BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Jangan Kelewatan, Ini Jadwal Penerbitan SBR006

Bareksa26 Maret 2019
Tags:
Jangan Kelewatan, Ini Jadwal Penerbitan SBR006
Ilustrasi investor pria pebisnis karyawan pengusaha kantoran menggunakan jubah superhero berlari sangat kencang untuk bersiap membantu negara dengan investasi surat utang obligasi sukuk pemerintah.

Instrumen investasi yang dijamin negara ini bisa dibeli online di Bareksa pada 1-16 April 2019

Bareksa.com - Pemerintah membutuhkan sumber dana untuk membiayai anggaran untuk pembangunan negara ini demi kesejahteraan rakyat. Penerbitan surat utang, atau surat berharga syariah, bisa menjadi salah satu sumber dana selain dari pajak. Masyarakat juga bisa ikut membantu pemerintah dengan cara membeli surat utang negara atau menjadi investornya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menerbitkan instrumen surat utang negara (SUN) khusus investor ritel atau saving bond ritel (SBR) seri terbaru, yakni SBR006. SBR yang memiliki tenor atau jatuh tempo dua tahun ini khusus ditawarkan untuk individu atau perseorangan, sehingga dinamakan ritel. Bagi masyarakat investor, SBR adalah suatu produk keuangan yang menawarkan keuntungan, dengan adanya pembayaran bunga atau kupon.

Sifat SBR, sesuai dengan namanya, memang mirip dengan tabungan (saving) atau deposito bank karena tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Artinya, SBR hanya bisa dibeli pada masa penawaran dan disimpan hingga waktu jatuh tempo, kecuali investor memilih fasilitas early redemption (pencairan awal). Masa pencairan awal ini adalah pilihan dan biasanya bisa diambil setelah setahun berinvestasi.

Promo Terbaru di Bareksa

Berikut Jadwal Penerbitan SBR006 yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

Illustration

Sebelum memutuskan ingin berinvestasi di SBR006, ada baiknya kita mengenal istilah-istilah terkait SBR.

SBR menawarkan keuntungan bagi investornya berupa kupon yang dibayar per bulan. Tidak hanya itu, investor SBR juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lain. Berikut 7 keuntungan menjadi investor SBR.

1. Pokok dan kupon dijamin pemerintah

Undang-Undang UU No. 19 Tahun 2008 dan UU tentang APBN menjamin pembayaran pokok dan kupon SBR, sebagai salah satu bentuk surat berharga negara. Oleh sebab itu, investor tidak perlu khawatir uangnya hilang atau nilai investasinya berkurang.

2. Tingkat kupon kompetitif

Kupon, atau bunga dari SUN ini biasanya lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Dengan jangka waktu simpanan 2 tahun, tentunya investor bisa merasakan keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung di bank.

3. Kupon mengambang (floating with floor)

Penghitungan kupon mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate, dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo. Artinya, ada kemungkinan kupon bisa naik bila acuan naik tetapi tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal.

4. Kupon dibayar tiap bulan

Pembayaran kupon akan langsung ditransfer ke rekening investor setiap bulan.

5. Early redemption (pencairan awal)

Meski SBR tidak bisa diperdagangkan, instrumen ini bisa dicairkan lebih awal tanpa dikenakan biaya atau redemption cost oleh pemerintah. Namun, jumlah yang bisa dicairkan awal maksimal hanya separuh investasi awal dengan sisa saldo Rp1 juta.

6. Kemudahan akses

Transaksi pembelian SBR006 dan pengajuan pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) dilakukan melalui sistem elektronik (online).

7. Mendukung pembangunan negara

Dengan membeli SBR006, investor berkesempatan mendukung pembiayaan pembangunan nasional karena uang yang dikumpulkan akan digunakan untuk membangun proyek infrastruktur negara.

* * *

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran SBR006, yakni 1-16 April 2019.

Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan SBR006 di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBR006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBR006.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBR006? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua