BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Ingin Nabung Emas Secara Online Tapi Ada Fisiknya? Di Sini Tempatnya

Bareksa07 Desember 2021
Tags:
Ingin Nabung Emas Secara Online Tapi Ada Fisiknya? Di Sini Tempatnya
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia yang kian populer di masyarakat di tengah pandemi. (Shutterstock)

OJK sangat concern dengan ketersediaan emas fisik dalam investasi emas

Bareksa.com - Ingin investasi emas secara online tapi ada fisik emasnya? Tabungan Emas di Bareksa dalam fitur BareksaEmas yang bekerja sama dengan PT Pegadaian tidak haya investasi emas secara online, namun juga fisiknya loh.

Pegadaian menjamin ketersediaan fisik emas batangan atau logam mulia dari setiap transaksi tabungan emas Pegadaian termasuk melalui BareksaEmas.

"Kami berpengalaman dan resmi diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di mana OJK sangat concern dengan ketersediaan emas fisik Pegadaian. Sistem kami lock, tidak akan jual emas jika inventory tidak mencukupi," kata Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian, Teguh Wahyono dalam pengumuman kolaborasi Bareksa - Pegadaian (2/12/2021).

Promo Terbaru di Bareksa

Menurut Teguh, OJK meminta inventory (data cadangan emas secara fisik) real time yakni tidak boleh ada lead time waktu antara penjualan dan rekonsiliasinya juga tidak boleh ada lead time.

"Itu sangat meyakinkan investor bahwa emas ada, tersimpan, dan diasuransikan," ujar Teguh.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Kelebihan Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa

Teguh menjelaskan core bisnis Pegadaian bukan emas tetapi gadai. "Makanya pricing kita lebih kompetitif, soal margin kami tidak ambil margin besar," imbuhnya.

Di sisi lain Teguh menjabarkan simpanan emas di Pegadaian bersifat likuid dan bisa dicairkan kapanpun dari transaksi pembelian secara digital, kemudian bisa diambil ke outlet Pegadaian yang dipilih.

Logam mulia yang diperoleh dari tabungan emas antara lain bisa dimanfaatkan untuk wisata rohani hingga membayar setoran haji.

Teguh menjabarkan Pegadaian memberikan banyak kemudahan bagi setiap investor yang melakukan transaksi Tabungan Emas. Perseroan terus melakukan monitoring atas keamanan siber.

Tabungan Emas Pegadaian di aplikasi Bareksa dalam fitur BareksaEmas, merupakan wujud kolaborasi antara Bareksa melalui PT Bareksa Inovasi Digital dengan Pegadaian yang bergerak di bidang usaha gadai serta tabungan emas.

Kolaborasi Bareksa - Pegadaian bertujuan untuk memperkuat layanan investasi onlineBareksa dengan menghadirkan fitur BareksaEmas sehingga nasabah Bareksa dapat memiliki berbagai pilihan produk investasi secara terintegrasi, selain reksadana dan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

Tabungan Emas Pegadaian merupakan layanan beli dan titip emas yang memudahkan investasi emas fisik secara aman, mudah, murah, dan terpercaya.

Proses KYC BareksaEmas

BareksaEmas menawarkan berbagai fitur unggulan. Proses registrasi dan validasi KYC (Know Your Customer) sepenuhnya dilakukan secara online. Selain itu, Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa menawarkan nominal transaksi yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp50.000 saja baik untuk pembelian atau penjualan (buyback). Investor juga dapat membeli (top up) ataupun menjual emas di BareksaEmas hingga 100 gram per hari.

Pembayaran di BareksaEmas bisa dilakukan melalui transfer bank, internet banking, ATM, virtual account, hingga uang elektronik. Salah satu moda pembayaran yang sangat simple dan seamless adalah OVO, karena bisa terverifikasi otomatis secara real time dan tanpa ada biaya administrasi.

Bagi nasabah baru yang hendak membuka Tabungan Emas di aplikasi Bareksa caranya sangat mudah. Cukup buka aplikasi Bareksa, pilih mitra pengelola emas “PT Pegadaian”, lalu tentukan jumlah emas yang akan dibeli dalam bentuk satuan gram atau rupiah.

Pengguna aplikasi wajib melengkapi data secara benar. Pada tahap akhir nasabah diminta untuk melakukan proses pembayaran. Jika proses pembayaran sukses, maka secara otomatis emas yang dibeli akan tercatat di fitur Tabungan Emas pada akun pengguna Bareksa.

Investasi Emas untuk Donasi 30.912 Yatim-piatu Covid-19

Beriringan dengan peluncuran BareksaEmas, Bareksa dan Pegadaian mengadakan program promosi : untuk 500 transaksi tercepat untuk pembelian pertama Tabungan Emas Pegadaiandi Bareksa dengan nilai minimum Rp500.000 berkesempatan meraih hadiah voucher emas Rp50.000.

BareksaEmas juga menjadi salah satu produk investasi utama untuk menunjang sinergi Bareksa - Grab - OVO dalam program #ThREEforGood, yang akan memberikan donasi kepada 30.912 anak yatim piatu korban Covid-19 melalui platform crowdfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya.

Untuk setiap transaksi pembelian emas Pegadaian menggunakan OVO di BareksaEmas, maka Bareksa - Grab - OVO akan menyumbangkan 0,5% dari nilai transaksi, tanpa mengurangi nilai investasi nasabah.

Nasabah juga berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai Rp500 juta dalam bentuk voucher GrabFood hingga Rp100.000 dan OVO Points hingga Rp100.000 untuk setiap pembelian produk BareksaEmas di aplikasi Bareksa menggunakan metode pembayaran OVO minimal Rp1 juta dan memasukkan kode promo.

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan mitra emas berizin

Investasi Sekarang

​(Martina Priyanti/AM)


Baca : Promo Beli Tabungan Emas Pegadaian di Bareksa, Bisa Raih Hadiah Rp50 Ribu

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua