BeritaArrow iconPasar ModalArrow iconArtikel

Empat Sentimen Penggerak Pasar Pekan Ini, Investor Wajib Baca

Bareksa23 Juli 2018
Tags:
Empat Sentimen Penggerak Pasar Pekan Ini, Investor Wajib Baca
Ilustrasi investor di China sedang melihat layar yang menunjukkan pergerakan investasi reksa dana, saham, obligasi, surat utang negara.

Perkembangan dari perang dagang AS dan China masih dipantau oleh pelaku pasar

Bareksa.com - Fokus pasar dalam seminggu ke depan (23-27 Juli 2018) sebagian besar akan menyesuaikan dengan perkembangan potensial berikutnya dari perang perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan mitra dagang utamanya, terutama China dan Uni Eropa.

Kekhawatiran perang dagang telah memanas selama berbulan-bulan, kondisi tersebut membuat pasar saham terkoreksi serta membuat investor gelisah atas prospek lebih lanjut dalam ketegangan yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi global.

Minggu mendatang juga ditandai dengan musim laporan keuangan kuartal kedua paling sibuk di Wall Street, dengan banyak saham teknologi AS, seperti Google, Facebook, dan Amazon, dijadwalkan untuk merilis laporan pada minggu ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Ada juga data pertumbuhan ekonomi AS kuartal kedua yang penting pada minggu ini, yang diperkirakan menunjukkan ekonomi berkembang pada laju tercepat dalam empat tahun terakhir pada periode April hingga Juni 2018.

Sementara itu, pelaku pasar akan mengawasi pertemuan kebijakan moneter Bank Sentral Eropa (ECB) untuk petunjuk lebih lanjut tentang kapan bank sentral berencana untuk menaikkan suku bunganya.

Untuk lebih rincinya, berikut beberapa peristiwa penting yang akan memengaruhi pasar dalam sepekan ke depan yang dilansir dari investing.com:

1. Ketegangan Perdagangan AS-China

Meningkatnya retorika perdagangan akan membuat investor tetap waspada ketika mereka menyaksikan perkembangan lebih lanjut di tengah memanasnya perdagangan antara AS dengan China.

Presiden AS Donald Trump memperingatkan pada hari Jumat bahwa ia siap untuk mengenakan tarif pada semua barang impor AS dari China senilai U$500 miliar, pernyataan ancaman yang akan meningkatkan bentrokan perdagangan dengan raksasa Asia tersebut.

Dua ekonomi terbesar dunia tampaknya semakin mengarah ke konflik perdagangan terbuka setelah beberapa putaran perundingan gagal menyelesaikan keluhan AS atas kebijakan industri China, kurangnya akses pasar di China dan defisit perdagangan AS sebesar U$375 miliar.

Sebelumnya Washington telah memberlakukan tarif pada U$34 miliar barang-barang China, serta U$200 miliar lainnya menyusul. Sebagai balasannya, Beijing memungut pajak atas nilai yang sama dari produk AS.

2. Pertemuan Trump-Juncker

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dijadwalkan akan bertemu Presiden AS Donald Trump di Washington pada hari Rabu untuk membahas hubungan perdagangan yang memanas antara Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Pertemuan tersebut dilakukan setelah AS memberlakukan tarif atas baja dan aluminium UE dan selanjutnya Trump berulang-ulang mengancam untuk memperluas langkah-langkahnya terhadap mobil-mobil Eropa.

Penasihat ekonomi Trump, Larry Kudlow, mengatakan pekan lalu ia mengharapkan Juncker datang dengan tawaran dagang "signifikan".

Namun, para pejabat Uni Eropa telah berusaha untuk menurunkan perkiraan tentang apa yang Juncker dapat capai dan meremehkan saran bahwa dia akan tiba dengan rencana baru untuk memulihkan hubungan baik.

Blok yang sebelumnya ditawarkan untuk membuka pasarnya lebih luas untuk impor AS (termasuk mobil), sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan timbal balik, tetapi Washington menolak proposal tersebut.

3. PDB Kuartal Kedua AS

Investor akan mengawasi pembacaan awal pertumbuhan AS pada kuartal kedua yang dijadwalkan pada 8:30 pagi di hari Jumat waktu setempat untuk petunjuk lebih lanjut tentang kapan dan seberapa cepat The Fed akan menaikkan suku bunga.

Laporan tersebut diperkirakan menunjukkan ekonomi berkembang pada tingkat tahunan 4,1 persen pada periode April-Juni, hampir dua kali lipat dari output kuartal pertama. Angka tersebut akan menjadi yang tertinggi sejak kuartal ketiga 2014.

Ketua Fed Jerome Powell memberikan penilaian yang optimis terhadap perekonomian AS selama kesaksian kongres pekan lalu, menegaskan kembali perkiraan untuk dua kali kenaikan suku bunga tambahan oleh bank sentral di sisa tahun ini.

Namun, Trump meluncurkan serangan kepada bank sentral AS akhir pekan lalu. Dia mengklaim bahwa rencana mereka untuk menaikkan suku bunga berisiko menghambat usahanya untuk memperkuat ekonomi AS.

Dia juga menyesalkan kekuatan dolar AS dan menuduh China dan Uni Eropa memanipulasi mata uangnya yang menurutnya telah merugikan AS.

4. Pertemuan Kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB)

Bank Sentral Eropa (ECB) hampir pasti akan mempertahankan suku bunga pada rekor rendah mereka saat ini di akhir pertemuan kebijakan moneter pada 11.45 siang pada hari Kamis waktu setempat.

Presiden ECB Mario Draghi akan mengadakan konferensi pers yang dipantau secara cermat selama 45 menit setelah pengumuman suku bunga karena investor mencari petunjuk lebih lanjut tentang kapan bank sentral berencana untuk mulai menaikkan suku bunganya.

Pada pertemuan sebelumnya di bulan Juni, ECB berjanji untuk mempertahankan suku bunga pada level saat ini hingga setidaknya hingga musim panas 2019.

Beberapa pembuat kebijakan ECB tampaknya masih menginginkan kenaikan tingkat bunga pada bulan Juni 2019, sementara yang lain melihat ketegangan perdagangan sebagai alasan untuk melonggarkannya lebih lama. (hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua