BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Terdorong Sentimen Vaksin, Kinerja 6 Reksadana Indeks Ini Berhasil Kalahkan IHSG

Abdul Malik10 Desember 2020
Tags:
Terdorong Sentimen Vaksin, Kinerja 6 Reksadana Indeks Ini Berhasil Kalahkan IHSG
Petugas memindahkan vaksin COVID-19 setibanya di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/12/2020). Vaksin COVID-19 produksi perusahaan farmasi Sinovac, China tersebut disimpan dalam ruangan pendingin dengan suhu 2-8 derajat celcius, selanjutnya akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma. ANTARA FOTO/HO/Setpres-Muchlis Jr/wpa/hp.

IHSG yang pergerakannya terlihat semakin solid dalam beberapa waktu terakhir, membuat kinerja reksadana berbasiskan indeks turut moncer

Bareksa.com - Reksadana indeks (index fund) adalah reksadana yang portofolio investasinya mengacu kepada indeks tertentu. Indeks yang dijadikan acuan bisa berupa indeks saham ataupun indeks obligasi. Perbedaan antara reksadana indeks dengan reksa dana konvensional adalah reksadana indeks mengambil strategi investasi pasif dengan menghasilkan tingkat return yang setara dengan return indeks yang ditirunya. Sementara, reksadana konvensional mencoba mengalahkan indeks yang menjadi acuan dengan menerapkan strategi investasi aktif.

Reksadana indeks adalah salah satu produk investasi yang disarankan oleh Warren Buffet, salah satu orang terkaya dunia yang mengumpulkan hartanya dari investasi. Tujuan dari penerbitan reksadana indeks adalah meniru pergerakan indeks acuannya. Jadi, semakin mirip dengan indeks acuannya, maka reksadana indeks tersebut semakin baik.

6 Reksadana Indeks di Bareksa Kalahkan Benchmark IHSG dan LQ45

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Promo Terbaru di Bareksa

IHSG yang pergerakannya terlihat semakin solid dalam beberapa waktu terakhir, membuat kinerja reksadana berbasiskan indeks turut moncer, mengingat kebijakan isi portofolionya yang berisikan indeks saham di bursa.

Sebagai informasi, IHSG dalam sebulan terakhir telah menguat 6,08 persen. Sementara 6 produk reksadana indeks & ETF yang dijual di Bareksa, berhasil mencatatkan kinerja yang jauh lebih besar daripada kenaikan IHSG. Di mana, Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund mencatatkan kinerja paling baik dalam 1 bulan terakhir (per 9 Desember 2020).

Sebagai informasi, Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund dapat dibeli di Bareksa dengan minimal pembelian awal Rp50.000 saja. Reksadana yang diluncurkan sejak 8 Juni 2018 ini bekerja sama dengan bank kustodian Standard Chartered Bank.

Lantas, apa yang menjadi katalis positif pergerakan IHSG dalam beberapa hari terakhir?

Vaksin Covid-19​

Berita utama yang menggerakan pasar keuangan saat ini adalah vaksin Covid-19. Inggris menjadi negara pertama yang mengizinkan vaksin Pfizer-BioNTech untuk penggunaan darurat dalam melawan pandemi Covid-19. Pasar menanti perizinan penggunaan vaksin Covid-19 dari negara lain. Hal ini akan menjadi sentimen positif yang menggerakan pasar pada pekan ini.

"Di tengah optimisme vaksin, sedikit terganggu akibat Pfizer yang menyatakan hanya bisa mengirim setengah dari jumlah dosis yang sudah direncanakan sebelumnya karena adanya kendala pada bahan baku menjadi sentimen negatif di pasar. Setelah optimisme perizinan vaksin, ke depan ketersedian pasokan vaksin Covid-19 akan menjadi hal yang sangat penting,"ujar Hans dalam keterangannya (6/12/2020).

Namun perlu dicatat, jika reksadana indeks maupun reksadana saham cocok bagi investor dengan profil risiko agresif, serta tujuan investasi jangka panjang.

Pilih reksadana indeks pilihanmu di marketplace Bareksa sekarang.

(KA02/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

​DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua