BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Turun, Peluang Investasi Logam Mulia Jangka Panjang

Hanum Kusuma Dewi03 Februari 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Turun, Peluang Investasi Logam Mulia Jangka Panjang
Ilustrasi emas batangan logam mulia yang harganya rata-rata naik hingga 12% per tahun. (Shutterstock)

Harga emas dunia jadi salah satu faktor penentu harga emas di dalam negeri

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Jumat (3/2/2023) baik di pasar global maupun dalam negeri, kompak turun. Penurunan harga logam mulia khususnya di pasar dunia, disebabkan menguatnya dolar Amerika dibandingkan sejumlah mata uang antara lain euro dan pound menyusul kebijakan bank sentral Amerika yang menaikkan suku bunga.

Harga Emas Hari ini, Jumat (3/2/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.917,04 per troy ons

Emas Treasury

Rp950.632 per gram

Emas Pegadaian

Rp968.000 per gram

Emas Antam

Rp1.029.000 per gram

*Data emas spot per pukul 09.05 WIB, Sumber : Logam Mulia, Bisnis, Bareksa

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Jumat (3/2/2023) per pukul 10.23 WIB tercatat di US$1.917,04 per troy ons, turun dibandingkan harga kemarin, Kamis (2/2/2023) yang sempat menyentuh US$1.954,04 per troy ons. Namun demikian, sejumlah analis menilai harga emas berpotensi ditutup menguat pada perdagangan pada akhir pekan ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Bagi kamu investor emas pemula perlu mengetahui bahwa harga emas di pasar dunia mempengaruhi besaran harga emas di dalam negeri. Faktor lain yang mempengaruhi harga emas di dalam negeri khususnya yang berupa emas batangan atau logam mulia antara lain nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika dan juga besaran penawaran dan permintaan.

Sebagai gambaran secara riil, harga emas di dalam negeri pada hari ini untuk emas keluaran Antam, turun Rp13.000 per gram menjadi Rp1.029.000 per gram. Penurunan harga juga terjadi pada harga emas yang tersedia dalam fitur Emas Treasury di Bareksa, untuk emas Treasury menjadi​ Rp950.632 per gram dan untuk emas Pegadaian​ menjadi Rp968.000 per gram.

Tim Analis Monex Investindo Futures seperti dilansir Bisnis.com menilai harga emas akan ditopang oleh outlook melambatnya kenaikan suku bunga The Fed. Hari ini, harga emas berpeluang dibeli untuk menguji level resistance US$1.927 per troy ons selama harga bertahan di atas level support US$1.910 per troy ons.

"Namun, penurunan lebih rendah dari level support tersebut berpeluang memicu aksi jual terhadap harga emas menguji level support selanjutnya US$1.903 per troy ons," kata Monex dalam riset harian seperti dilansir Bisnis, Jumat (3/2/2023).

Waktu Tepat Investasi Emas

Jadi, apakah saat ini waktu yang tepat untuk investasi emas? Sejatinya tidak ada waktu yang tepat untuk memulai investasi emas.Saat Kamu memiliki dana, maka sebenarnya saat itulah waktu terbaik untuk berinvestasi emas. Juga perlu dipertimbangkan, apakah emas sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan Kamu atau nggak.

Jaza Yusron, Analis Treasury (PT Indonesia Logam Pratama) mengatakan setiap investor sebaiknya melakukan diversifikasi investasi. Namun sebelum memilih aset untuk diversifikasi, setiap investor apalagi pemula, sebaiknya mengenali lebih dahulu profil risikonya seperti apa. Selain itu, investor juga harus memiliki tujuan investasi.

"Dari situ kita bisa tahu aset apa saja yang cocok dengan profil risiko kita. Namun tinggi atau rendahnya profil risiko kita, kita tetap perlu mendiversifikasikan portofolio kita, dan untuk porsi aset rendah risiko, salah satu aset yang performanya stabil adalah emas," kata Jaza beberapa waktu lalu.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Profil risiko adalah seberapa besar risiko yang bisa ditoleransi oleh investor. Karakter investor berdasarkan profil risikonya bisa dibagi menjadi agresif (pengambil risiko tinggi), moderat (menengah) dan konservatif (penghindar risiko).

Untuk tujuan investasi, bisa dibedakan dari jangka waktunya yaitu tujuan jangka pendek, menengah hingga panjang. Adapun aset-aset investasi bisa berupa saham, reksadana, emas logam mulia dan Surat Berharga Negara (SBN). Selain itu, aset kripto (crypto) dan deposito juga bisa dijadikan sebagai aset penyimpan uang.

Illustration

Sumber : Treasury

Ia mencontohkan, misalnya kamu seorang investor dengan profil risiko moderat, maka formula investasi yang cocok dengan alokasi dana yang Kamu miliki ialah di aset risiko tinggi 50% dan alokasi dana untuk investasi di aset rendah risiko (emas) 50%.

Diversifikasi portofolio investasi, kata Jaza, selain untuk mendorong tercapainya tujuan investasi, juga untuk meminimalkan risiko.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini
Diversifikasi investasi perlu dilakukan oleh setiap investor, antara lain untuk mengurangi risiko investasi dari instrumen investasi yang kamu pilih. Jadi, sebaiknya investor membagi penempatan dana investasi (eggs/telur) dalam beberapa jenis instrumen investasi (basket).

Kalau kamu hanya menyimpan investasi di satu keranjang, saat instrumen investasi (basket) 'jatuh', maka seluruh dana (eggs/telur) akan turun nilainya (pecah). Jadi, sebaiknya Kamu menempatkan dana investasi dalam beberapa jenis instrumen investasi dengan cara diversifikasi.

Illustration

Sumber : Treasury

Misalnya, porsi investasi ada di reksadana, emas batangan dan Surat Berharga Negara (SBN) seperti dalam tabel tersebut. Produk investasi dipilih, sekali lagi, sebaiknya disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Tertarik untuk investasi emas di Bareksa? Biar dapat cuan banyak dari investasi emas, untuk Kamu investor emas pemula, sebaiknya memastikan bahwa instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko dan untuk jangka panjang.

Ayo lanjutkan perjalanan investasi emas dan raih financial freedom bersama Bareksa.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti/HM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin







Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.309,15

Up0,85%
Up2,70%
Up0,02%
Up6,42%
Up19,48%
-

Capital Fixed Income Fund

1.754,65

Up0,57%
Up3,43%
Up0,01%
Up7,80%
Up18,45%
Up43,30%

STAR Stable Income Fund

1.905,42

Up0,51%
Up2,82%
Up0,01%
Up6,43%
Up31,33%
Up61,09%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.760,02

Up0,54%
Up2,57%
Up0,01%
Up5,49%
Up20,00%
Up49,59%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.037,27

Up0,50%
Up1,92%
Up0,01%
Up2,47%
Down- 2,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua