BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Turun Tipis, Simak 7 Tips Beli Logam Mulia

Hanum Kusuma Dewi21 Maret 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Turun Tipis, Simak 7 Tips Beli Logam Mulia
Ilustrasi investasi emas logam mulia yang digambarkan dengan tumpukan emas batangan berbagai ukuran. (shutterstock)

Sebelum membeli emas, kamu juga butuh strategi yang tepat dan tidak asal membelinya

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Selasa (21/3/2023) turun tipis dibandingkan harga kemarin karena adanya profit taking atau aksi ambil untung. Meski melemah, harga emas diyakini masih memiliki potensi melanjutkan tren kenaikan karena krisis perbankan dinilai belum selesai.

Harga Emas Hari ini, Selasa (21/3/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.982,37 per troy ounce

Emas Treasury

Rp1.007.838 per gram

Emas Pegadaian

Rp1.014.000 per gram

Emas Antam

Rp1.084.000 per gram

*Data emas spot per pukul 11.55 WIB, Sumber : Logam Mulia, Investing, Bareksa

Investasi Emas Sekarang

Promo Terbaru di Bareksa

Harga emas di pasar spot dunia hari ini, Selasa (21/3/2023) pukul 11.55 WIB tercatat di level US$1.982,37 per troy ounce. Harga emas di pasar dunia terbang. Sebelumnya pada Senin (20/3/2023), harga emas di pasar spot sempat menyentuh US$2.000,22 per troy ounce.

Penurunan harga emas di pasar dunia, juga berpengaruh pada harga emas di dalam negeri seperti yang tersedia dalam fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa, yakni Emas Treasury yang turun Rp9.025 per gram jadi Rp1.007.838 per gram. Sebelumnya pada kemarin, harga emas Treasury naik Rp34.963 per gram dibandingkan harga pada Jumat pekan lalu.

Harga emas terkoreksi juga terjadi pada emas Antam, hari ini menjadi Rp1.084.000 per gram, atau turun Rp1.000 per gram. Sebelumnya pada kemarin, emas Antam naik Rp22.000 per gram dibandingkan harga pada Jumat pekan lalu.

Harga emas di pasar dunia ikut mempengaruhi harga emas di dalam negeri. Faktor lainnya seperti besaran permintaan dan juga penawaran emas serta, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

Makanya, naik atau turunnya harga emas di pasar dunia, sontak atau langsung diikuti dengan harga emas di negeri. Walau demikian, bisa saja tidak langsung seperti yang terjadi pada emas Pegadaian yang tersedia di fitur Bareksa Emas pada hari ini.

Harga emas Pegadaian di fitur Bareksa Emas, hari ini naik Rp2.000 per gram menjadi Rp1.014.000 per gram dibandingkan harga kemarin. Sebelumnya pada kemarin, harga emas Pegadaian naik Rp23.000 per gram dibandingkan harga pada Jumat pekan lalu.

Sementara itu mengutip Bloomberg seperti dilansir Bisnis, Selasa (21/3/2023) emas sebagai aset safe haven secara singkat naik di atas US$2.000 per troy ounce pada kemarin, Senin, untuk pertama kalinya dalam setahun karena kesepakatan akuisisi Credit Suisse Group AG oleh UBS Group AG gagal menenangkan kekhawatiran atas industri perbankan global.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini


Harga Emas Masih Berpotensi Naik

Nah, Sprott Inc. menilai kekhawatiran atas penularan di antara bank-bank regional Amerika telah memicu taruhan bahwa Federal Reserve atau bank sentral Amerika, dapat mempelambat laju pengetatan moneter, yang biasanya berarti harga emas akan naik.

"Saya tentu berpikir pasar emas sedang menuju level tertinggi baru. Sesaat likuiditas dipulihkan kembali ke pasar global, emas tampaknya selalu menjadi hal pertama yang pulih, dan kemudian sering mencapai titik tertinggi baru," kata Chief Executive Officer Sprott Inc, Sinta Whitney George dalam sebuah wawancara seperti dilansir Bisnis.

Analis OANDA, Edward Moya seperti dilansir CNBC Indonesia, mengatakan emas masih berpotensi naik karena krisis perbankan belum selesai. "Langkah darurat sudah dilakukan tetapi semuanya belum usai. Aset safe haven kini menjadi kunci perdagangan," tutur Moya, dikutip dari Reuters.

7 Tips Beli Emas Logam Mulia

Untuk kamu yang merupakan investor pemula emas, khususnya emas batangan atau kerap disebut logam mulia. Biar aman sekaligus dapat cuan di kemudian hari, sebaiknya membeli emas batangan tidak sembarangan atau asal.

Berikut tips investasi emas batangan bagi investor pemula dilansir Sahabat Pegadaian :

1. Tentukan tujuan investasi emas

Sebelum memutuskan untuk membeli emas, sebaiknya tentukan dulu tujuan jangka panjang investasi emas ini, apakah untuk dana pendidikan, ibadah haji, atau untuk dana di masa depan.

Dengan menentukan tujuan, memudahkan kamu untuk memperkirakan berapa gram emas yang harus dibeli, sehingga nilainya cukup untuk memenuhi target di masa depan nanti.

Kemudian, tentukan berapa jumlah target masa depan, misalnya untuk biaya pendidikan anak butuh Rp108juta. Maka kita perlu kira-kira emas minimal 120 gram. Jika biaya tersebut diharapkan tersedia dalam 10 tahun mendatang, maka setiap bulan perlu menabung 1 gram emas.

2. Ketahui tingkat kemurnian emas

Biar tak salah memilih, kamu juga wajib mengetahui tingkat kemurnian emas. Ada banyak jenis tingkat kemurnian emas, di antaranya adalah 24 karat dan 18 karat.

Emas batangan dengan kandungan 24 karat merupakan emas batangan dengan tingkat kemurnian emas paling tinggi karena tidak ada campuran dari logam lainnya.

Sedangkan, emas batangan dengan kandungan 18 karat terdiri dari 18 bagian emas serta campuran dari 6 logam lainnya.

Nah biar nilai investasi kamu tetap stabil sesuai dengan harga emas di pasar, kamu bisa memilih emas batangan dengan kandungan 24 karat.

Beli Emas Logam Mulia di Sini

3. Beli emas di tempat yang terpercaya

Saat memutuskan untuk membeli emas batangan, jangan sekali-kali membeli emas secara online yang tidak jelas kredibilitasnya. Sebaiknya beli emas batangan di lembaga keuangan yang resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Tentukan ukuran emas yang dibeli

Membeli emas batangan bervariasi mulai dari ukuran gram yang kecil hingga besar mencapai 1 kilogram. Kamu bebas memilih membeli dalam jumlah yang kecil atau yang besar sesuai dengan kebutuhan.

Apabila investasi emas batangan hanya sebagai simpanan saja, tidak ada tujuan jangka panjang, sebaiknya beli emas batangan dengan gram yang kecil. Emas batangan dengan gram kecil lebih mudah dicairkan dibandingkan gram besar, sehingga saat sedang dibutuhkan bisa langsung dijual.

Selain itu, sebaiknya tujuan investasi emas adalah untuk jangka panjang, sebaiknya pilih ukuran gram emas dengan nilai yang besar, yakni di atas 25 gram. Alasannya, membeli emas dalam jumlah besar, harganya jauh lebih murah dibandingkan membeli emas batangan dengan nilai gram lebih kecil.

5. Pikirkan tempat penyimpanan emas

Jika memutuskan untuk membeli emas batangan, jangan lupa pikirkan tempat penyimpanan emas yang tepat. Tidak hanya tempat yang aman, namun juga bersih, sehingga tidak membuat emas jadi berdebu atau kotor.

Sementara kalau kamu ingin menyimpan sendiri di rumah, kamu bisa membeli kotak brankas dengan keamanan yang tinggi. Namun, jika kamu ingin menyimpannya di lembaga keuangan seperti Pegadaian, kamu bisa memanfaatkan layanan Safe Deposite Box dengan biaya tahunan yang sudah ditentukan.

Pilihan lainnya adalah, kamu bisa investasi emas digital seperti yang tersedia di fitur Bareksa Emas. Kamu baru bisa mengambil emas fisiknya jika menggunakan layanan cetak fisik.

Mulai Investasi Emas, Klik di Sini

6. Bandingkan harga emas

Sebelum membeli emas, pastikan kamu juga membandingkan harga emas pada masing-masing produsen. Misalnya kamu memantau harga emas Pegadaian atau emas Treasury.

Kamu bisa membandingkan satu sama lain dan ambil emas batangan dengan harga terbaik dan keuntungan yang sama.

7. Beli emas saat harga sedang turun

Sebelum membeli emas, kamu juga butuh strategi yang tepat dan tidak bisa asal membelinya. Caranya dengan terus memantau harga emas di pasaran. Beli emas batangan saat harga sedang turun.

Terpenting juga sebelum berinvestasi pastikan terlebih dahulu kalau emas merupakan instrumen investasi yang cocok dengan profil risikomu ya.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Investasi Emas Online

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Beli Logam Mulia Sekarang

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua