BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Reksadana Syariah Global Schroders Integrasikan Prinsip GCG, Apa Isi Sahamnya?

Abdul Malik30 Maret 2021
Tags:
Reksadana Syariah Global Schroders Integrasikan Prinsip GCG, Apa Isi Sahamnya?
Michael T. Tjoajadi (tengah) ketika menerima penghargaan Tokoh Reksadana pada Bareksa Kontan Fund Awards 2018

Reksadana Schroder Global Sharia Equity Fund mengelola dana US$63 juta per Februari 2021

Bareksa.com - Schroders Indonesia mengintegrasikan prinsip sustainability atau keberlanjutan, baik itu berwawasan lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik (environmental, social & governance/ESG) dan syariah dalam reksadana Schroder Global Sharia Equity Fund (USD).

Reksadana Schroder Global Sharia Equity Fund (USD) adalah reksadana saham syariah yang diluncurkan pada 22 Februari 2016 dengan kebijakan investasi minimum 85 persen (delapan puluh lima persen) pada efek syariah luar negeri yang dimuat dalam daftar efek syariah.

“Pengintegrasian faktor sustainability dan ESG untuk melengkapi filosofi investasi syariah diharapkan mampu meningkatkan potensi pengembalian investasi yang lebih baik dalam jangka panjang sekaligus membuka jalan untuk inovasi produk baru,” ungkap Michael T. Tjoajadi, Presiden Direktur Schroders Indonesia dalam keterangannya (30/3/2021).

Promo Terbaru di Bareksa

Dalam prinsip sustainable investing selain terintegrasi dengan praktek ESG, kata Michael, perseroan juga menganalisa lebih jauh apakah suatu perusahaan dijalankan dengan cara terbaik (prinsip menyeluruh atau holistic) atau tidak.

Hal ini sejalan dengan tren investor dunia yang berkembang di mana investor melihat bukan pada hanya dari sisi laba, namun perusahaan juga harus memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungannya.

"Perubahan iklim, pergeseran demografi dan revolusi teknologi yang terjadi sangat cepat akhir-akhir ini akan merubah kondisi planet kita. Perusahaan yang bisa beradaptasi dan bertahan dengan perubahan yang ada, akan lebih sukses menjangkau pelanggan, karyawan, dan mengembangkan bisnisnya secara keseluruhan sekaligus menghindarkan diri dari biaya pinalti akibat pendekatan bisnis yang tidak mempertimbangkan faktor ESG," Michael menjelaskan.

Menurut fund fact sheet Februari 2021, reksadana Schroder Global Sharia Equity Fund yang diluncurkan pada Februari 2016 ini mengelola dana US$63 juta. Saham-saham dengan bobot terbesar dalam reksadana Schroder Global Sharia Equity Fund per Februari 2021 di antaranya saham Accenture, Alphabet Inc, Apple Inc, Facebook Inc, Home Depot, Intel Corp, Microsoft, Qualcomm Inc, Taiwan Semiconductor dan Texas Instruments.

​Kinerja investasi reksadana Schroder Global Sharia Equity Fund setahun terakhir (per 26 Februari 2021) membukukan imbal hasil 24,72 persen setahun dan 48,95 persen dalam 5 tahun.

Illustration

Pendekatan Investasi Aktif

Menurut Michael, memahami dampak yang dihasilkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya terhadap masyarakat dan planet bumi serta risiko apa saja yang mereka hadapi. Penting untuk memahami nilai sebenarnya dari sebuah perusahaan. Dalam hal ini, pendekatan investasi yang aktif dan “forward looking” sangat dibutuhkan untuk memahami dan menganalisa cara perusahaan menghasilkan profit.

Michael menyatakan reksadana Schroders Global Syariah Equity Fund (USD) diharapkan dapat menjawab kebutuhan investor yang memiliki minat berinvestasi pada portofolio saham syariah global yang terdiversifikasi dengan menerapkan kriteria-kriteria sustainability dan ESG serta memiliki horison investasi jangka panjang.

“Produk ini menggabungkan keahlian pengelolaan investasi aktif kami dengan kemampuan dan rekam jejak sustainable investing dan ESG Schroders”, imbuh Michael.

Reksadana Schroders Global Syariah Equity Fund (USD) dipasarkan melalui berbagai mitra distribusi Schroders Indonesia dalam denominasi dolar Amerika Serikat. Minimum pembelian awal US$10.000 dan minimum pembelian selanjutnya (top up) US$1.000.

(Abdul Malik/AM)

***

​​Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,44

Down- 0,08%
Up3,34%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,97

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,31%
Up43,84%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,79

Down- 0,93%
Up3,15%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,26%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,9

Down- 0,36%
Up1,69%
Up0,01%
Up2,70%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,47

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua