BeritaArrow iconPasar ModalArrow iconArtikel

Peristiwa Penting Pekan Ini, Laporan Inflasi Mei Hingga Data Manufaktur China

Bareksa28 Mei 2018
Tags:
Peristiwa Penting Pekan Ini, Laporan Inflasi Mei Hingga Data Manufaktur China
Ilustrasi investor di China sedang melihat layar yang menunjukkan pergerakan investasi reksa dana, saham, obligasi, surat utang negara.

Zona Eropa akan merilis angka inflasi untuk bulan Mei pada pukul 09.00 pagi di hari Kamis waktu setempat

Bareksa.com - Dalam pekan ini, ada cukup banyak laporan ekonomi, karena kalender bergulir dari Mei hingga Juni, dengan salah satunya yakni laporan pekerjaan bulanan Amerika Serikat (AS) menjadi sorotan.

Selain data ketenagakerjaan, kalender minggu ini juga menampilkan laporan tentang inflasi pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) yang merupakan ukuran pilihan The Fed untuk inflasi.

Di seberang Atlantik, pelaku pasar akan fokus pada perkiraan pertama angka inflasi zona Eropa, yang kemungkinan akan memberikan dukungan kepada keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk tidak terburu-buru perihal penarikan stimulus.

Promo Terbaru di Bareksa

Sementara itu di Asia, pelaku pasar akan melihat ke depan untuk data bulanan pada sektor manufaktur China, yang kemungkinan mengonfirmasi bahwa momentum di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut tetap kuat.

Pasar juga harus mencermati hal-hal lain yang dikhawatirkan dalam minggu mendatang, seperti perkembangan baru pada negosiasi perdagangan antara AS dan China serta KTT yang direncanakan Presiden Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dijadwalkan untuk bulan depan.

Untuk lebih rincinya, berikut beberapa peristiwa penting yang kemungkinan besar mempengaruhi pasar pada pekan ini.

1. Laporan Pekerjaan Bulanan AS

Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis kembali daftar gaji nonpertanian (nonfarm payroll) untuk bulan Mei pada pukul 08.30 pagi di hari Jumat waktu setempat, dan akan diperhatikan lebih banyak terkait upah daripada perekrutan.

Perkiraan konsensusnya adalah data akan menunjukkan pertumbuhan pekerjaan 190.000, setelah sebelumnya bertambah 164.000 pada bulan April. Sementara itu, diperkirakan tingkat pengangguran tercatat di 3,9 persen, mendekati level terendah 18 tahun pada bulan April.

Namun, sebagian besar fokus kemungkinan akan berada pada angka rata-rata penghasilan per jam, yang diperkirakan naik 0,3 persen, menyusul kenaikan 0,1 persen sebulan sebelumnya. Kemudian secara tahunan, upah diperkirakan akan meningkat 2,7 persen, lebih cepat dari kenaikan 2,6 persen pada bulan April.

2. Data Inflasi (Personal Consumption Expenditures/PCE) AS

Departemen Perdagangan AS akan menerbitkan data pendapatan pribadi dan belanja konsumen untuk bulan April, yang termasuk data pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), pada pukul 8:30 pagi di hari Kamis waktu setempat.

Perkiraan konsensusnya adalah laporan akan menunjukkan bahwa indeks harga PCE inti naik tipis 0,1 persen bulan lalu, setelah naik 0,2 persen sebulan sebelumnya.

Secara tahunan, indeks harga PCE inti diperkirakan akan naik 1,8 persen, dibandingkan dengan 1,9 persen pada bulan sebelumnya.

The Fed menggunakan PCE inti sebagai alat untuk membantu menentukan apakah akan menaikkan atau menurunkan suku bunga, dengan tujuan menjaga inflasi pada tingkat 2 persen atau di bawahnya.

Kalender minggu ini juga menampilkan estimasi kedua pertumbuhan PDB untuk kuartal pertama pada hari Rabu, yang diharapkan untuk mengkonfirmasi pertumbuhan ekonomi 2,3 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Investor telah sepenuhnya menghargai kenaikan suku bunga pada pertemuan kebijakan Fed berikutnya pada 12-13 Juni, menurut Fed Rate Monitor Tool dari situs Investing.com. Namun, pandangan Wall Street tetap terbagi atas berapa banyak lagi waktu bank sentral akan menaikkan suku bunga setelah itu.

3. Angka Inflasi Zona Eropa

Zona Eropa akan merilis angka inflasi untuk bulan Mei pada pukul 09.00 pagi di hari Kamis waktu setempat.

Perkiraan konsensusnya adalah laporan akan menunjukkan harga konsumen naik 1,6 persen, lebih cepat dari kenaikan 1,2 persen yang terlihat pada bulan April.

Kemudian yang mungkin lebih penting, angka inti yang mengecualikan energi dan harga makanan yang bergejolak, terlihat naik tipis hingga 1,0 persen, dari 0,7 persen sebulan sebelumnya.

Para pembuat kebijakan ECB baru-baru ini telah menyiapkan pasar untuk mengakhiri program stimulus besar-besaran bank sentral. Tetapi beberapa analis mulai menyuarakan keraguan bahwa itu dapat memperketat kebijakan yang diinginkan karena lemahnya data terbaru dalam indikator ekonomi.

4. Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur China

Federasi Logistik dan Pembelian China akan merilis data pada aktivitas sektor manufaktur Mei pada hari Kamis, di tengah ekspektasi untuk pembacaan 51,4, sama seperti yang terlihat pada bulan April.

Hal tersebut juga akan diikuti oleh indeks manufaktur Caixin, yang lebih fokus pada perusahaan kecil dan menengah. Survei ini diperkirakan akan naik 0,2 poin menjadi 51,3 dari 51,1.

Indeks manajer pembelian (PMI) dipandang sebagai indikator kondisi ekonomi yang baik dan bahkan disukai oleh beberapa analis untuk produk domestik bruto, yang mungkin dipengaruhi oleh penyesuaian musiman yang buruk dan rentan terhadap revisi.

Sekedar informasi, ketika PMI berada di atas 50,0 berarti menunjukkan sinyal ekspansi, sementara ketika PMI berada di bawah 50,0 menunjukkan kontraksi industri.

Sementara itu, perekonomian China tercatat tumbuh 6,8 persen pada kuartal pertama dibandingkan tahun sebelumnya, dibantu oleh rebound di sektor industri, pasar properti yang tangguh, dan pertumbuhan ekspor yang kuat.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,46

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua