BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Setelah Lebaran Langsung Bokek? Siasati Dengan Dana Cadangan di Reksadana

Bareksa09 Juni 2018
Tags:
Setelah Lebaran Langsung Bokek? Siasati Dengan Dana Cadangan di Reksadana
Ilustrasi menabung. Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_gregorylee'>gregorylee / 123RF Stock Photo</a>

Setelah lebaran kita masih bisa memiliki dana cadangan jutaan rupiah

Bareksa.com - Idul Fitri adalah hari raya di mana umat muslim kembali bersih. Namun, Idul Fitri juga seringkali membuat isi dompet kita ikut amblas. Pengeluaran mudik, membeli baju dan makanan, serta menyisipkan angpau untuk para keponakan cukup menguras kantong. Uang tunjangan hari raya (THR) pun tidak mencukupi, alias harus nombok.

Menurut prinsip perencanaan keuangan, kita perlu menyisihkan 10 persen penghasilan kita untuk ditabung dan diinvestasikan. Misalnya saja, kita sisihkan 5 persen dari penghasilan untuk ditabungkan dan 5 persen lainnya untuk diinvestasikan. Jadi, apabila kita memiliki penghasilan sebesar Rp4 juta per bulan, maka kita perlu mengalokasikan Rp200 ribu untuk ditabung dan Rp200 ribu lainnya untuk diinvestasikan.

Saat ini, kegiatan menabung dan berinvestasi dapat dilakukan sekaligus dengan menggunakan instrumen reksa dana. Menyimpan uang di reksa dana hampir sama seperti halnya menyimpan uang di bank, dapat ditarik kapan saja -- meskipun diperlukan waktu antara 2-7 hari sejak perintah penjualan reksa dana kemudian dana masuk ke rekening nasabah.

Promo Terbaru di Bareksa

Modal awal untuk menabung dan berinvestasi pada reksa dana ini relatif sangat terjangkau karena bisa dimulai dari Rp100 ribu saja. Lain halnya apabila menyimpan uang pada deposito yang minimal dananya dibutuhkan hingga jutaan rupiah.

Untuk menyimpan uang dengan tujuan jangka pendek seperti keperluan Lebaran ini, kita dianjurkan agar memilih reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap yang menghasilkan keuntungan (return), jauh lebih besar dibandingkan bunga deposito ataupun tabungan bank biasa.

Dalam melihat seberapa besar keuntungan menabung pada reksa dana pendapatan tetap, mari kita ilustrasikan dengan menggunakan Simulator Reksa Dana Bareksa, berdasarkan data historikal Nilai Aktiva Bersih per Unit (NAB/Unit) reksa dana.

Misalnya, apabila kita bisa menyisihkan uang Rp200 ribu per bulan untuk menabung pada reksa dana jenis pendapatan tetap, Syailendra Pendapatan Tetap Premium, khusus sebagai dana keperluan lebaran selama satu tahun, maka uang tersebut bisa tumbuh 4,39 persen dari total investasi semula. Dari total dana yang terkumpul awal sebesar Rp2,4 juta, kini bertumbuh menjadi Rp2,505 juta.

Grafik: Hasil Simulasi Menabung di Reksa Dana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Sebagai Informasi, produk Syailendra Pendapatan Tetap Premium ini merupakan salah satu reksa dana pendapatan tetap yang diperdagangkan di Marketplace Reksa Dana Bareksa dengan memiliki kinerja yang terbaik. Untuk melihat produk reksa dana terbaik lainnya, dapat klik tautan berikut.

Hasil itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan bank yang diasumsikan cuma 1 persen per tahun. Uang tadi hanya tumbuh menjadi Rp2,41 juta saja. Dan jangan sedih, hasil itu pun juga masih harus dipotong dengan biaya pajak bunga dan administrasi bank setiap bulannya.

Jadi, salah-salah uang yang dengan susah-payah kita kumpulkan dan lalu disimpan di tabungan bank itu ujungnya malah bisa tergerus. Apalagi, saat ini bunga tabungan bank terus merosot, dan cuma berada di kisaran 0,7 persen saja per tahun.

Jadi, menabunglah di reksa dana untuk persiapan lebaran tahun depan, supaya kantong Anda tidak lagi bolong. (hm)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua