BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Naik Tipis Tapi ke Depan Berpotensi Melejit

Abdul Malik19 Desember 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Naik Tipis Tapi ke Depan Berpotensi Melejit
Ilustrasi investasi emas logam mulia. (shutterstock)

Saat ini pasar emas berada dalam mode jeda menunggu data atau berita fundamental ekonomi utama berikutnya

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Selasa (19/12/2023) baik di pasar spot dunia maupun di dalam negeri kompak naik karena aksi borong emas batangan pelaku pasar, setelah beberapa hari lalu harganya murah. Apakah saat ini waktu yang tepat untuk beli emas?

Harga Emas Hari Ini, Selasa (19/12/2023)

Emas

Harga Beli Emas Hari Ini

Emas spot

US$2.024,18 per troy ounce

Emas Treasury​

Rp1.039.196 per gram

Emas Pegadaian​

Rp1.037.000 per gram

Emas Indogold

Rp1.032.000 per gram

Emas Antam

Rp1.118.000 per gram

Sumber: Investing (10.57 WIB), Antam (08.30 WIB), dan Bareksa Emas (11.11 WIB)

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Emas di Sini

Analis Senior Kitco Metals, Jim Wyckoff mengatakan saat ini pasar emas berada dalam mode jeda menunggu data atau berita fundamental ekonomi utama berikutnya. "Namun ini adalah mentalitas buy-the-dip (beli di harga rendah) di kalangan pedagang emas dengan postur teknis bullish," kata Wyckoff dilansir Liputan6 (19/12).

Menurut Wyckoff, faktor-faktor mendasar yang menjaga pasar emas tetap bertahan adalah melemahnya dolar Amerika Serikat (AS), kebijakan moneter yang lebih longgar dan beberapa permintaan aset safe haven akibat meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Pekan lalu, hasil rapat Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga di level 5,25-5,5% dan mengindikasikan pengetatan kebijakan moneter kemungkinan besar akan berakhir karena inflasi turun lebih cepat dari perkiraan.

Sementara itu Intesa Sanpaolo dalam catatannya menulis tren penurunan suku bunga AS seringkali disertai pergerakan bullish yang lebih kuat pada emas dan tren asimetris ini mungkin akan terus berlanjut dan menguntungkan emas. Terutama, pada paruh pertama tahun depan dan harga bisa mencapai rata-rata US$2.050 per ounce pada 2024.

Harga emas di pasar spot dunia pada hari ini (19/12/2023) per pukul 10.57 WIB seperti dilansir Investing, berada di kisaran US$2.024,18 per troy ons. Sebelumnya pada Jumat pekan lalu, harga emas di pasar spot di US$2.031,88 per troy ons.

Tren kenaikan emas di pasar dunia berlangsung sejak kemarin, di mana pada Senin (18/12/2023) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,44%, di posisi US$2.026,99 per troy ons. Hingga kemudian berlanjut pada hari ini per pukul 06.00 WIB Selasa (19/12/2023), sempat naik 0,03% di posisi US$2.027,52 per troy ons.

Harga emas di dalam negeri secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh harga emas di pasar dunia. Pendorong naik turunnya harga emas di pasar dunia antara lain data ekonomi AS, kebijakan Bank Sentral AS, nilai tukar dolar AS, ketegangan geopolitik, hingga besaran penawaran dan permintaan.

Seiring naiknya harga emas di pasar dunia, harga emas dalam negeri keluaran Antam pada hari ini juga tercatat naik Rp4.000 per gram dibandingkan harga kemarin menjadi Rp1.118.000 per gram. Senada di fitur Bareksa Emas di aplikasi Bareksa, pada hari ini Selasa (19/12/2023), harga emas Treasury hari ini naik tipis Rp680 per gram menjadi Rp1.039.196 per gram. Kemudian harga emas Pegadaian di Bareksa Emas juga naik Rp1.000 ribu per gram menjadi Rp1.037.000 per gram. Adapun harga emas Indogold yang juga tersedia di fitur Bareksa Emas stabil di Rp1.032.000 per gram.

Investasi Emas di Sini

Harga Emas Kenaikannya Konsisten

Meski naik turun, harga emas bisa dibilang kenaikannya konsisten. Karena itu, ketika diprediksi akan terjadi krisis dunia, maka Kamu bisa segera membeli emas, namun dengan catatan Kamu haru memantau harga emas terbaru. Sebab, ketika rupiah menguat, harga emas cenderung turun (meskipun harga global tetap). Sebaliknya ketika rupiah melemah, maka harga emas akan naik.

Nah, di saat rupiah turun, itulah waktu yang tepat untuk membeli emas. Dengan memantau pergerakan rupiah dan harga emas secara rutin, maka Kamu bisa tahu kapan momen yang pas untuk membeli emas logam mulia. Andreas Santoso, Co-founder & COO Treasury (PT Indonesia Logam Pratama), menyatakan ada 5 manfaat investasi atau menabung emas :

1. Mudah diperjualbelikan

Emas sebagai komoditas sangat mudah diperjualbelikan, berkat kemampuan untuk mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Emas logam mulia dapat bertahan dari ketidakpastian finansial. Sebagian besar negara percaya memiliki cadangan emas dapat digunakan untuk mengatasi berbagai situasi ketidakpastian ekonomi. Makanya, emas sering disebut sebagai aset safe haven (aset aman).

2. Melindungi aset dari inflasi

Waktu telah membuktikan bahwa emas satu-satunya komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi. Dengan nilai yang meningkat seiring dengan biaya hidup, seringkali emas mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi tinggi. Saat terjadi inflasi, nilai uang menjadi rendah. Sebaliknya, harga emas logam mulia justru naik lebih tinggi, sehingga membuat nilai emas semakin berharga.

3. Harga terus naik dalam jangka panjang

Investasi emas termasuk instrumen yang sangat minim risiko. Sebab emas saat ini sangat diminati masyarakat. Selain itu, keterbatasan pasokan emas juga memastikan bahwa harga emas akan selalu mengalami kenaikan serta memiliki permintaan sangat tinggi. Terbatasnya pasokan dan permintaan yang terus meningkat inilah yang akan membuat harga emas terus naik.

4. Bisa dijadikan dana darurat

Emas termasuk investasi jangka panjang karena keuntungan tidak bisa didapatkan dengan cepat. Namun investasi emas memang sangat menjanjikan, dan pada kondisi ekonomi yang stabil harga emas cenderung stabil. Tingginya permintaan, mudah untuk diperjualbelikan dan mampu mengalahkan inflasi, membuat emas cocok dijadikan dana darurat, jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk dijual.

5. Beli emas bisa mulai Rp50.000

Seiring perkembangan teknologi, emas logam mulia kini semakin mudah untuk didapatkan dan harganya semakin murah, dalam arti bisa dibeli atau investasi dengan nilai yang terjangkau. Seperti fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa. Dengan pemanfaatan teknologi digital, Kamu bisa memulai investasi dengan harga yang sangat terjangkau. Minimum pembelian emas hanya Rp50.000. Uang Rp50.000 setara dengan beli dua mangkok bakso ya!

Investasi Emas di Sini

Andreas menyataan kenaikan harga emas sejak Oktober 2018 hingga Oktober 2023 atau dalam 5 tahun terakhir mencapai 64%. Sebagai gambaran, harga emas pada Oktober 2019 masih Rp583.286 per gram, kemudian naik menjadi Rp1,04 juta per gram pada Oktober 2023. “Atau rata-rata kenaikannya 13% per tahun,” ungkap Andreas.

Illustration

Sumber : Treasury

Investasi Emas di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Cetak Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa!

Beli Emas di Sini

(Martina Priyanti)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua