BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Hadapi Ancaman Resesi Sebaiknya Investasi Emas Perhiasan atau Logam Mulia ?

Hanum Kusuma Dewi06 Oktober 2022
Tags:
Hadapi Ancaman Resesi Sebaiknya Investasi Emas Perhiasan atau Logam Mulia ?
Ilustrasi emas batangan dan emas perhiasan yang bisa menjadi alternatif investasi. (Shutterstock)

Satu hal yang perlu diingat seorang investor jika ingin berinvestasi di emas yakni sebaiknya untuk jangka panjang

Bareksa.com - Emas telah lama digunakan sekaligus dipercaya sejumlah kalangan antara lain untuk mempercantik diri yakni dengan menjadikannya perhiasan, dan saat bersamaan digunakan sebagai instrumen investasi. Untuk investasi, sebaiknya investasi emas perhiasan atau berbentuk logam mulia yang juga disebut emas batangan?

Pada dasarnya, gold is gold. Selama itu emas sebenarnya tidak masalah. Emas bisa jadi bagian aset kamu dalam melakukan diversifikasi investasi. Apalagi, saat ini kita sedang menghadapi risiko penurunan ekonomi alias resesi global.

Baca juga Resesi Global Mengancam? Ini Peluang Investasi yang Aman

Sebagai investor, kamu tidak perlu takut dan terus berinvestasi termasuk di aset emas. Tapi, untuk investasi, bagaimana sebenarnya kelebihan dan kekurangan emas perhiasan dan logam mulia? Berikut ulasan singkatnya yang dilansir Bareksa dari berbagai sumber.

Promo Terbaru di Bareksa

Emas Perhiasan vs Logam Mulia

1. Bentuk

Emas perhiasan biasanya berupa cincin, gelang, anting, dan kalung. Emas perhiasan digunakan lebih untuk mempercantik penampilan. Keunggulan emas perhiasan itulah yang tidak dimiliki emas batangan atau logam mulia.

Di sisi lain, emas logam mulia seperti emas Antam umumnya berbentuk emas batangan maupun koin, jadi lebih cocok untuk disimpan di tempat yang aman.

2. Kadar Emas

Kadar kemurnian emas disebut dengan karat. Nah, kadar tertinggi 24 karat dimiliki oleh logam mulia dengan kadar emas 99,99% alias emas murni.

Berbeda dengan logam mulia, emas perhiasan biasanya memiliki kadar 22 karat atau kemurniannya hanya sekitar 91%. Emas perhiasan kadarnya tidak setinggi emas batangan karena emas perhiasan perlu dibentuk dan dibutuhkan campuran logam lain seperti perak dan tembaga agar bentuknya tidak mudah berubah.

Di sisi lain, emas murni 24 karat sifatnya lunak dan mudah berubah sehingga tidak cocok untuk perhiasan. Makanya, emas logam mulia dengan kadar 99,99% lebih cocok dijadikan investasi karena tingkat kemurnian yang menjadikan nilainya lebih tinggi daripada emas perhiasan.

3. Biaya Pembuatan

Emas perhiasan membutuhkan biaya untuk proses pembuatan yang besarannya bisa mencapai 10% hingga 20% dari harga emas. Hanya saja, biasanya biaya atau ongkos pembuatan emas perhiasan tidak akan dihitung pada nilai jual atau harga emas ketika dijual. Sebaliknya, tidak ada biaya pembuatan pada emas batangan.

4. Penjualan Emas Kembali Atau Buyback

Emas perhiasan dapat dijual kembali di toko emas, tempat membeli emas perhiasan maupun toko emas lainnya yang bisa menerima barang dari toko lainnya. Jadi sebaiknya nota pembelian emas perhiasan tidak hilang dan disertakan ketika akan menjual kembali.

Bukti pembelian atau sertifikat pembelian juga harus dimiliki investor yang memilih emas batangan. Emas batangan yang disertai sertifikat dapat dijual di toko emas yang terdapat di pasar maupun pusat perbelanjaan maupun penyedia penjualan emas.

Umumnya, jika untuk investasi jangka panjang, emas batangan atau emas murni, lebih banyak dipilih investor. Seperti sudah dibahas sebelumnya, emas perhiasan lebih cocok untuk dipakai tetapi nilainya kurang baik ketika dijual lagi, sementara emas batangan lebih tahan lama dan kadarnya tinggi sehingga cocok untuk investasi jangka panjang.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Dengan demikian, kamu bisa melakukan investasi emas dari dan kapan saja karena transaksi dilakukan secara online.

Bareksa Emas menyambut mitra terbaru, yaitu Treasury sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Emas Treasury menawarkan harga yang kompetitif, mudah dan aman. Treasury telah berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Smart Investor Bareksa bisa mulai berinvestasi Emas Treasury mulai dari nominal Rp50.000. Harga Emas Treasury lebih kompetitif, dengan update harga dua kali sehari. Selain itu, transaksi emas Treasury bisa mencapai hingga 10 kilogram per hari.

Agar Smart Investor makin semangat investasi emas logam mulia, Bareksa dan Treasury juga menawarkan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury berhadiah Emas Treasury senilai Rp50.000 untuk 500 orang pemenang.

Caranya mudah, investor hanya perlu membeli Emas Treasury senilai minimal Rp500.000 dengan kode promo NEWTREASURE. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury

1. Periode promo 21 September - 21 Oktober 2022
2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo NEWTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 10 November 2022 melalui akun resmi media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Yuk investasi emas di Bareksa Emas, dapatkan cuan berlipat!

(Martina Priyanti/hm)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua