Pembatasan Sosial Dorong Transaksi Online, Reksadana Ini Punya Saham Bank Digital

Tiga reksadana di aplikasi Bareksa memiliki saham Bank Jago (ARTO) yang naik 1.000 persen setahun
Hanum Kusuma Dewi • 22 Jun 2021
cover

Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sambil memegang handphone, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/5/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Bareksa.com - Lonjakan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir menjadi sentimen negatif bagi pasar saham dan obligasi nasional. Namun, investor agresif bisa mempertimbangkan reksadana saham dengan dengan portofolio yang memiliki eksposur di sektor teknologi digital. 

Sejak akhir pekan lalu, pertambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia selalu di atas 13.000 kasus, sehingga Pemerintah mengambil kebijakan pembatasan aktivitas dengan adanya jam malam. Diproyeksikan, kebijakan ini akan kembali membatasi pergerakan masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah, terutama untuk transaksi jual beli. 

Hal ini akan mendorong kenaikan nilai transaksi digital dan turut berpengaruh positif pada beberapa saham bank digital, salah satunya PT Bank Jago Tbk (ARTO), yang dalam setahun terakhir naik pesat hingga 1.000 persen. 

Berikut beberapa reksadana saham yang memiliki saham ARTO per Mei 2021 dan tersedia dalam aplikasi marketplace Bareksa. 

Produk Reksadana Saham
Return 1 tahun (17 Juni 2021)

BNP Paribas Infrastruktur Plus 

11,24%

Eastspring Investments Value Discovery Kelas A 

34,58%

TRAM Consumption Plus

20,11%

Sumber: Fund Fact Sheet Reksadana Mei 2021

Dari ketiga reksadana tersebut, imbal hasil (return) Eastspring Investments Value Discovery Kelas A mengalami kenaikan tertinggi dalam setahun terakhir. Selain memiliki saham ARTO, dalam Top 10 portofolio selama bulan Mei, Eastspring juga tidak memiliki saham sektor konsumer dan sektor barang baku yang sejak awal tahun menjadi pemberat IHSG serta lebih banyak memiliki saham telekomunikasi.

Strategi pengelolaan reksadana Eastspring cukup banyak mengalokasikan di saham-saham berkapitalisasi besar (big caps), terutama saham perbankan. Meskipun IHSG mengalami penurunan, saham big caps umumnya lebih likuid dan diminati oleh investor asing. Sehingga dalam jangka panjang, reksadana Eastspring Investments Value Discovery Kelas A dapat menjadi salah satu pilihan investasi. 

Reksadana saham berisikan mayoritas aset saham sehingga bisa berfluktuasi jangka pendek tetapi berpotensi memberikan imbal hasil tinggi jangka panjang. Reksadana saham cocok untuk investor agresif dengan profil risiko tinggi dan untuk investasi jangka panjang.

(Sigma Kinasih/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.