Begini Skenario Harga Emas Bisa Melesat Jadi US$2.036, Menurut RBC Capital

RBC menetapkan target harga emas dalam 2 skenario potensial hingga akhir tahun 2022
Abdul Malik • 01 Sep 2022
cover

Gedung kantor pusat RBC di Toronto, Kanada. (Shutterstock)

Bareksa,com - Harga emas mencatatkan penurunan bulanan kelima pada Agustus 2022. Namun menurut RBC Capital Market, bank multinasional asal Kanada, skenario harga tinggi emas di atas US$2.030 per ounce bisa saja terjadi pada musim gugur ini (September - Oktober). 

Harga emas sepanjang tahun ini telah mencapai level tertingginya di atas US$2.000 per ounce pada Maret, namun kemudian terus menurun dan mengakhiri Agustus dengan penurunan lebih dari 5%. Harga emas berjangka Comex untuk pengiriman Desember di level US$1.731.70 per ounce.

"Reli besar yang kami lihat di awal tahun, terutama saat Rusia menginvasi Ukraina, adalah jenis kinerja krisis yang khas untuk emas," kata Christopher Louney, ahli strategi komoditas di RBC Capital Markets dilansir Kitco News (31/8/2022).

Tapi sejak itu, kata Louney, harga emas telah jatuh dari level tertinggi tahunannya, karena jenis krisis ini negatif bagi logam mulia. "Dibutuhkan kejatuhan ekonomi dan keuangan untuk membuat emas berkinerja lebih kuat dalam jangka panjang," katanya. 

Menurut Loney, meskipun memang ada perlambatan ekonomi dunia dan menurunnya kinerja keuangan, namun justru membuat dolar Amerika Serikat (AS) lebih kuat. Padahal dalam kondisi krisis, seharusnya kondisinya tidak mesti demikian. 

Penggerak pasar keuangan dunia lebih didominasi oleh kenaikan agresif suku bunga AS dan dolar yang kuat. Hal ini yang mengakibatkan harga emas turun di bawah US$1.800 per ounce. 

"Pergerakan harian harga emas lebih ditentukan oleh ekspektasi, versus kejutan dalam menanggapi data makro atau pembicaraan Bank Sentral AS (The Fed). Misalnya soal kenaikan Fed Rate 50 basis poin atau 75 bps, dan berapa lama akan bertahan, inilah yang lebih mendorong pergerakan harga emas saat ini," kata Louney.

Meski begitu, Loney menyatakan ketegangan geopolitik yang meningkat masih dapat mendukung harga emas hingga akhir tahun. Karena itu prediksi harga di atas $2.000 masih mungkin terjadi pada musim gugur (September - Oktober) ini.

"Sentimen buat emas sedang terjadi. Di mana ada perang di benua Eropa yang sedang berlangsung. Kemudian ketegangan AS - China atas Taiwan. Selain itu, ada ketegangan geopolitik yang lebih luas dalam hal krisis energi dan kinerja ekonomi secara lebih luas," ungkap Louney. 

Dua Skenario Harga Emas

RBC menetapkan target harga emas dalam 2 skenario potensial hingga akhir tahun 2022, yakni target harga menengah dan tinggi. 

Skenario pertama, untuk target harga menengah di mana harga emas lebih banyak dipengaruhi kenaikan suku bunga dan dolar AS yang kuat, maka harga emas diprediksi bisa di level US$1.679 per ounce pada kuartal III dan US$1.663 per ounce pada kuartal IV 2022. Dengan rata-rata harga emas diprediksi US$1.773. 

"Skenario ini jika harga emas ditentukan hanya oleh penggerak makronya," Louney menjelaskan.

Kemudian skenario kedua, untuk target harga emas tinggi, di mana emas akan lebih banyak dipengaruhi risiko geopolitik dan arus bawah safe-haven. Dengan skenario harga emas diperkirakan bisa mencapai US$2.036 di kuartal III dan US$1.986 di kuartal IV dengan rata-rata harga tahunan US$1.944 di 2022.

“Perkiraan ini dengan outlook di mana risiko geopolitik mengemuka dan menjadi penggerak utama harga emas. Menurut kami, skenario inilah yang adil buat emas,” jelas Louney.

Pola perdagangan emas saat ini, ungkap Loney, telah menempatkan logam mulia di antara skenario harga menengah dan tinggi.

Promo Investasi Emas Bareksa

Bagi Smart Investor yang berinvestasi di Bareksa, ada promo investasi emas berhadiah voucher reksadana hingga Rp300.000 bertajuk Promo Gajian Emas. Catat kode promo dan minimal pembelian emas di Bareksa Emas berikut ini :

Hadiah 75 voucher reksadana Rp50.000

  • Minimal pembelian emas Rp2 juta

  • Kode promo: GEMASAGS50

Hadiah 25 voucher reksadana Rp150.000

  • Minimal pembelian emas Rp5 juta

  • Kode promo: GEMASAGS150

Hadiah 10 voucher reksadana Rp300.000

  • Minimal pembelian emas Rp10 juta

  • Kode promo: GEMASAGS300

Kalau sudah catat kode promonya, simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini. 

Syarat dan Ketentuan Promo Gajian Emas Agustus 2022

1. Periode promo 23 Agustus - 11 September 202
2. Berlaku untuk pembelian Bareksa Emas dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo yang dipilih
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 28 September 2022 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Menarik bukan? Ayo semangat investasi emas online di super app investasi Bareksa. Raih hadiah reksadana dan potensi cuan emas di Bareksa. 

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.