BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Mengapa Disiplin Berinvestasi di Reksadana Sangat Penting? Ini Alasannya

Bareksa14 Maret 2019
Tags:
Mengapa Disiplin Berinvestasi di Reksadana Sangat Penting? Ini Alasannya
Ilustrasi wanita berkacamata karyawan kantoran sedang berdiri memegang gadget tablet melihat ke arah jendela tersenyum senang bahagia membayangkan hasil investasi reksadana saham obligasi surat utang.

Disiplin dalam berinvesasi reksadana sesungguhnya sederhana, butuh komitmen dan kesadaran

Bareksa.com - Disiplin menjadi salah satu kunci sukses berinvestasi di produk reksadana. Tidak peduli seberapa besar dananya, investasi langsung atau berkala, apapun tujuannya, dengan disiplinlah keuntungan yang diharapkan itu bisa diraih.

Kenapa disiplin diperlukan dalam berinvestasi di produk reksadana? Hal terpenting yang perlu disadari adalah bahwa ada aset kita di situ yang perlu diperhatikan agar semakin bertumbuh. Sama anggapannya seperti membesarkan anak tersayang, pohon yang ditanam, atau binatang peliharaan.

Memang tidak sama mutlak begitu tapi sadarilah perlakuannya seperti itu supaya hasilnya maksimal.

Promo Terbaru di Bareksa

Selain itu, berinvestasi termasuk pada produk reksadana sebaiknya menentukan tujuan sejak awal. Sadari lagi tentang itu, apa tujuan kita dari berinvestasi di reksadana dan berapa lama kurun waktunya?

Bagi investor yang melakukan investasi reksadana secara berkala, disiplin itu mutlak perlu dijalankan. Sebab sudah ada tujuan investasinya apa, sampai nilai berapa, dan berapa nilai investasi per bulan atau per dua bulan, atau periodik lainnya.

Bagi investor yang melakukan investasi secara sekaligus (lump sum) pun disiplin tetap diperlukan. Sebab tetap ada tujuan investasi, potensi kenaikan dan penurunan nilai portofolio, dan peluang melakukan diversifikasi portofolio.

Setidaknya, disiplin bagi investor yang melakukan investasi secara sekaligus itu dalam bentuk disiplin memantau portofolio, disiplin dalam berhitung dan melihat peluang pertumbuhan dengan menambah atau mengurangi portofolio saat terdapat situasi tertentu, dan berbagai faktor sejenis lainnya.

Lebih lanjut lagi, investor sesungguhnya sudah dianggap sebagai profesi. Menjadi investor reksadana pun berarti harus diperlakukan punya profesi tambahan. Namanya juga profesi, jika dijalankan seenaknya maka hasilnya pun juga akan seadanya atau bahkan bisa tidak ada. Tapi profesi yang dijalankan secara disiplin biasanya hasilnya pun positif.

Sekarang, zaman sudah semakin canggih. Ada reksadana online yang bisa diakses melalui perusahaan aset manajemen atau melalui perantara agen penjual. Ada banyak aplikasi dan fitur yang memudahkan untuk sekadar memantau portofolio, menganalisis produk lainnya, hingga menjual atau mengurangi portofolio dimiliki dan membeli produk baru.

Perusahaan manajer investasi (MI) yang mengelola portofolio reksadana investor juga menawarkan ragam kemudahan dalam rangka meningkatkan disiplin investor. Salah satunya melalu fitur autodebet dari rekening bank investor oleh MI.

Disiplin itu Sederhana

Cara disiplin dalam berinvesasi reksadana sesungguhnya sederhana. Tidak susah tapi juga bukan berarti mudah. Butuh komitmen dan kesadaran.

Beberapa cara sederhana membangun komitmen dan kesadaran dapat dilakukan dengan cara ini :

- Investasi Bukan Uang Sisa

Jadikan investasi sebagai bagian dari kebutuhan pokok rutin kita. Hitung berapa jumlah kebutuhan bulanan kita dan masukkan investasi sebagai bagian di dalamnya. Jadi jangan tunggu uang tersisa, baru kemudian itulah yang bisa diinvestasikan karena akan sulit membangun disiplin dengan pola seperti itu.

- Ingat Tujuan dan Masa Depan

Ingat selalu tujuan dari investasi reksadana itu dilakukan. Sadari juga tentang situasi masa depan seperti kebutuhan anak, kondisi pensiun, harapan di hari tua, dan sebagainya.

1. Rajin evaluasi dan berhitung

Setiap bulan laporan portofolio investasi reksadana kita akan dikirimkan oleh perusahaan MI. Selalu dibaca, dilihat, dan dianalisa. Jangan malas juga untuk mengecek produk lainnya dan membaca informasi atau berita tentang situasi perekonomian dan yang terkait dengan itu.

2. Manfaatkan Teknologi

Jangan ragu memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pemantauan portofolio dan reksadanakita secara umum. Manfaatkan juga teknologi untuk memudahkan disiplin menambah investasi secara mudah dan menyenangkan.

3. Sabar

Tetap konsisten dan sabar memupuk investasi reksadana berapapun nilainya. Investasi jangka panjang memang membutuhkan kesabaran.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Untuk mempelajari lebih lanjut soal menabung di reksadana, baca ini : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua