Antara Perhiasan, Logam Mulia, Tabungan dan Cicilan Emas, Pilih Mana?

Sebaiknya investasi emas untuk jangka panjang
Bareksa • 28 Dec 2021
cover

Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (shutterstock)

Bareksa.com - Mau investasi emas tapi masih bingung baiknya berupa emas perhiasan atau emas batangan yang kerap disebut logam mulia? Setiap investor sangat disarankan untuk berinvestasi emas untuk mengimbangi aset lainnya.

"Pada dasarnya sama, gold is gold. Mana yang baik untuk investasi? Selama mereka emas nggak masalah," kata Bimo Satrio, Assistant Manager II Pegadaian saat menjadi narasumber dalam Kelas Bareksa Insights bertajuk Investasi Emas, Untung Gak Sih?, Jumat (17/12/2021).

Pernyataan Bimo tersebut terkait beragamanya bentuk investasi emas yang ada di tengah masyarakat saat ini, antara lain emas perhiasan, logam mulia, tabungan emas, dan cicilan emas.

Bimo mengatakan satu hal lain yang perlu diingat seorang investor jika ingin berinvestasi di emas, sebaiknya untuk jangka panjang. "Jika beli emas sekarang untuk dijual dua tahun, manfaat dari emas itu belum bisa dirasakan. Emas ini peningkatan harga akan terjadi dalam lima tahun, ideal untuk disimpan jangka panjang. Kalau butuh dana bisa digadaikan," papar Bimo.

Di sisi lain melansir laman resmi Sahabat Pegadaian, ada tiga alasan mengapa emas banyak dipilih sebagai simpanan atau instrumen investasi, yaitu :

Pertama, mudah diperoleh dan mudah diuangkan. Emas bisa diperoleh di toko emas ataupun lembaga keuangan terdekat. Selain itu, lokasi penjualannya juga mudah ditemukan.

Kedua, harga emas cenderung naik.

Ketiga, emas bisa digunakan sebagai jaminan. Alih-alih menjualnya, Anda bisa memilih untuk memanfaatkan emas sebagai jaminan dalam mengajukan pinjaman. Uang bisa diperoleh, emas pun tetap ada di tangan setelah ditebus kembali.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Investasi Emas untuk Donasi 30.912 Yatim-piatu Covid-19

Beriringan dengan peluncuran BareksaEmas, Bareksa dan Pegadaian mengadakan program promosi : untuk 500 transaksi tercepat untuk pembelian pertama Tabungan Emas Pegadaiandi Bareksa dengan nilai minimum Rp500.000 berkesempatan meraih hadiah voucher emas Rp50.000.

BareksaEmas juga menjadi salah satu produk investasi utama untuk menunjang sinergi Bareksa - Grab - OVO dalam program #ThREEforGood, yang akan memberikan donasi kepada 30.912 anak yatim piatu korban Covid-19 melalui platform crowdfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya.

Untuk setiap transaksi pembelian emas Pegadaian menggunakan OVO di BareksaEmas, maka Bareksa - Grab - OVO akan menyumbangkan 0,5% dari nilai transaksi, tanpa mengurangi nilai investasi nasabah. 

Di samping itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai Rp500 juta dalam bentuk voucher GrabFood hingga Rp100.000 dan OVO Points hingga Rp100.000 untuk setiap pembelian produk BareksaEmas di aplikasi Bareksa menggunakan metode pembayaran OVO minimal Rp1 juta dan memasukkan kode promo.

Baca : Daftar Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa Kenapa Perlu Verifikasi Tambahan?

Investasi Sekarang

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.