BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Mantap Harga Emas Naik Rp8.000 Pasca Libur Lebaran, Ini 8 Keuntungan Investasi Logam Mulia

Hanum Kusuma Dewi26 April 2023
Tags:
Mantap Harga Emas Naik Rp8.000 Pasca Libur Lebaran, Ini 8 Keuntungan Investasi Logam Mulia
Ilustrasi emas digital

Investasi emas kini semakin mudah dengan teknologi digital seperti yang tersedia dalam fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa

Bareksa.com - Harga emas khususnya yang berupa emas batangan di dalam negeri, pada Rabu (26/4/2023) atau hari kerja pertama pasca libur Lebaran 2023, naik dibandingkan harga kemarin yang merupakan hari terakhir cuti bersama Lebaran. Sementara itu harga emas di pasar dunia yang menjadi salah satu pendorong harga emas di dalam negeri, hingga siang ini masih fluktuatif naik turun terutama karena merosotnya nilai tukar dolar Amerika.

Harga Emas Hari ini, Rabu (26/4/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.995,11 per troy ounce

Emas Treasury

Rp989.648 per gram

Emas Pegadaian

Rp987.000 per gram

Emas Antam

Rp1.062.000 per gram

*Data emas spot per pukul 10.28 WIB, Sumber : Logam Mulia, Investing, Bareksa

Melansir laman Logam Mulia, emas batangan keluaran Antam atau emas Antam pada hari ini naik Rp8.000 per gram dibandingkan harga kemarin, menjadi Rp1.062.000 per gram. Kenaikan juga terjadi pada emas yang tersedia di fitur Bareksa Emas di Bareksa. Emas Pegadaian di Bareksa Emas, pada hari ini menjadi Rp987.000 per gram. Sementara Emas Treasury di Bareksa Emas menjadi Rp989.648 per gram.

Promo Terbaru di Bareksa

Di sisi lain emas di pasar spot dunia seperti dilansir Investing per pukul 10.28 WIB, tercatat US$1.995,11 per troy ounce, setelah Rabu pagi tadi sempat menembus US$2.000 per troy ounce.

Klik untuk Beli Emas Logam Mulia

Prediksi Harga Emas

Sementara itu, Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo, seperti dilansir Bisnis, mengatakan harga emas lokal dapat terkoreksi jika terjadi penguatan dolar akibat kenaikan suku bunga pada Mei 2023. Menurutnya harga emas dapat turun ke bawah Rp1 juta.

"Jika terjadi penguatan dolar karena prospek kenaikan suku bunga bulan Mei. Mungkin emas lokal juga bisa ikut terkoreksi," ujar Sutopo kepada Bisnis, dikutip Rabu (26/4/2023).

Sementara untuk harga emas fisik khususnya di Indonesia kemungkinan tidak akan berubah. Dia menyebut hanya ada rugi pemotongan ongkos jika pada akhirnya masyarakat harus melakukan aksi buyback atau menjual kembali emas hanya untuk kepentingan lebaran.

Tapi mengapa emas disukai masyarakat? Emas sejak lama digunakan sekaligus dipercaya sejumlah kalangan antara lain untuk mempercantik diri yakni dengan menjadikannya perhiasan, dan sisi lainnya sebagai instrumen investasi.

8 Keuntungan Investasi Emas

Sementara itu melansir Kontan.co.id, setidaknya ada 8 keuntungan investasi emas seperti berikut ini:

1. Alat tukar saat krisis

Salah satu keuntungan investasi emas yakni dapat menjadi alat tukar saat krisis. Semua negara pasti pernah mengalami krisis keuangan.

Untuk terhindar dari krisis itu, sebenarnya bisa mengandalkan tabungan emas yang dimiliki untuk digunakan menjadi alat tukar saat mata uang tengah tak terkendali. Terlebih, emas biasanya tidak terpengaruh inflasi sehingga lebih terkendali.

2. Jadi dana darurat

Selain terhindar dari inflasi, keuntungan investasi emas bisa disetarakan dengan dana tunai karena lebih mudah dicairkan. Penggunaannya pun bisa dimaksimalkan untuk dana darurat ataupun kebutuhan mendesak lainnya. Tidak hanya dijual, emas juga bisa digadaikan jika membutuhkan dana mendesak.

3. Tak ada potongan bunga

Tabungan emas ada yang berbunga namun ada juga yang tak menggunakan bunga. Namun, beberapa perusahaan penyelenggara layanan tabungan emas ada yang tidak memotong bunga.

4. Lebih aman

Karena mampu terhindar dari inflasi dan suku bunga tinggi, keuntungan investasi emas bisa dibilang lebih aman dibanding instrumen investasi lainnya. Fluktuasi emas tidak seekstrem fluktuasi saham maupun mata uang kripto.

Namuan walaupun aman, ada baiknya portofolio investasi tak semuanya ditaruh di investasi emas. Sebaiknya tetap didiversifikasikan sesuai profil risiko Anda.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

5. Hasilkan keuntungan

Emas menghasilkan keuntungan. Alasannya harga emas memang cenderung naik dari zaman dulu hingga hari ini.

Menyimpan emas ini tidak menghasilkan return cash flow, tapi akan menghasilkan capital gain. Capital gain ini akan terasa kalau jika investasi dilakukan dalam jangka panjang, seperti 8-10 tahun ini bisa 7%-8%. Jadi cocok untuk milenial.

6. Mudah dicairkan

Keuntungan investasi emas ini bisa dibilang keuntungan utama berinvestasi emas. Keuntungan ini cukup menggiurkan, karena emas mudah dicairkan.

Berbeda dengan investasi lainnya yang sifatnya cenderung lebih sulit dicairkan, atau bahkan hanya dapat diklaim pada situasi-situasi tertentu saja.

Investasi emas memberikan sebuah keleluasaan bagi para investor atau pemegang investasi. Emas bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

7. Melindungi nilai kekayaan

Keuntungan investasi emasjuga bisa melindungi nilai kekayaan investor. Nilainya yang terus meningkat dari tahun ke tahun meskipun terhitung lambat.

Sebuah perlindungan investasi emas terhadap kekayaan yang dimiliki oleh seseorang dapat dicerminkan dari harganya yang selalu terbilang stabil bahkan cenderung mengalami kenaikan.

Jadi, ketika ingin menjualnya kembali, seseorang yang berinvestasi emas akan cenderung mendapatkan hasil baik yang justru lebih tinggi dari saat membelinya.

8. Dapat dibeli sesuai keinginan

Keuntungan investasi emas juga bisa dibeli sesuai keinginan. Saat ini ada cara mudah dan murah untuk bisa membeli emas.

Terkait layanan dimaksud, fitur Bareksa Emas di Bareksa misalnya menawarkan produk tabungan emas dengan minimal modal hanya Rp50 ribu.

Investasi Emas Online

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

​Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.330,84

Up0,38%
Up3,77%
Up0,04%
Up4,57%
Up18,78%
-

Capital Fixed Income Fund

1.784,99

Up0,56%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,90%
Up17,11%
Up42,50%

I-Hajj Syariah Fund

4.849,34

Up0,58%
Up3,16%
Up0,03%
Up6,14%
Up21,95%
Up40,60%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.144,14

Up0,34%
Up2,74%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,32%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.043,45

Up0,53%
Up3,65%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua