BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Makin Kinclong, Ini 7 Negara Pembeli Logam Mulia Terbesar di Dunia

Hanum Kusuma Dewi22 Desember 2022
Tags:
Harga Emas Makin Kinclong, Ini 7 Negara Pembeli Logam Mulia Terbesar di Dunia
Ilustrasi emas batangan dan emas perhiasan yang bisa menjadi alternatif investasi. (Shutterstock)

Konsumsi emas meningkat juga karena didorongnya semakin mudahnya membeli emas

Bareksa.com - Emas telah lama digemari oleh semua lapisan masyarakat di seluruh dunia baik sebagai bahan perhiasan maupun sebagai instrumen investasi. Apalagi, harga emas global sedang naik tinggi-tingginya dan berpotensi memberikan keuntungan buat investor jangka panjang.

Menurut pantauan Bareksa, harga emas hari ini, Kamis 22 Desember 2022 menguat. Harga emas di pasar spot naik 0,2% ke US$1.818,58 per troy ounce. Demikian juga harga emas berjangka di Comex untuk pengiriman Februari 2023 mencapai US$1.827,45 per troy ounce.

Di dalam negeri, harga beli emas Pegadaian naik ke Rp945.000 per gram. Sementara itu, harga beli emas Treasury sedikit terkoreksi ke Rp940.037 per gram. Harga emas Antam hari ini juga terkoreksi ke Rp1.014.000 per gram.

Promo Terbaru di Bareksa

Harga Emas Hari ini Kamis (22/12/2022) :

Emas

Kenaikan (penurunan)

Harga

Emas pasar spot (XAU/USD)

+0,2%

US$1.818,58 per troy ounce

Emas Comex kontrak Februari 2023

+0,1%

US$1.827,45 per troy ounce

Emas Treasury

-0,01%%

Rp940.037 per gram

Emas Pegadaian

+0,10%

Rp945.000 per gram

Emas Antam

-0,19 %

Rp1.014.000 per gram

*Data emas spot dan Comex per pukul 08.39 WIB, Sumber : Investing, logammulia.com, Bareksa

Secara global, emas masih sering dicari oleh investor, terutama di beberapa negara besar. Alasannya, tak lain karena logam mulia ini memiliki sejumlah kelebihan mulai dari daya tarik warna hingga kebal terhadap inflasi serta bisa sebagai salah satu safe haven.

Makanya, tak heran bila emas banyak disukai oleh semua lapisan masyarakat baik emas sebagai perhiasan maupun untuk investasi. Melansir laman Treasury, berikut ini daftar negara pembeli (konsumen) emas terbesar di dunia.

Mau Potensi Cuan dari Invetasi Emas, Klik di Sini

1. China

Negara pertama yang masuk ke daftar konsumen emas terbesar dunia adalah China. Konsumsi atau pembelian logam mulia di Negeri Panda ini mencapai 612,5 metrik ton.

Tapi mengapa konsumsi emas di China sangat besar? Permintaan emas domestik di China sangat besar. Tidak hanya digunakan untuk perhiasan, emas juga dipakai sebagai bahan baku industri.

2. India

Negara kedua pembelli emas terbesar dunia adalah India dengan konsumsi 463,1 metrik ton. Emas di India, banyak digunakan sebagai perhiasan seperti yang nampak terlihat digunakan artis dalam film Bollywood.

Permintaan emas di India meningkat menjelang Festival Deepavali (Diwali) atau Dhanteras. Saat itu, masyarakat India membeli emas untuk dijadikan hadiah kepada keluarganya.

Mau Potensi Cuan dari Invetasi Emas, Klik di Sini

3. Amerika Serikat

Negara konsumen emas terbanyak dunia adalah Amerika Serikat. Konsumsi emasnya mencapai 138,2 metrik ton.

Semula, di sana logam mulia dijadikan sebagai investasi. Menariknya, setelah pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry, permintaan perhiasan emas naik 30%. Rupanya, masyarakat AS mengincar perhiasan dengan model yang dikenakan oleh Meghan.

4. Uni Emirat Arab

Negara konsumen emas terbesar dunia keempat adalah Uni Emirat Arab. Konsumsi emas di sana mencapai 46,2 metrik ton. UEA masuk ke negara konsumen emas terbanyak pemerintahnya tidak memberlakukan pajak yang tinggi untuk emas sehingga masyarakat di sana bebas menyimpan logam mulia.

Selain itu, salah satu kota UEA, Dubai, mendapatkan julukan The City of Gold. Kota ini menjual emas yang berkualitas tinggi dan harganya pun cenderung lebih murah daripada negara-negara lainnya bahkan ada ATM yang menjual perhiasan emas.

5. Iran

Negara kelima yang masuk dalam daftar konsumen terbesar emas di dunia adalah Iran. Tercatat, Iran mengantongi konsumsi logam mulia sebanyak 39,7 metrik ton.

Masyarakat Iran cenderung konsumtif terhadap emas terutama sebagai instrumen investasi yang aman. Permintaan emas domestik di sana tidak terpengaruh oleh ketegangan politik seperti antara Iran-AS.

6. Turki

Permintaan emas di Turki terbilang cukup tinggi. Bahkan, negara ini pernah mengimpor emas sebanyak 62,8 ton dalam sebulan.

Tingginya impor emas ini disebabkan oleh masyarakat Turki yang senang menyimpan emas. Makanya, Turki menjadi negara konsumen emas terbanyak dunia yang keenam dengan konsumsi sebanyak 39,7 metrik ton.

7. Arab Saudi

Arab Saudi juga termasuk ke dalam daftar negara konsumen emas terbesar dunia. Arab menduduki urutan ketujuh. Di sana, perhiasan emas sering dijadikan oleh-oleh, terutama bagi jemaah haji atau umroh.

Emas Arab dipandang punya kualitas yang bagus dan warna lebih terang. Harganya pun lebih murah daripada yang dijual di dalam negeri, meski kadar kemurnian emasnya berbeda.

Bagaimana Konsumsi Emas di Indonesia ?

Laman Treasury menyebutkan demand masyarakat Indonesia terhadap emas tidak kalah tinggi. Masyarakat di sini juga senang berburu emas, termasuk perhiasan dan emas batangan atau kerap disebut logam mulia.

Illustration


Sumber : Tim Analis Treasury

Konsumsi emas meningkat juga karena didorongnya semakin mudahnya membeli logam mulia ini. Tidak hanya di toko, masyarakat juga bisa membeli emas online seperti lewat fitur Bareksa Emas.

Jaza Yusron, Analis Treasury (PT Indonesia Logam Pratama) menyampaikan sejak tahun 2003, kenaikan pasokan emas hanya 1,62% per tahun, sebaliknya kenaikan permintaan emas mencapai 12,36% per tahun. "Atau bisa dikatakan kenaikan permintaan emas itu sekitar 7,8 kali lebih banyak daripada kenaikan supply emas per tahun," paparnya.

Lebih lanjut untuk gambaran, dalam 10 tahun terakhir, rata-rata permintaan emas per tahun mencapai 4.384 ton atau sekitar US$253 miliar.

Mempertimbangkan masih tingginya angka permintaan emas, namun pasokan terbatas, maka tak mengherankan jika logam mulia ini masih digandrungi investor untuk dikoleksi. Meski begitu, Jaza mengingatkan apapun instrumen investasi yang dipilih, sebaiknya sebelum memilih aset, kenali dulu profil risiko dan tujuan investasinya.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Tersedia satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Tertarik untuk investasi emas di Bareksa? Biar dapat cuan banyak dari investasi emas, untuk Kamu investor emas pemula, sebaiknya memastikan bahwa instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko dan untuk jangka panjang.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Promo Investasi Emas

Seiring positifnya prediksi tren harga emas, Smart Investor juga berpeluang meraih double cuan. Yakni cuan dari potensi keuntungan dari investasi emas, dan cuan dari hadiah karena berinvestasi logam mulai di Bareksa Emas.

Bareksa dan Treasury saat ini mengadakan Promo 12.12 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. Tersedia hadiah voucher emas senilai Rp50.000 untuk investor baru dan voucher emas Rp250.000, Rp100.000 dan Rp50.000 untuk investor pembeli terbesar. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini :

Hadiah 100 Voucher Emas Treasury Rp50.000

  • Khusus transaksi pertama emas minimal Rp250.000

  • Kode promo : FIRSTT12

Hadiah 10 Voucher Emas Treasury Rp250.000

  • Minimal pembelian emas Rp2,5 juta

  • Kode promo : 12TREA250

Hadiah 15 Voucher Emas Treasury Rp100.000

  • Minimal pembelian emas Rp1 juta

  • Kode promo : 12TREA100

Hadiah 30 Voucher Emas Treasury Rp50.000

  • Minimal pembelian emas Rp500.000

  • Kode promo : 12TREA50

Simak juga syarat dan ketentuan promo FundFest 12.12 Bareksa Emas Treasury berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo FundFest 12.12 Bareksa Emas Treasury

1. Periode promo 5 - 31 Desember 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo yang dipilih
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 21 Januari 2023 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ingin dapat cuan dari investasi emas yang harganya sedang mamanas sekaligus dapat hadiah promonya? Yuk cuss segera investasi emas di Bareksa Emas.

Mau Invetasi Emas Sekarang, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,36

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,74%
Up17,31%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.326,18

Up0,93%
Up4,25%
Up0,03%
Up5,89%
Up18,89%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,85

Up0,48%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,39%
Up64,87%

I-Hajj Syariah Fund

4.822,06

Up0,51%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,14%
Up21,89%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,38

Up0,49%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,93%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua