Mandiri Sekuritas Kuasai 17,3 Persen Pangsa Pasar Obligasi Global

Nilai league table credit US$1,5 miliar atau Rp20,2 triliun per Februari 2020
Bareksa • 05 Mar 2020
cover

Booth Mandiri Sekuritas di Pekan Reksa Dana di Bursa Efek Indonesia, Jumat 29 Januari 2016. (Bareksa/Alfin Tofler)

Bareksa.com - Mengawali tahun 2020, PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) melalui Mandiri Securities Pte. Ltd. (Mandiri Securities Singapore) sukses menyelesaikan delapan mandat penerbitan global bond (obligasi global). Hal ini menempatkan Mandiri Securities Singapore sebagai pemimpin pasar obligasi global dari Indonesia dengan pangsa 17,3 persen dan nilai league table credit US$1,5 miliar atau Rp20,2 triliun per Februari 2020.

"Pencapaian di awal tahun ini melanjutkan raihan Mandiri Sekuritas yang pada tahun 2019 menguasai pangsa pasar obligasi global 14,2 persen dengan nilai league table credit USD2,3 miliar atau Rp31,3 triliun," ujar Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Dannif Danusaputro dalam keterangan (4/3/2020).

Obligasi global adalah efek bersifat utang yang dapat ditawarkan tidak hanya kepada investor domestik, namun juga terutama kepada investor internasional. Dalam penerbitan obligasi global, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan korporasi sebelum go international, seperti rating internasional dan fundamental bisnis yang bagus.

“Saat ini adalah momentum yang tepat bagi korporasi maupun pemerintah untuk dapat memperluas akses pendanaan ke pasar internasional. Hal ini didukung oleh fundamental makro ekonomi Indonesia yang solid dan proyeksi suku bunga acuan yang relatif stabil, sehingga penerbitan obligasi global akan menjadi pilihan menarik sepanjang tahun,” ungkapnya.

Dannif mengatakan investor global menyukai perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan rating internasional yang bagus dan memiliki keterkaitan yang kuat dengan rencana pembangunan pemerintah. Selain itu, perusahaan-perusahaan swasta juga berpeluang untuk mendapatkan sambutan positif dari investor global.

Mandiri Sekuritas saat ini menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang memiliki lisensi dan kapabilitas untuk melakukan bisnis di pasar modal internasional melalui Mandiri Securities Singapore (sumber: Bloomberg). Anak perusahaan yang diresmikan pada tahun 2017 ini menghadirkan layanan yang membantu penerbitan obligasi internasional G3 (obligasi dengan tiga mata uang global, yaitu dolar Amerika Serikat, yen dan euro) dan komodo bond.

“Mandiri Securities Singapore memiliki semua keunggulan yang dibutuhkan untuk berperan aktif mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menjajaki pasar internasional, serta memiliki andil dalam perkembangan usaha di Indonesia,” kata Dannif.

Mandiri Sekuritas optimistis penerbitan obligasi global dapat menjadi sarana bagi korporasi di Indonesia untuk meraih pendanaan di pasar modal internasional. Obligasi global diharapkan mampu meningkatkan partisipasi investor internasional dalam mendukung pembangunan nasional, serta diharapkan dapat memberikan akses serta diversifikasi sumber pendanaan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Mandiri Sekuritas mendorong korporasi dan pemerintah untuk bertumbuh melalui solusi pendanaan terlengkap dan inovatif. Kami optimistis dapat membantu lebih banyak korporasi maupun pemerintah meraih akses pendanaan internasional melalui penerbitan obligasi global,” pungkas Dannif.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah telah resmi membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR012 mulai 24 Februari 2020. Masa penawaran investasi syariah itu hingga 18 Maret 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN seri berikutnya.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.