BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Majoris Rilis Reksa Dana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia

Bareksa25 Juli 2019
Tags:
Majoris Rilis Reksa Dana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia
Dewan Komisioner Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen (ke-3 kanan), Direktur Utama PT Majoris Asset Management Zulfa Hendri (ke-4 kanan), Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, saat peluncuran dan pencatatan perdana Reksadana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia (XMIG) di Bursa Efek Indonesia (25/7/2019) (Bareksa/AM)

Kebijakan investasi reksadana ini 80 persen-100 persen pada ekuitas dan 0-20 persen pasar uang

Bareksa.com – PT Majoris Asset Management hari ini (25/7) resmi meluncurkan dan melakukan pencatatan perdana Reksa Dana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia (XMIG) di Bursa Efek Indonesia. Reksadana ini telah mendapatkan surat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 12 Juli 2019 lalu.

Direktur Utama dari Majoris Zulfa Hendri berharap peluncuran reksadana ini diharapkan akan semakin memperkuat posisi Majoris sebagai manajer Investasi di Indonesia dengan spektrum produk lengkap.

“Sehingga mendukung pertumbuhan industri reksadana di Indonesia,” tutur Zulfa di Jakarta, Kamis, 25 Juli 2019.

Promo Terbaru di Bareksa

Zulfa menjelaskan reksadana ini menggunakan Indeks Pefindo I-Grade yang diterbitkan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) sebagai indeks acuan dengan pendekatan investasi pasif, sehingga diharapkan dapat memberikan potensi hasil investasi yang setara dengan kinerja Indeks Pefindo I-Grade.

Kebijakan investasi dari reksadana ini adalah 80 persen-100 persen pada efek bersifat ekuitas yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia serta terdaftar dalam Indeks Pefindo I-Grade dan 0-20 persen pada instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun dan/atau deposito.

Menurut Zulfan, pemilihan Indeks Pefindo I-Grade sebagai indeks acuan Reksadana ETF ini didasari oleh kinerja Indeks Pefindo I-Grade yang baik dan outperformed apabila dibandingkan dengan indeks lainnya yang tersedia di Bursa.

Untuk mendukung penggunaan indeks ini, Majoris menjalin kerjasama dengan PT Mandiri Sekuritas yang berperan sebagai Dealer Partisipan dan PT Bank Central Asia Tbk sebagai Bank Kustodian.

“Dengan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menjanjikan di jangka pendek dan panjang, kami melihat pasar saham Indonesia menawarkan potensi imbal hasil yang sangat menarik. Sehingga investor bisa mempertimbangkan ETF ini sebagai pilihan yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan investasinya,” jelas Zulfa.

Zulfa menambahkan, saham-saham yang membentuk indeks Pefindo adalah saham dari perusahaan-perusahaan yang memiliki peringkat Investment Grade sehingga memiliki tingkat risiko yang telah terukur dan potensi pertumbuhan yang baik.

Investor yang ingin melakukan pembelian Unit Penyertaan Reksadana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia, dapat membeli Unit Penyertaan Reksadana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia dalam satuan Unit Kreasi (1 Unit Kreasi = 100.000 Unit Penyertaan) melalui PT Mandiri Sekuritas sebagai Dealer Partisipan, atau pihak lain melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bursa Efek Indonesia.

"Untuk minimum pembelian 1 basket atau 100.000 unit, nilainya kira-kira Rp17 juta," ungkap Zulfa.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Reksadana indeks adalah reksadana yang dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan suatu indeks yang dijadikan acuan, baik itu indeks obligasi maupun indeks saham.

Dalam pengertian lain, reksadana indeks juga bisa diartikan sebagai jenis reksadana yang kinerjanya mengacu pada indeks tertentu, bisa indeks saham bisa juga indeks obligasi. Meski demikian, cara kerjanya berbeda dengan reksadana konvensional yang berfokus pada saham dan obligasi.

Berbeda dengan reksadana konvensional yang berusaha mengalahkan kinerja tolok ukurnya (benchmark), justru target dari reksadana indeks adalah menyamainya. Jadi, daripada dikelola secara aktif, pendekatan dari reksadana indeks adalah secara pasif dengan menyusun portofolio investasi menyerupai indeks acuannya.

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,18

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,42

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,41

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.753

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,73

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua