Kelolaan Reksadana Saham Juli 2021 Kembali Turun Jadi Rp137,7 Triliun

Meski begitu, secara tahunan dana kelolaan reksadana saham masih tumbuh 20 persen
Abdul Malik • 19 Aug 2021
cover

Ilustrasi investasi di reksadana saham. (Shutterstock)

Bareksa.com - Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report July 2021 yang mengolah data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan dana kelolaan atau asset under management (AUM) reksadana saham kembali tertekan gejolak pasar bulan lalu.

Dana kelolaan reksadana berbasis ekuitas tersebut pada bulan lalu tercatat Rp137,7 triliun. Sebelumnya pada Juni 2021 tercatat Rp138,17 triliun dan pada Mei serta April 2021, masing-masing tercatat Rp141,2 triliun dan Rp142,88 triliun. Sepanjang tahun berjalan (year to date/YtD) dana kelolaan reksadana saham terkoreksi 2 persen. Namun, secara tahunan/YoY, kelolaan reksadana saham masih tumbuh 20 persen.

Senada, jumlah unit penyertaan reksadana saham pada bulan lalu minus 1 persen menjadi 96,6 miliar unit sepanjang tahun berjalan. Sebelumnya pada Juni 2021, unit penyertaan reksadana saham tercatat 97,3 miliar unit dan Mei 2021 tercatat 98,08 miliar unit. serta pada April 2021 tercatat 97,5 miliar unit.

Dana Kelolaan dan Unit Penyertaan Reksadana Saham

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report July 2021

Reksadana saham adalah reksadana yang mayoritas portofolionya efek saham, yang bisa naik turun dalam waktu dekat tetapi berpotensi memberi imbal hasil tinggi jangka panjang. Reksadana saham cocok untuk investor agresif atau profil risiko tinggi dengan horison investasi jangka panjang.

Sebagian isi artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report July 2021. Untuk berlangganan laporan ini silahkan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

(Martina Priyanti/Tim Data/AM)

​***

​​​Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.