Tak Hanya untuk Investasi Logam Mulia, Ini Daftar 8 Manfaat Emas

Hingga kini emas bisa digunakan sebagai salah satu bentuk cadangan devisa suatu negara karena nilainya tinggi
Abdul Malik • 23 Aug 2021
cover

Ilustrasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Bareksa.com - Seiring waktu berjalan, emas telah terbukti menjadi satu-satunya jenis dari beragam logam mulia yang bernilai tinggi dan paling diterima masyarakat.

Emas telah lama bermanfaat sebagai perhiasan bahkan sempat menjadi alat pembayaran. Namun demikian, sejatinya emas tidak hanya berfungsi sebagai investasi entah berupa emas perhiasan maupun batangan logam mulia.

Melansir Detik.com, berikut 8 manfaat emas dalam berbagai sendi kehidupan :

1. Manfaat Emas dalam Bidang Ekonomi

Emas sangat bermanfaat dalam bidang ekonomi karena menjadi salah satu komoditi yang bernilai jual tinggi. Karena nilainya tersebut, emas sempat digunakan sebagai pengganti uang untuk bertransaksi sejak zaman dulu kala.

Di sisi lain hingga kini, emas bisa digunakan sebagai salah satu bentuk cadangan devisa suatu negara karena nilainya tinggi. Alasannya tak lain karena emas bersifat convertible, atau semua negara dapat menerima emas sebagai alat pembayaraninternasional yang sah.

2. Manfaat Emas dalam Bidang Agama

Ada penilaian emas dianggap suci dan melambangkan keagungan. Tak ayal emas juga digunakan misalnya di Vihara Wat Pho, Bangkok, ada patung Buddha dari emas yang diberi nama Reclining Buddha. Contoh lainnya, emas digunakan sebagai lapisan pada kubah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei dam Gereja La Compania di Roma.

3. Manfaat Emas dalam Bidang Sosial

Sementara pada bidang sosial yang berkaitan dengan masyarakat, emas identik dengan lambang kekayaan. Makanya tak perlu heran kalau ada sejumlah orang yang nampak suka menggunakan banyak emas sebagai perhiasan maupun koleksi termasuk emas batangan.

4. Manfaat Emas dalam Bidang Industri

Manfaat emas selanjutnya dalam bidang industri. Sifat yang lunak, mudah ditempa, mewah, dan berkilau membuat industri melirik emas untuk dibuat perhiasan serta sejumlah produk lainnya seperti pajangan dan souvenir.

Tak hanya industri yang umum, ada juga yang unik-unik. Seperti emas ke dalam bahan pembuatan kaca khusus hingga pelindung helm astronot, karena berfungsi sebagai pemantul radiasi sinar matahari.Selain itu, emas juga dijadikan sebagai pelapis bahan bangunan. NASA juga menggunakan emas untuk berbagai elemen di pesawat luar angkasa, seperti bahan sirkuit dan pelumas untuk kendaraan luar angkasa karena bersifat konduktor yang baik dan antikarat.

5. Manfaat Emas dalam Bidang Kesehatan

Apakah investor sudah mengetahui kalau emas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Iya ternyata emas juga dimanfaatkan sebagai salah satu campuran obat. Di antaranya seperti dapat menjaga kesehatan jantung karena bisa memperlancar oksigen dalam darah sehingga menjadi lebih lancar.Lalu, emas juga memiliki manfaat dalam melancarkan aliran kelenjar getah bening, terutama di area wajah.

Dengan teratur menjalani perawatan kulit dengan emas, kulit wajah akan terhindar dari pembengkakan, iritasi, kemerahan, dan dapat menghilangkan lingkaran hitam.Selain itu, pada dunia kedokteran gigi, emas juga ada digunakan untuk melapisi gigi palsu sebagai ganti gigi berlubang atau yang sudah tanggal.

6. Manfaat Emas dalam Bidang Kecantikan

Manfaat emas sangat banyak untuk kecantikan tubuh dan wajah, antara lain mengurangi kerutan, garis halus, dan noda hitam terutama pada muka, yang dapat membuat seseorang lebih muda. Selain itu, bisa untuk mencegah penuaan dini dan juga dapat mencerahkan kulit.

Emas juga disebut-sebut dapat menghambat penurunan kolagen, mengobati kerusakan kulit akibat matahari, mengobati alergi, mengatasi inflamasi, serta meningkatkan elastisitas kulit.

7. Manfaat Emas dalam Bidang Elektronik

Emas merupakan penghantar yang sangat baik, sehingga sangat dibutuhkan dalam komponen elektronik. Hanya saja, karena harganya agak mahal sehingga lebih banyak digantikan oleh tembaga atau logam lainnya yang mempunya sifat yang sama.

Barang-barang elektronik yang biasa menggunakan emas dalam komponennya seperti televisi, monitor, prosesor komputer, USB connector, radio, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga kartu SIM yang memakai kandungan emas, meski tidak banyak. Sifat lain emas yaitu korosif juga membuat emas sering dijadikan lapisan dari alat-alat elektronik seperti tv, radio, atau komputer.

8. Manfaat Emas untuk Penghargaan

Pada sisi lainnya, emas digunakan untuk medali dan trofi pada ajang kompetisi olah raga maupun akademik. Medali emas diberikan untuk pemenang juara 1.

Ayo dari pelbagai manfaat emas di atas, mana yang baru Anda ketahui?

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.