Pusing Lihat Biaya Pendidikan Anak Makin Mahal? Siapkan dengan Cara Ini

Menyiapkan dana pendidikan anak dengan investasi reksadana di fitur OVO I Invest, selain aman dan terjangkau, juga berpotensi meraih imbal hasil lebih menarik dari deposito
Abdul Malik • 27 Jul 2021
cover

Ilustrasi seorang ibu yang mengajarkan anaknya untuk investasi di reksadana guna menyiapkan dana pendidikan sang buah hati. (Shutterstock)

Bareksa.com – Pusing lihat biaya pendidikan anak yang semakin mahal dan terus naik tiap tahunnya? Apalagi biaya pendidikan biasanya naik sekitar 10-15 persen per tahun. Jika penghasilan tak mampu mengimbanginya, maka biaya pendidikan anak makin tak terjangkau.

Karena itu, kita sebagai orang tua atau calon orang tua, perlu menyiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin. Langkah itu agar kita tidak kerepotan ketika waktunya anak masuk bangku sekolah dan butuh biaya besar. Juga agar anak-anak kita bisa meraih pendidikan yang layak sesuai minat dan bakatnya.

Menyiapkan dana pendidikan anak perlu langkah yang cermat. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan investasi di reksadana. Selain aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berinvestasi di reksadana juga bisa meraih imbal hasil lebih tinggi dari tabungan atau deposito.

Reksadana ialah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Mengutip laman Bursa Efek Indonesia, reksadana merupakan sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk investasi tapi hanya memiliki waktu dan pengetahuan terbatas.

OVO I Invest Cara Mudah Berinvestasi

Untuk menyiapkan dana pendidikan anak, tentu dibutuhkan komitmen kuat dari orang tua. Hal tersebut kini bukanlah hal sulit untuk diwujudkan dengan investasi di reksadana. Sebab investasi di reksadana sangat mudah sehingga tidak perlu harus menunggu punya uang banyak dahulu baru mulai menyiapkan dana pendidikan.

Ada berbagai instrumen investasi reksadana bisa dipilih, salah satunya di fitur OVO I Invest yang tersedia di OVO (platform pembayaran digital, rewards dan layanan finansial terkemuka di Indonesia). Di fitur OVO I Invest tersedia dua produk reksadana pasar uang yakni Reksa Dana Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI) untuk jenis konvensional dan Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid atau reksadana syariah SOBAT Likuid untuk jenis syariah.

Nilai investasi minimal di fitur OVO I Invest sangat terjangkau mulai Rp10.000 dan memiliki keunggulan bisa dicairkan secara instan. Sehingga ketika orang tua butuh dana untuk membayar biaya sekolah, sewaktu-bisa dicairkan. Dengan potensi imbal hasil investasi di reksadana pasar uang yang sekitar 5 persen per tahun, maka dana pendidikan anak yang kita siapkan jadi semakin berkembang. Selain itu, imbal hasil investasi tersebut tidak dipotong pajak karena bukan merupakan objek pajak.

Platform OVO I Invest ada di aplikasi OVO yang merupakan kerja sama antara OVO dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Reksa Dana berlisensi dari OJK.

Simulasi Investasi

Menyiapkan dana pendidikan anak dengan berinvestasi di reksadana pasar uang di fitur OVO | Invest kira-kira bagaimana hasilnya?

Misalkan kita ingin menyekolahkan anak di salah satu sekolah swasta favorit di Serpong, Tangerang yang menggunakan kurikulum nasional dan internasional dari Singapura. Berdasarkan hasil survei, agar anak kita bisa masuk di sekolah tersebut, maka kita harus menyiapkan uang pangkal Rp40 juta.

Dengan demikian sedikitnya kita harus menabung Rp1,7 juta per bulan selama 2 tahun untuk menyiapkan dana uang pangkal tersebut. Namun jika kita berinvestasi di reksadana pasar uang yang tersedia di fitur OVO I Invest, maka hasilnya akan jadi seperti berikut : ​​

Sumber : Bareksa

Setelah kita rutin investasi selama 24 bulan, maka dana pokok investasi yang berhasil terkumpul senilai Rp40,8 juta. Karena kita menyimpannya di reksadana pasar uang maka berpotensi tumbuh jadi Rp42,81 juta atau berpotensi meraih imbalan Rp2,01 juta. Dengan begitu dana kita sudah mencukupi untuk membayar uang pangkal anak kita untuk bersekolah di sekolah tersebut.

Adapun sisa atau imbal hasilnya bisa kita gunakan keperluan lain untuk menunjang kegiatan sekolah anak. Cukup menarik bukan? Ayo segera investasi di platformOVO I Invest untuk menyiapkan dana pendidikan anak-anak kita sejak dini.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.