BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Disarankan Warren Buffett, Apakah Reksadana Indeks Cocok untuk Pemula?

Abdul Malik04 Desember 2020
Tags:
Disarankan Warren Buffett, Apakah Reksadana Indeks Cocok untuk Pemula?
Ilustrasi foto Warren Buffett (shutterstock)

Tujuan dari penerbitan reksadana indeks adalah meniru pergerakan indeks acuannya

Bareksa.com - Reksadana indeks adalah reksadana yang meniru portofolio indeks acuannya, baik itu indeks saham maupun indeks obligasi. Reksadana indeks adalah salah satu investasi yang disarankan oleh Warren Buffett, salah seorang terkaya di dunia yang mengumpulkan hartanya dari investasi.

Tujuan dari penerbitan reksadana indeks adalah meniru pergerakan indeks acuannya. Jadi, semakin mirip dengan indeks acuannya, maka reksadana indeks tersebut semakin baik. Sebagai contoh, salah satu produk reksadana indeks dari Syailendra Asset Management adalah Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund.

Perbandingan Return Reksadana Indeks 1 Bulan Terakhir

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Sumber : Bareksa

Pada produk saham ini, yang menjadi indeks acuan adalah Indeks MSCI Indonesia, yang daftar saham nya direview setiap 6 bulan sekali dan dapat dilihat daftar sahamnya pada website https://app2.msci.com/eqb/custom_indexes/indonesia_performance.html.

Mengacu pada website MSCI Indonesia, saat ini hanya terdapat 22 saham yang masuk ke dalam konstituen indeks MSCI Indonesia per 3 Desember 2020. Bila dibandingkan, sebuah reksadana indeks memang tidak memiliki return yang sama persis seperti indeks acuan, tapi angkanya sangat mendekati.

Artinya target performa investasinya bukan untuk mengalahkan kinerja Indeks MSCI Indonesia, melainkan hanya menyamai saja. Sehingga, kinerja sebuah reksadana indeks dapat dikatakan semakin baik apabila memiliki selisih kinerja yang semakin kecil dari indeks acuannya.

Apakah Reksadana Indeks Cocok Untuk Pemula?

Bagi investor pemula, kadang sering mengalami kebingungan dalam memilih yang mana reksadana saham terbaik untuk dibeli. Cara termudah adalah dengan mengambil reksadana indeks. Kenapa? Karena seluruh saham yang ada dalam reksadana indeks (Seperti Indeks MSCI, IDX30, LQ45 dll) merupakan kumpulan dari saham – saham pilihan yang ada di pasar.

Saham pilihan tersebut memiliki kinerja bisnis dan kondisi keuangan yang baik, sehingga bisa masuk ke dalam indeks. Jadi reksadana Indeks adalah cara mudah bagi investor pemula untuk mendapatkan investasi yang baik. Namun perlu diingat, jika reksadana indeks cocok bagi investor dengan profil risiko agresif, serta tujuan investasi jangka panjang.Pilih reksadana indeks pilihanmu di marketplace Bareksa sekarang.

(KA02/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

​DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,45

Up0,45%
Up3,78%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,73%
-

Capital Fixed Income Fund

1.791,76

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,93%
Up17,16%
Up40,94%

I-Hajj Syariah Fund

4.868,6

Up0,57%
Up3,19%
Up0,03%
Up6,14%
Up22,00%
Up40,67%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,19

Up0,51%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.146,62

Up0,30%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,28%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua