BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Berpeluang Naik Lagi, Ini Keuntungan Investasi Logam Mulia

Abdul Malik06 April 2023
Tags:
Harga Emas Berpeluang Naik Lagi, Ini Keuntungan Investasi Logam Mulia
Ilustrasi investasi emas logam mulia, di mana harga emas diprediksi terus meningkat. (Shutterstock)

Investasi emas kini semakin mudah dengan teknologi digital seperti yang tersedia dalam fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa

Bareksa.com - Harga emas baik di pasar dunia maupun dalam negeri bergejolak karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Di antaranya seperti nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) dan besaran permintaan serta penawarannya. Para analis menilai emas bisa bertahan di atas level US$2.000 per troy ounce, karena meningkatnya kekhawatiran atas kondisi perekonomian global.

Harga Emas Hari ini, Kamis (6/4/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$2.012,67 per troy ounce

Emas Treasury

Rp1.006.434 per gram

Emas Pegadaian

Rp1.005.000 per gram

Emas Antam

Rp1.078.000 per gram

*Data emas spot per pukul 12.07 WIB, Sumber : Logam Mulia, Investing, Bareksa

Harga emas sedikit melemah pada Rabu menyusul aksi ambil untung oleh investor setelah kenaikan dua hari berturut-turut dan akibat penguatan dolar Amerika Serikat (AS). Namun emas tetap bertengger di atas level psikologis US$2.000 per troy ounce di tengah banyaknya tanda-tanda perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Exchange, menyusut 0,13% jadi US$2.035,6 per ounce, setelah sempat menyentuh level tertinggi US$2.049,2 dan terendah di US$2.026,1.

Promo Terbaru di Bareksa

Kemudian pada hari ini, Kamis (6/4/2023), harga emas di level US$2.023 per troy ounce. Harga emas Treasury di fitur Bareksa Emas di level Rp1.006.434 per gram dan harga emas Pegadaian di Rp1.005.000 per gram. Adapun harga emas Antam di level Rp1.078.000 per gram.

Para analis menilai, emas dapat mempertahankan kenaikan di atas level US$2.000 per troy ounce karena menguatnya kekhawatiran terhadap perekonomian. Pergerakan harga emas dunia didukung data lowongan pekerjaan AS yang menunjukkan pelemahan ke level terendah dalam dua tahun. Data itu juga dinilai mengindikasikan kondisi ekonomi AS melemah. Pelemahan ekonomi juga makin tampak akibat data aktivitas manufaktur AS pada Maret merosot ke level terendah dalam hampir 3 tahun.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Harga Emas akan Terus Naik?

Adanya kekhawatiran terhadap kondisi ekonomi global membuat emas semakin diminati investor. Sebab, emas dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi dan gejolak ekonomi. "Data ekonomi yang suram membuat investor sedikit menghindari risiko kembali ke market dan itu bermanfaat untuk emas safe-haven," kata Jim Wyckoff, Analis Senior di Kitco Metals dilansir Kompas.com.

Senada dengan Wyckoff, Chief Analist DCFX Futures Lukman Leong mengatakan harga emas memang sudah diperkirakan akan naik. Penguatan harga emas didukung oleh permintaan fisik dari bank-bank sentral, terutama Bank of China.

"Dengan tingkat suku bunga bank-bank sentral dunia yang sudah atau mendekati puncaknya dan ekonomi dunia yang diperkirakan akan sudah mulai melamban, harga emas akan terus meningkat," kata Lukman dilansir Kontan.co.id, Rabu (5/4/2023).

Lukman mengatakan lonjakan harga emas kali ini juga didukung oleh penurunan imbal hasil Obligasi Pemerintah Amerika Serikat (AS) akibat ekspektasi Federal Reserve yang akan lebih dovish. Menurut dia, The Fed akan dovish akibat beberapa data ekonomi AS yang lebih lemah, seperti ISM manufacturing, lowongan kerja, dan pesanan pabrik. Lukman memprediksi, emas akan berpotensi menuju US$2.200 per ons troi–US$2.300 per ounce di akhir tahun 2023.

Permintaan emas fisik bank sentral, ekspektasi suku bunga bank-bank sentral yang menurun, serta perlambatan ekonomi global menjadi penyokong harga emas. Tensi geopolitik antara China-AS dan perang Rusia-Ukraina yang berkepanjangan juga turut mendukung kenaikan harga emas sebagai safe haven.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Manfaat Investasi Emas

Apa saja sebenarnya manfaat dari investasi emas? Berikut 9 keuntungan investasi logam mulia yang dirangkum Bareksa dari berbagai sumber.

1. Emas Pelindung dari Inflasi

Waktu telah membuktikan bahwa emas satu-satunya komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi. Dengan nilai yang meningkat seiring dengan biaya hidup, seringkali emas mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi tinggi.

Saat terjadi kenaikan inflasi, nilai uang itu sendiri menjadi rendah. Sebaliknya, harga emas logam mulia justru naik lebih tinggi harganya sehingga membuat emas semakin berharga.

2. Emas Instrumen Diversifikasi Aset

Investasi emas termasuk jenis investasi yang sangat baik untuk diversifikasi. Logam mulia ini memiliki risiko yang sangat rendah tetapi nilainya terus mengalami kenaikan.

Selain itu, pergerakan harga emas biasanya berlawanan dengan pasar saham. Saat pasar saham mengalami penurunan, pemilik emas tidak akan terlalu rugi karena harga emas akan meningkat.

Manfaat diversifikasi adalah dapat menjaga aset dari peristiwa ekonomi yang tidak terduga. Emas logam mulia atau emas batangan termasuk investasi yang dapat menawarkan jenis diversifikasi dan perlindungan untuk portofolio dan tidak ada aset dengan keistimewaan seperti yang dimiliki emas.

3. Nilai Emas Selalu Meningkat

Investasi emas termasuk instrumen yang sangat minim risiko soal nilainya. Salah satu alasannya keberadaan emas saat ini sangat diminati masyarakat. Misalnya di India, emas dianggap menguntungkan dan tidak ada perayaan yang lengkap tanpa hadirnya emas.

Selain itu, keterbatasan pasokan emas juga memastikan bahwa harga emas akan selalu mengalami kenaikan signifikan serta memiliki permintaan sangat tinggi.

4. Likuid

Permintaan emas yang tinggi memastikan bahwa emas mudah dijual. Kondisi itu membuat emas jadi aset sangat likuid atau mudah dicairkan jadi uang. Keberadaan emas sangat dihargai di manapun sehingga sangat mudah untuk menjual emas dan menerima uang tunai saat sedang mengalami krisis.

5. Emas Jadi Penyeimbang Devaluasi Mata Uang

Ketidakpastian keuangan dapat mengakibatkan mata uang terkuat kehilangan nilainya. Saat mata uang ini dapat dicetak 'sesuka hati', sebaliknya emas sebagai aset berwujud tidak dapat direproduksi dengan mesin makanya diyakini dapat melindungi para investor dari devaluasi mata uang.

6. Emas Mudah Diperjualbelikan

Emas sebagai barang yang sangat mudah diperjualbelikan berkat kemampuan untuk mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Emas logam mulia dapat bertahan dari ketidakpastian finansial yang turun naik. Makanya tak heran kalau sebagian besar negara percaya memiliki cadangan emas sangat besar yang dapat digunakan untuk memerangi berbagai situasi. Makanya, emas sering disebut sebagai aset safe haven (aset aman).

7. Emas Mudah Dimiliki

Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini untuk memiliki investasi emas tidak butuh proses panjang. Seperti fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa. Dengan pemanfaatan teknologi digital, setiap individu bisa berinvestasi emas baik itu bentuk perhiasan, kepingan bahkan batangan dengan fasilitas titipan di Bareksa Emas.

8. Emas Bisa Menjadi Dana Darurat

Emas termasuk investasi jangka panjang karena keuntungan tidak bisa kita dapatkan dengan cepat. Investasi emas memang sangat menjanjikan, dan pada kondisi ekonomi yang stabil harga emas cenderung stabil.

Fluktuasi harga emas tergantung pada nilai mata uang nasional terhadap mata uang asing. Walaupun kenaikan harga emas bisa terjadi beberapa tahun sekali, logam mulia emas memiliki harga yang cenderung naik daripada turun.

Untuk itu, investasi emas mampu memberi keuntungan dalam jangka panjang dan bisa menjadi dana darurat di masa depan.

9. Risiko Emas Terbilang Minim

Memilih emas sebagai investasi menjadi solusi terbaik untuk pemula, karena selain memiliki berbagai keuntungan, investasi ini juga minim risiko. Emas bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan tidak akan mengalami perubahan pada fisiknya.

Selain itu, keuntungan investasi emas dari segi penyimpanan yang lama tidak menurunkan kualitasnya tersebut. Risiko investasi emas ini terbilang sangat minim karena harganya yang cenderung stabil bahkan naik menjadikannya lebih aman.

Tak hanya itu saja, investasi emas terbilang aman karena tidak akan terdampak inflasi. Justru nilai harganya yang semakin meroket akan investasi emas ini mampu memberikan keuntungan maksimal.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Investasi Emas Online

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.316,44

Up0,14%
Up3,25%
Up0,02%
Up5,57%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,24

Up0,56%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,20%
Up44,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,14

Down- 0,90%
Up3,16%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,25%
Up46,69%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.037,94

Down- 0,06%
Up1,99%
Up0,02%
Up2,93%
Down- 2,23%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,17

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua