana campuran Syailendra Balanced Opportunity Fund

Adapun 5 poin lain yang perlu diperhatikan dalam fund fact sheet reksadana yaitu :

1. Nilai aktiva bersih (NAB)

Biasanya disebut sebagai harga reksadana, yang dihitung tiap hari atau tiap periode tertentu berdasarkan harga pasar atas aset dalam portofolio.

2. Unit penyertaan

Nilai satuan reksadana dalam hitungan per unit yang mengacu pada tingkat penjualan atau pembelian reksadana tertentu.

3. Kinerja reksadana

Kamu bisa melihat kinerja reksadana secara historis dalam periode tertentu, misal 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, tahun kalender (year to date), atau sejak reksadana tersebut diluncurkan.

4. Kinerja pembanding

Agar kamu lebih mudah membandingkan produk satu dengan lainnya, biasanya MI membuat benchmark dalam fund fact sheet untuk mengetahui bagaimana kinerja produk kamu dibanding produk lain yang sejenis.

5. Alokasi investasi dan portofolio

Inilah poin yang paling penting kamu perhatikan. Informasi ini menampilkan proporsi pengelolaan dana dalam berbagai instrumen dan efek tertentu. Kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan investasi dan profil risiko kamu.

Kini smart investor makin paham apa saja poin penting dalam fund fact sheetreksadana bukan?

Perlu diingat, apapun produk investasi pilihan kamu, selalu pastikan untuk sesuai dengan tujuan, jangka waktu investasi serta profil risiko kamu ya!

(KA01/Arief Budiman/AM) 

​​***

​​​Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.