Begini Peran Barometer Bareksa Bantu Nasabah Tentukan Reksadana Pilihannya

Bareksa Barometer melihat data historikal, forward looking atas underlying reksadana serta governance dari MI
Abdul Malik • 07 Jun 2021
cover

Ilustrasi dua orang perempuan investor yang memantau perkembangan investasinya di reksadana dan SBN. Barometer Bareksa membantu investor menentukan produk reksadana pilihannya. (Shutterstock)

Bareksa.com - Ingin berinvestasi di reksadana tapi masih bingung menentukan produknya mana yang akan dipilih? Jika iya, ulasan soal Bareksa Barometer berikut semoga bisa membantu Anda untuk segera menentukan produk reksadana yang akan dipilih ya.

Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra menyampaikan Bareksa Barometer disediakan untuk mempermudah investor menyeleksi reksadana.

"Perbedaan dari scoringreksadana yang sudah ada sebelumnya, Bareksa Barometer tidak hanya melihat data historikal tetapi juga forward looking atas underlying reksadana serta tata kelola yang baik (governance) dari manajer investasi (MI) yang mengelola reksadana tersebut," kata Karaniya dalam seminar virtual kami dengan tema “Pengelolaan Dana Pensiun 4.0: Memanfaatkan Fintech, Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas”, Rabu (3/6/2021).

Ia menjelaskan kunci penilaian pada Bareksa Barometer, pertama, parameter yakni terdiri dari nilai risk adjusted return dari kinerja 1 tahun terakhir, potensi kenaikan underlying assets pada portofolio reksadana, dan good corporate governance (GCG) manajer investasi yang tercermin dari keterbukaan informasi, skala asset under management (AUM) atau dana kelolaan, dan hasil dari monitoring media eksternal, misalnya pengumuman KSEI, pemberitaan media, dan lain-lain.

Kedua, skala peringkat 1 hingga 5. Semakin baik reksadana, maka semakin besar skala peringkat barometernya. Dengan kata lain, skala 5 adalah peringkat tertinggi dalam Barometer Bareksa, sementara peringkat terendah kami beri skala 1.

Ketiga, monitoring kinerja Bareksa Barometer dilakukan harian dengan evaluasi setiap satu bulan sekali.

Contoh Bareksa Barometer dalam Reksadana Saham di Bareksa

Sumber: Bareksa

Apapun jenis dan produk reksadana yang Anda pilih, pastikan lebih dahulu dengan profil risiko Anda ya!

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.