BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Bank Sentral Pemborong Emas Terbesar pada Juni 2023, Total Mencapai 55 Ton

Abdul Malik09 Agustus 2023
Tags:
Bank Sentral Pemborong Emas Terbesar pada Juni 2023, Total Mencapai 55 Ton
Ilustrasi cadangan emas batang yang dikumpulkan oleh bank-bank sentral di dunia dinilai sebagai upaya menciptakan mata uang cadangan, alternatif dari dolar AS. (Shutterstock)

Ada 6 bank sentral yang memborong emas pada bulan Juni 2023 dan hanya 2 bank sentral penjual emas di pasar

Bareksa.com - Setelah tiga bulan mencatatkan net sell (jual bersih), bank sentral negara-negara di dunia kembali mencatatkan net buy (beli bersih) emas pada Juni 2023. Dilansir Kitco News (7/8/2023) yang mengutip laporan Dewan Emas Dunia (World Gold Council/WGC), catatan net buy oleh bank sentral itu karena Bank Sentral Turki memainkan peran penting.

Dalam laporan terbarunya, WGC menyatakan ada 6 bank sentral membeli emas pada bulan Juni 2023 dan hanya 2 bank sentral penjual emas di pasar. Pembelian bersih mencapai 55 ton. Bersama dengan Bank Sentral Turki, Bank Sentral Cina (People's Bank of China/PBOC) mendominasi pasar, setelah membeli 21 ton emas pada Juni, memperpanjang pembeliannya dalam 8 bulan berturut-turut.

"Sejak mulai melaporkan peningkatan pada November 2022, cadangan emas telah tumbuh 165 ton (atau naik 8%), dimana 103 ton telah dibeli pada 2023, menjadikannya pembeli terbesar sepanjang tahun berjalan (6 bulan terakhir)," kata Krishan Gopaul, analis senior di WGC, dalam laporan tersebut.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Emas di Sini

Setelah tiga bulan penjualan, Bank Sentral Turki membeli 11 ton emas pada bulan Juni 2023. Namun, Turki butuh emas lebih banyak lagi, agar cadangan logam mulianya bisa kembali seperti semula di awal tahun. Bahkan setelah pembeliannya pada bulan Juni, Bank Sentral Turki masih mencatatkan kepemilikan emasnya turun 100 ton tahun ini.

Bank Sentral Turki sebelumnya terpaksa menjual emasnya untuk memenuhi permintaan domestik, karena pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengekang impor emas guna menjaga defisit perdagangan tetap terkendali. Turki mencatatkan lonjakan permintaan ritel domestik emas karena konsumen memburu logam mulia guna melindungi diri dari dampak melemahnya mata uang dan lonjakan inflasi.

Polandia adalah bank sentral ketiga yang disorot Gopaul dalam laporannya setelah membeli 14 ton emas. "Ini adalah pembelian bulan ketiga berturut-turut dari Bank Sentral Polandia (Narodowy Bank Polski/NBP), yang tahun lalu mengindikasikan rencana untuk menambah 100 ton cadangan emasnya. NBP telah menambahkan 48 ton sepanjang 6 bulan pertama di 2023, mendorong total kepemilikan emasnya menjadi 277 ton," kata Gopaul.

Beli Emas di Sini

Pembeli emas besar lainnya di bulan Juni 2023 adalah Uzbekistan, yang membeli 8 ton emas, kemudian Republik Ceko memborong emas 3 ton, Qatar membeli 2 ton emas, dan India membeli 1 ton emas. Kazakhstan dan Singapura adalah dua negara penjual signifikan di bulan Juni. Cadangan emas resmi Kazakhstan turun 3 ton.

Laporan itu mengatakan Otoritas Moneter Singapura mengurangi cadangan emasnya sebanyak 1 ton pada bulan Juni 2023. Terlepas dari tekanan jual bulan Juni, Singapura tetap menjadi pembeli emas utama karena cadangannya meningkat lebih dari 71 ton sepanjang tahun ini.

Pembelian bank sentral bulan Juni sejalan dengan tren di pasar. WGC mengatakan permintaan emas bank sentral pada kuartal II 2023 mencapai 102,9 ton, turun 39% dibandingkan dengan permintaan kuartal II 2022. Namun, permintaan emas di kuartal I 2023 mencatatkan rekor tertinggi.

Meskipun permintaan emas oleh bank sentral mulai mendingin dibandingkan tahun lalu, namun para analis menilai segmen pasar ini akan terus memberikan dukungan yang kuat untuk harga sepanjang sisa tahun ini.

Tren Permintaan Emas

Illustration

Sumber : World Gold Council​

Beli Emas di Sini

Promo Investasi Emas

Investasi emas logam mulia dapat menjadi penyeimbang portofolio di saat aset investasi lain sedang bergejolak. Bahkan, secara historis, investasi emas jangka panjang pasca krisis membuahkan hasil yang menarik. Kalau belinya di Bareksa Emas, Smart Investor juga berpeluang mendapatkan bonus cashback dalam Promo Pekan Emas Bareksa.

Tersedia hadiah cashback 1% dari nilai pembelian dengan nilai cashback maksimal Rp1 juta. Caranya mudah, cukup beli emas di Bareksa Emas senilai minimal Rp1 juta untuk mendapatkan kesempatan ini. Saat transaksi, gunakan kode promo PEKANEMAS.

Baca juga syarat dan ketentuannya berikut.

Syarat dan Ketentuan Promo Pekan Emas Bareksa

1. Periode promo berlaku dari tanggal 2 - 15 Agustus 2023
2. Promo berlaku untuk pembelian produk emas Bareksa apa saja dengan metode pembayaran apa saja dan memasukkan kode promo PEKANEMAS
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Promo hanya berlaku untuk 1 (satu) kali pembelian saja, tidak berlaku kelipatan
5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode
6. Pengumuman pemenang pada tanggal 30 Agustus 2023 melalui media sosial dan email kepada para pemenang tersebut
7. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa
10. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi.

Ayo investasi emas online di Bareksa Emas dan raih kesempatan mendapatkan cashback menariknya!

Beli Emas di Sini

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, bekerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua