BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Prediksi Harga Emas 2024 Bisa Naik Lagi, Ini Manfaat Investasi Logam Mulia

Hanum Kusuma Dewi20 November 2023
Tags:
Prediksi Harga Emas 2024 Bisa Naik Lagi, Ini Manfaat Investasi Logam Mulia
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Investasi emas kini semakin mudah dengan teknologi digital seperti fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa

Bareksa.com - ​Emas menjadi salah satu instrumen investasi favorit oleh sejumlah investor di seluruh dunia. Mudah dibeli maupun dijual hingga kekuatannya yang kebal terhadap inflasi, menjadi sejumlah daya tarik emas sebagai sebuah instrumen investasi.

Harga Emas Hari Ini, Senin (20/11/2023)

Emas

Harga Beli Emas Hari Ini

Emas Comex

US$1.981,28 per troy ounce

Emas Treasury​

Rp1.012.950 per gram

Emas Pegadaian​

Rp1.017.000 per gram

Emas Indogold

Rp1.008.000 per gram

Emas Antam

Rp1.097.000 per gram

Sumber: Investing (11.13 WIB), Antam (08.30 WIB), dan Bareksa Emas

Promo Terbaru di Bareksa

Harga emas di dalam negeri yang tersedia di fitur Bareksa Emas di aplikasi Bareksa, pada hari ini Senin (20/11/2023, untuk emas Pegadaian tercatat turun Rp3.000 per gram dibandingkan harga Jumat pekan lalu (17/11/2023), menjadi Rp1.017.000 per gram. Penurunan harga juga terjadi pada emas Treasury di Bareksa Emas dengan periode sama, yakni turun Rp5.835 per gram menjadi Rp1.012.950 per gram.

Sementara untuk harga emas Indogold di Bareksa Emas, tercatat naik Rp3.500 per gram, dibandingkan harga Jumat pagi pekan lalu, menjadi Rp1.008.000 per gram. Di sisi lain, emas dalam negeri keluaran Antam, pada hari ini tercatat naik Rp2.000 per gram, dibandingkan harga Jumat lalu menjadi Rp1.097.000 per gram.

Adapun seperti dilansir Bisnis, pada perdagangan Senin (20/11/2023) pukul 08.45 WIB, harga emas spot naik 0,02% menjadi US$1.981,28 per troy ounce. Kemudian, dilansir laman Investing per pukul 11.13 WIB, harga emas di pasar spot tercatat US$1.982,32 per troy ons, menguat 0,25%.

Beli Emas Logam Mulia, Klik di Sini

Prediksi Harga Emas Minggu Ini

Lalu bagaimana peluang harga emas hari ini? Berikut ini hasil Survei Emas yang dilakukan Kitco News seperti dilansir Liputan 6. Untuk Kamu yang merupakan investor emas pemula perlu mengetahui bahwa harga emas di pasar dunia, menjadi salah satu faktor pendorong naik turunnya harga emas di dalam negeri selain antara lain faktor nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika dan besaran penawaran pemintaan.

Nah, Minggu ini seperti dilansir Liputan 6, diketahui 12 analis Wall Street yang berpartisipasi dalam Survei Emas Kitco News menilai bahwa seperti minggu lalu, tiga pakar, atau 25% memperkirakan harga emas akan lebih tinggi pada minggu ini. Namun, minggu ini hanya satu analis yang mewakili 8% yang memperkirakan penurunan harga. Mayoritas atau 67% bersikap netral terhadap harga emas untuk minggu ini.

Hasil survei yang sama juga menemukan bahwa 595 suara diberikan dalam jajak pendapat online Kitco. Pelaku pasar bahkan lebih optimistis dibandingkan survei minggu lalu. Sebanyak 394 investor ritel atau 66% memperkirakan emas akan naik minggu ini. Sebanyak 125 responden atau 21% memperkirakan harga akan lebih rendah. Sementara 76 responden atau 13%, bersikap netral terhadap prospek jangka pendek logam mulia.

Prediksi Harga Emas 2024

Lalu bagaimana dengan potensi harga emas di tahun depan yang akan datang kurang dari dua bulan lagi?

"Ada potensi besar emas terus mengalami kenaikan ke depan, tetapi saat ini, emas mungkin perlu mengalami koreksi sedikit sebelum memulai kenaikan berikutnya. Emas sedang mencoba menembus level US$ 2.000 per ons," ujar Everett Millman, seorang analis dari Gainesville Coins, kepada Reuters yang dilansir Berita Satu.

Potensi kenaikan harga emas juga dinilai terjadi untuk harga emas di dalam negeri, dalam Bareksa Insight hari ini, Senin (20/11/2023), Tim Analis Bareksa memproyeksikan target harga emas tahun depan berada`pada level Rp1,15 juta hingga Rp1,2 juta per gram.

"Sehingga harga saat ini merupakan harga yang menarik untuk melakukan akumulasi. Perlu diketahui oleh investor bahwa investasi emas digital bukan objek pajak sehingga imbal hasil yang diperoleh, semuanya bisa dinikmati oleh investor," sebut Tim Analis Bareksa.

Beli Emas Sekarang

Manfaat Investasi Emas

Apa saja sebenarnya manfaat dari investasi emas? Berikut 9 keuntungan investasi logam mulia yang dirangkum Bareksa dari berbagai sumber.

1. Emas Pelindung dari Inflasi

Waktu telah membuktikan bahwa emas satu-satunya komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi. Dengan nilai yang meningkat seiring dengan biaya hidup, seringkali emas mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi tinggi.

Saat terjadi kenaikan inflasi, nilai uang itu sendiri menjadi rendah. Sebaliknya, harga emas logam mulia justru naik lebih tinggi harganya sehingga membuat emas semakin berharga.

2. Emas Instrumen Diversifikasi Aset

Investasi emas termasuk jenis investasi yang sangat baik untuk diversifikasi. Logam mulia ini memiliki risiko yang sangat rendah tetapi nilainya terus mengalami kenaikan.

Selain itu, pergerakan harga emas biasanya berlawanan dengan pasar saham. Saat pasar saham mengalami penurunan, pemilik emas tidak akan terlalu rugi karena harga emas akan meningkat.

Manfaat diversifikasi adalah dapat menjaga aset dari peristiwa ekonomi yang tidak terduga. Emas logam mulia atau emas batangan termasuk investasi yang dapat menawarkan jenis diversifikasi dan perlindungan untuk portofolio dan tidak ada aset dengan keistimewaan seperti yang dimiliki emas.

3. Nilai Emas Selalu Meningkat

Investasi emas termasuk instrumen yang sangat minim risiko soal nilainya. Salah satu alasannya keberadaan emas saat ini sangat diminati masyarakat. Misalnya di India, emas dianggap menguntungkan dan tidak ada perayaan yang lengkap tanpa hadirnya emas.

Selain itu, keterbatasan pasokan emas juga memastikan bahwa harga emas akan selalu mengalami kenaikan signifikan serta memiliki permintaan sangat tinggi.

Sebagai gambaran, harga emas Antam di situs logammulia.com hari ini 13 Mei 2022 terpantau Rp969.000 per gram. Harga emas Antam hari ini sudah naik sekitar 60 persen dibandingkan Rp606.000 pada lima tahun lalu.

4. Likuid

Permintaan emas yang tinggi memastikan bahwa emas mudah dijual. Kondisi itu membuat emas jadi aset sangat likuid atau mudah dicairkan jadi uang. Keberadaan emas sangat dihargai di manapun sehingga sangat mudah untuk menjual emas dan menerima uang tunai saat sedang mengalami krisis.

5. Emas Jadi Penyeimbang Devaluasi Mata Uang

Ketidakpastian keuangan dapat mengakibatkan mata uang terkuat kehilangan nilainya. Saat mata uang ini dapat dicetak 'sesuka hati', sebaliknya emas sebagai aset berwujud tidak dapat direproduksi dengan mesin makanya diyakini dapat melindungi para investor dari devaluasi mata uang.

6. Emas Mudah Diperjualbelikan

Emas sebagai barang yang sangat mudah diperjualbelikan berkat kemampuan untuk mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Emas logam mulia dapat bertahan dari ketidakpastian finansial yang turun naik. Makanya tak heran kalau sebagian besar negara percaya memiliki cadangan emas sangat besar yang dapat digunakan untuk memerangi berbagai situasi. Makanya, emas sering disebut sebagai aset safe haven (aset aman)

7. Emas Mudah Dimiliki

Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini untuk memiliki investasi emas tidak butuh proses panjang. Seperti fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa. Dengan pemanfaatan teknologi digital, setiap individu bisa berinvestasi emas baik itu bentuk perhiasan, kepingan bahkan batangan dengan fasilitas titipan di Bareksa Emas.

8. Emas Bisa Menjadi Dana Darurat

Emas termasuk investasi jangka panjang karena keuntungan tidak bisa kita dapatkan dengan cepat. Investasi emas memang sangat menjanjikan, dan pada kondisi ekonomi yang stabil harga emas cenderung stabil.

Fluktuasi harga emas tergantung pada nilai mata uang nasional terhadap mata uang asing. Walaupun kenaikan harga emas bisa terjadi beberapa tahun sekali, logam mulia emas memiliki harga yang cenderung naik daripada turun.

Untuk itu, investasi emas mampu memberi keuntungan dalam jangka panjang dan bisa menjadi dana darurat di masa depan.

9. Risiko Emas Terbilang Minim

Memilih emas sebagai investasi menjadi solusi terbaik untuk pemula, karena selain memiliki berbagai keuntungan, investasi ini juga minim risiko. Emas bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan tidak akan mengalami perubahan pada fisiknya.

Selain itu, keuntungan investasi emas dari segi penyimpanan yang lama tidak menurunkan kualitasnya tersebut. Risiko investasi emas ini terbilang sangat minim karena harganya yang cenderung stabil bahkan naik menjadikannya lebih aman.

Tak hanya itu saja, investasi emas terbilang aman karena tidak akan terdampak inflasi. Justru nilai harganya yang semakin meroket akan investasi emas ini mampu memberikan keuntungan maksimal.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini


Promo Bareksa Emas Pegadaian

Untuk Kamu yang ingin investasi emas online melalui Bareksa Emas saat ini Bareksa - Pegadaian menawarkan kemudahan dan harga yang kompetitif yang meningkatkan peluang keuntungan jangka panjang. Apalagi, bisa terintegrasi dengan portofolio investasi kamu lainnya di super app Bareksa.

Khusus Smart Investor yang membeli Emas Pegadaian di Bareksa Emas dengan nilai pembelian terbesar, ada grand prize berupa Smart TV Xiaomi 43 inch dan Emas Pegadaian senilai hingga Rp2 juta. Lalu, untuk transaksi pertama minimal Rp500.000 juga berpeluang mendapat hadiah Emas Pegadaian senilai Rp50.000.

Catat hadiah dan kode promonya berikut ini.

Hadiah TRANSAKSI PERTAMA

  • Emas senilai Rp 50ribu
  • Untuk 150 investor tercepat
  • minimal pembelian Bareksa Emas Pegadaian Rp500.000
  • Kode Promo NEWPGDNOV23

Hadiah Transaksi TERBESAR

  • 1 Unit Smart TV Xiaomi 43inch
  • 1 Unit Emas Pegadaian senilai Rp2.000.000
  • 2 Unit Emas Pegadaian senilai Rp1.000.000
  • 3 Unit Emas Pegadaian senilai Rp500.000
  • 40 Unit Emas Pegadaian senilai Rp100.000
  • minimal pembelian Bareksa Emas Pegadaian Rp1 juta
  • Kode Promo BPGDNOV23

Syarat dan Ketentuan Promo Bareksa Emas - Pegadaian November 2023

1. Periode promo berlaku dari tanggal 14 November 2023 pukul 09.00 WIB - 30 November 2023 pukul 23.59 WIB.

2. Promo berlaku untuk pembelian produk Bareksa Emas PEGADAIAN dengan metode pembayaran apa saja dan memilih kode promo

3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa.

4. Investor dengan pembelian pertama atau terbesar berhak mendapatkan hadiah.

5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

6. Pengumuman pemenang pada tanggal 21 Desember 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut.

7. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan.

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa.

10. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi.

Ayo semangat investasi emas online di super app Bareksa. Raih hadiah dan potensi keuntungan emas di masa depan.

Beli Emas Pegadaian, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.777,6

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,71%
Up17,19%
Up44,79%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.328,41

Up1,29%
Up4,10%
Up0,03%
Up5,75%
Up19,16%
-

STAR Stable Income Fund

1.928,13

Up0,49%
Up2,98%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,06%
Up64,47%

I-Hajj Syariah Fund

4.828,04

Up0,52%
Up3,07%
Up0,03%
Up6,13%
Up21,90%
Up40,52%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.142,09

Up0,51%
Up2,86%
Up0,02%
Up5,01%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua