Penawaran ST006 Sisa 3 Hari Lagi, Kuota Nasional Tinggal Rp19,5 Miliar

ST006 adalah seri terakhir tahun ini untuk SBN ritel yang halal dan dijamin negara
Bareksa • 18 Nov 2019
cover

Ceremony Peluncuran Green Sukuk Ritel ST006 di Jakarta, Jumat (1/11/2019). (Issa A/Bareksa)

Bareksa.com - Masa penawaran Sukuk Tabungan seri ST006 akan ditutup 21 November 2019. Kuota penerbitan nasional yang ditetapkan pemerintah hanya tersisa Rp19,5 miliar per 18 November 2019 pukul 14:30 WIB.

Menurut data dari mitra distribusi, sejak dibuka penawarannya pada 1 November 2019, penjualan ST006 sudah mencapai Rp981,5 miliar. ST006 adalah jenis surat berharga negara (SBN) yang dijual kepada investor individu ritel dan merupakan seri terakhir tahun ini.

ST006 adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dikelola dengan prinsip syariah sehingga halal dan bebas riba. Sukuk adalah bukti kepemilikan sebagian aset negara yang disewakan kepada pemerintah dan bukan surat utang.

Bila kita membeli sukuk, artinya kita membeli aset negara. Aset ini kemudian akan kita sewakan kembali kepada pemerintah hingga saat jatuh tempo, atau masa berlakunya habis. Pada saat jatuh tempo, pemerintah akan mengembalikan uang pokok kita secara utuh dan aset negara pun kita kembalikan.

Sukuk Tabungan (ST), sesuai dengan namanya, memiliki sifat yang mirip dengan tabungan atau deposito bank tetapi memiliki sejumlah keunggulan. Sukuk Tabungan memiliki jangka waktu atau masa berlaku dua tahun dan akan jatuh tempo pada 10 November 2021.

Yang istimewa dari ST006 adalah ini pertama kalinya di dunia sukuk yang mengusung tema lingkungan (green sukuk) ditawarkan untuk investor individu (ritel). Green sukuk adalah surat berharga syariah negara yang hasil penerbitannya digunakan untuk membiayai proyek-proyek lingkungan (green projects).

Investasi ini sangat cocok bagi investor pemula ataupun investor ritel, karena modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit) dan maksimal Rp3 miliar (3000 unit). Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan, sudah menetapkan imbal hasilnya sebesar minimal 6,75 persen per tahun.

9 Keuntungan Berinvestasi Sukuk Tabungan di Bareksa

Selain cocok bagi investor pemula, instrumen investasi ST006 ini juga memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

1. Pokok dan Imbalan dijamin oleh negara

2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN

3. Imbalan floating with floor atau mengambang mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal

4. Imbalan dibayar tiap bulan

5. Early redemption tanpa dikenakan redemption cost oleh pemerintah

6. Kemudahan akses transaksi Sistem Elektronik (online)

7. Berpartisipasi langsung membangun negeri, terutama dalam proyek bertemakan lingkungan (green projects)

8. Produk sesuai prinsip syariah, dan sesuai fatwa halal dari MUI

9. Khusus investor yang membeli ST006 di Bareksa berkesempatan mendapat hadiah Rp200.000 dan Rp500.000, ini caranya.

* * *

Ingin berinvestasi halal yang dijamin negara?

Sukuk Tabungan seri ST006 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 1-21 November 2019. Kamu bisa mendaftar untuk memesan ST006 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST006.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST006? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.